Currently set to No Index
Currently set to No Follow

Kiat-kiat Menghemat Pengeluaran Rumah Tangga

Pengeluaran rumah tangga memang tidak bisa begitu saja dikesampingkan. Apalagi, semakin lama berbagai kebutuhan rumah tangga semakin meningkat sehingga hampir setiap orang membutuhkan cara yang tepat untuk bisa mengatur keuangan di dalam kehidupan rumah tangga.

Berikut ini adalah beberapa langkah yang pas untuk menghemat pengeluaran agar jangan sampai “besar pasak daripada tiang” :

  • Tuliskan kebutuhan apa saja yang harus dipenuhi dalam waktu satu bulan. Setelah itu, sisihkan uang yang sudah diperoleh untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan anggaran yang dilebihkan sebesar 100 ribu sampai 200 ribu.
  • Pisahkan kebutuhan yang dianggap tidak terlalu penting agar bisa ter-manage dengan baik. Jika ada uang lebih, barulah kamu bisa membeli kebutuhan sekunder atau tersier tersebut.
  • Jika uang yang tersisa sangat sedikit, sebaiknya simpan saja dalam bentuk tabungan agar kebutuhan sekunder dan tersier tidak dipaksakan untuk dipenuhi.
  • Belilah barang yang lebih murah dengan kualitas yang sama. Misalnya saja, jika biasanya kamu membeli deterjen berbeda untuk baju berwarna dan baju yang putih, maka gunakan saja satu jenis deterjen yang bisa digunakan untuk mencuci berbagai jenis pakaian.
  • Hindari menggunakan uang untuk bersenang-senang atau membeli hal yang tidak penting. Jika kamu sangat suka belanja, maka untuk saat ini, hentikan kebiasaan berjalan-jalan di mall atau di pusat perbelanjaan agar tidak tergiur untuk mengeluarkan uang demi hal-hal yang tidak penting.
  • Belilah berbagai jenis peralatan yang bisa dipergunakan secara efektif dan efisien. Misalnya saja, membeli mesin cuci tanpa pengering yang harganya lebih murah atau justru membeli mesin cuci yang harganya lebih mahal namun punya fungsi yang sangat efektif untuk membantu mengurangi beban pekerjaan rumah tangga.
  • Jangan lupa untuk mematikan listrik jika tidak dipakai agar pengeluaran untuk membayar listrik tidak membengkak tanpa alasan atau pemakaian yang memang tepat.
  • Jika memungkinkan, biasakan untuk tidak memperbaiki barang-barang dengan memanggil tukang servis. Perbaiki saja barang-barang yang sudah rusak dengan sendiri agar pengeluaran untuk perbaikan keperluan rumah tangga bisa diminimalisasi.

Ditulis oleh: https://www.facebook.com/superdee.ceritanya

Leave a Reply