Apakah kamu ingin memelihara gitar akustik elektrikmu agar tetap memiliki kualitas yang baik? Gitar Akustik elektrik bisa awet dan tahan lama jika kita melakukan perawatan yang baik karena hampir semua peralatan musik membutuhkan perawatan khusus agar  dapat bertahan dengan waktu cukup lama tanpa mengurangi kualitas suaranya.

Bila tidak dirawat dengan benar, tidak menutup kemungkinan kualitas suara dan ketahanan gitar tersebut akan menurun. Jadi, sebaiknya mulai dari sekarang lakukan pearwatan yang benar pada alat musik ini. Untuk membuat sebuah gitar akustik elektrik tetap awet, lakukanlah langkah-langkah berikut ini :

  1. Membersihkan body gitar, baik setah digunakan maupun tidak digunakan, dengan menggunakan kain yang lembut untuk menghindari goresan pada body. Pembersihan ini dilakukan untuk menghindarkan gitar dari partikel debu yang menempel dan mengurangi kualitas suara gitar.
  2. Membersihkan senar dan stang gitar bila telah digunakan. Biasanya keringat akan menempel pada senar gitar pada saat dimainkan. Oleh karena itu, bersihkan dengan lap yang telah diberi kayu putih untuk menghindari karat pada senar gitar dan jamur pada fret gitar.
  3. Mengendorkan senar gitar bila tidak digunakan. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga agar stang gitar tetap dalam keadaan lurus. Karena bila senar terus terpasang dengan ketegangan tinggi akan membuat stang menjadi mudah bengkok.
  4. Mencabut baterai bila sedang tidak digunakan. Selain menghemat baterai, hal ini juga dilakukan untuk menjaga agar elemen elektrik pada gitar tidak mudah rusak.
  5. Menganti senar gitar maksimal 4 bulan sekali.
  6. Masukan gitar ke dalam sarung kedap udara untuk menghindari karat dan jamur, atau senderkan pada alat penyimpan gitar.

Lakukan perawatan tersebut secara berkala agar gitar kesayanganmu tetap dalam keadaan baik dan tahan lama.

Selain menjaga agar kualitas suara gitar tidak memudar, perawatan ini juga perlu dilakukan agar jika suatu hari ingin menjual gitar tersebut, kamu masih bisa menjualnya dengan harga yang cukup tinggi karena kualitasnya yang masih bagus.

Ditulis oleh: https://www.facebook.com/superdee.ceritanya