Belakangan ini, kita melihat halaman jejaring sosial dipenuhi dengan konten kampanye, baik berupa kampanye putih maupun kampanye hitam. Akan tetapi, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, jumlah postingan mengenai kampanye hitam tampaknya jauh lebih ramai daripada kampanye putih, bahkan membuat berita-berita yang lain ikut tenggelam.

Dengan munculnya konten-konten mengenai aib dan fitnah terhadap capres masing-masing, beberapa pihak kemudian mencoba membuat kampanye yang lebih menyenangkan dan kreatif. Seperti Agate Studio contohnya, pengembang game yang bermarkas di Bandung ini membuat game yang bernama Jokowi Go. Sebagaimana hasil wawancara di NET.tv beberapa waktu lalu, tim pengembang Jokowi Go yang bernama Generasi Optimis bermaksud untuk membuat kampanye yang sehat dan menyenangkan. Mereka menyayangkan sikap pendukung dari kedua capres yang fanatik dan banyak menyebarkan kampanye hitam sehingga membuat citra Indonesia memburuk.

Game Jokowi Go terinspirasi dari kegiatan yang biasa dilakukan oleh capres Jokowi, yakni blusukan. Karakter yang kita jalankan akan melakukan kegiatan-kegiatan positif di sela-sela petualangannya tersebut, seperti menolong korban banjir, menyelesaikan masalah kemacetan, hingga menyebarkan semangat positif pada orang-orang yang ditemui.

“Pada game ini, kita berperan sebagai pemuda yang optimis dan terinspirasi dari kegiatan blusukan Jokowi. Pemuda ini kemudian menyebarkan kebaikan kepada masyarakat yang ditemui,” papar Wiradeva Arif selaku tim pengembang Jokowi Go.

Tidak hanya Jokowi, dari kubu pendukung Prabowo pun ikut mengampanyekan capresnya dengan cara yang serupa. Seorang relawan dikabarkan membuat sebuah game yang berjudul Mas Garuda. Game ini disajikan secara sederhana, namun memberikan pendidikan yang baik bagi para pemainnya. Mas Garuda didesain serupa dengan game fenomenal Flappy Bird, akan tetapi, setiap rintangan yang dilewati oleh pemain mengandung kalimat-kalimat kebajikan, seperti “tumpas korupsi”, “sikat nepotisme”, “sikat kemalasan”, hingga “sikat terorisme”.

Selain Mas Garuda, ada pula game berjudul Asian Tiger yang bertema militer. Game ini bertujuan untuk menampilkan ketegasan calon presiden bernomor urut satu demi mengembalikan image Indonesia sebagai Macan Asia.

Kemunculan relawan-relawan kreatif ini membuktikkan bahwa kita dapat melakukan kampanye secara sportif, sehat, dan kreatif. Tanpa harus memojokkan satu sama lain, tanpa harus ada baku hantam, kita dapat menyelenggarakan pilpres secara baik.

Ditulis oleh : https://www.facebook.com/bima.whynot.noviandini