Prototype Day BDG Ajang Pembangunan Konten Lokal

Pada acara Protoype Day BDG yang diadakan pada 27 Juni 2014 lalu, New Media Manager dari XL Axiata, Imam Sudrajat, mengajak para pengembang aplikasi digital Bandung untuk bekerjasama mempopulerkan konten lokal Indonesia.

Kedatangan beliau pada acara bulanan tersebut merupakan perwakilan dari Gudang Aplikasi, yakni sebuah app store yang bertujuan untuk mempopulerkan aplikasi digital asli buatan Indonesia, baik berupa games maupun aplikasi penunjang kehidupan sehari-hari lainnya.

Acara Prototype Day BDG ini dihadiri sekitar 60 orang dan terdapat 9 developer yang memamerkan prototipe aplikasi dari berbagai platform. Sebagaimana yang dilansir oleh Segitiga.net, acara dimulai pada pukul 14:00 diawali dengan sesi creative sharing oleh Ivan Chen, CEO Anantarupa.

Pada sesi tersebut, Ivan Chen mengungkapkan bahwa sumber daya budaya Indonesia yang begitu melimpah dapat menjadi sumber kekuatan pengembangan karya-karya kreatif digital.

Akan tetapi, Ivan sendiri mengatakan bahwa pengembangan konten lokal tidak dapat dilakukan sendiri. Oleh karenanya, Imam Sudrajat selaku perwakilan dari Gudang Aplikasi menyatakan dukungannya terhadap pengembangan konten lokal. Ke depannya, Gudang Aplikasi diharapkan akan menjadi sarana bagi para developer lokal untuk menjual produknya kepada masyarakat.

Sesi terakhir dari acara Prototype BDG diisi oleh para eksibitor yang antusias memamerkan karya-karya digitalnya, meskipun masih dalam bentuk prototipe. Tidak hanya para pengembang aplikasi digital, para pengembang game pun turut berpartisipasi pada eksibisi ini.

Di sesi ini, para audiens mendapatkan kesempatan berharga untuk melihat karya pada pengembang lokal dan tentu saja dapat mengajukan kerjasama apabila memiliki ketertarikan pada aplikasi yang dikembangkan.

Prototype Day merupakan sebuah acara bulanan yang diselenggarakan oleh Segitiga.net. Acara ini bertujuan untuk memamerkan prototipe game dan aplikasi digital lainnya, sebagai wadah untuk bertukar pikiran, serta saling bertukar informasi antara sesama developer.

Prototype Day terbuka untuk umum, sehingga siapapun dapat berpartisipasi pada acara kreatif ini, mulai dari kalangan pelajar, developer, praktisi, hingga pakar industri. Dengan adanya Prototype Day ini, diharapkan masyarakat Indonesia semakin tertarik dengan produk dari negerinya sendiri, khususnya dalam segmen digital.

Ditulis oleh : https://www.facebook.com/bima.whynot.noviandini

Leave a Reply