Bagi yang memiliki hobi memasuk atau membuat makanan, keberadaan resep dipandang sebagai hal yang sangat penting dan sering disimpan dalam bentuk catatan atau buku. Jika catatan atau buku tersebut kotor apalagi hilang, tentu akan menimbulkan masalah yang cukup besar, apalagi jika belum hapal resep-resep tersebut.

Namun saat ini ditemukan metode yang cukup unik untuk menyimpan catatan resep tersebut, yaitu berupa gambar tato yang dibuat di tubuh terutama bagian lengan atau tangan. Gagasan unik ini dinamakan I Tradizionali.

Resep berupa tato ini bisa menjadikan tukang masak atau yang memiliki hobi membuat makanan bisa mempraktekkan resep-resep yang didapatnya dengan mudah. Apalagi desainnya terdiri dari berbagai macam bentuk dan dilengkapi dengan gambar, sehingga makin gampang dipahami.

Kelebihan lainnya, I Tradizionali bukan merupakan tato yang sifatnya permanen, namun hanya temporer saja. Jadi ketika sudah hapal dengan resep makanan tersebut, bisa dihapus dengan cara yang sangat mudah pula. Sedangkan bahasanya bisa dipilih, yaitu bahasa Inggris atau Italia.

Sementara resepnya sendiri terdiri dari beberapa macam masakan yang dapat diolah dengan cara sederhana misalnya salad sebagai makanan pembuka. Sedang untuk makanan utamanya adalah spagetti.

Sebagaimana yang dilansir OddityCentral, pencipta gagasan unik ini adalah dua orang seniwati asal Italia bernama Marina Cincirpini serta temannya Sarah Richiuso. Sebelumnya I tradizionali dibuat dalam rangka mengikuti ajang Premio Lissone Design yang digelar pada tahun 2013 dan berhasil keluar sebagai pemenang nomor dua pada kategori ritual.

Kedua seniwati ini mengaku mendapatkan inspriasi tersebut dari tradisi pembuatan tato. Mereka mengawalinya pembuatan tato resep masakan tersebut saat menyaksikan orang-orang yang suka membuat tato dan orang lain yang sering membaca buku resep masakan.

Mereka juga menyatakan ingin menjadikan tubuh sebagai bagian terpenting dalam pembuatan suatu masakan, karena resepnya sendiri terletak di tubuh orang yang memasaknya.

Sedangkan untuk penggunaannya sendiri, sangat praktis dilakukan. Setelah menentukan resep yang dimaksud, gambar tato yang masih berbentuk stiker bisa dibuka pelindungnya kemudian diletakan di tangan dan dilap dengan kain atau kertas basah. Tato ini dapat bertahan hingga tiga atau empat hari di kulit atau cukup dibersihkan dengan air sabun.

Ditulis oleh: https://www.facebook.com/jokoutomo2300