Kiat-kiat Sehat Selama Bulan Puasa

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah karena puasa yang dijalankan oleh umat Islam di seluruh dunia. Akan tetapi, untuk menjaga kesehatan selama bulan puasa, kita tentu perlu melakukan berbagai hal agar bisa tetap beraktivitas dengan penuh energi seperti biasanya. Berikut ini adalah kiat-kiat sehat selama bulan puasa yang bisa kamu lakukan :

Tidak Makan Junk Food

Junk food atau makanan cepat saji biasanya dijadikan menu untuk sahur maupun berbuka puasa. Padahal, makanan ini tidak memiliki kandungan gizi yang baik untuk bisa menutrisi tubuh selama menjalankan ibadah puasa. Untuk itu, pilihlah menu 4 sehat 5 sempurna agar puasa bisa berjalan lancar, aktivitas pun tetap tidak terganggu.

Hindari Makanan Putih

Beberapa jenis makanan putih yang dimaksud adalah nasi, roti, dan gula. Ketiga jenis makanan tersebut diproses dengan menggunakan bahan-bahan yang tidak terlalu menyehatkan sehingga nutrisi yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa tidak akan diterima dengan baik. Untuk itu, gantilah makanan-makanan ini dengan madu, roti gandum, atau nasi merah.

Hindari Makanan yang Bikin Dehidrasi

Saat berpuasa, tubuh akan lebih mudah mengalami dehidrasi. Oleh karena itu, hindari makanan atau minuman yang bisa membuat dehidrasi pada saat saur maupun berbuka. Makanan atau minuman seperti ini antara lain adalah kopi dan soda.

Tidak Makan Gorengan

Gorengan merupakan makanan khas yang biasanya dikonsumsi pada saat berbuka puasa. Padahal, mengonsumsi gorengan atau makanan lain yang terlalu banyak mengandung minyak tidak terlalu baik karena sulit dicerna. Apalagi saat puasa, tubuh memerlukan makanan yang lebih lembut dari biasanya.

Membatasi Karbohidrat

Karbohidrat memang dibutuhkan oleh tubuh. Tapi, kamu perlu membatasi asupan karbohidrat dan lebih memperbanyak protein dan serat agar tidak membuat badan menjadi lemas setelah sahur. Makanlah buah-buahan dan sayuran yang cukup agar tubuh tetap segar selama menjalankan aktivitas puasa.

Demikianlah kiat-kiat sehat saat puasa yang bisa kamu lakukan agar bisa menjalankan ibadah dan berbagai aktivitas secara optimal. Selamat menyambut bulan suci Ramadhan!

Ditulis oleh: https://www.facebook.com/superdee.ceritanya

Leave a Comment