Tips Sehat Selama Bulan Ramadhan

Menjelang Bulan Ramadhan, setiap orang mempersiapkan seluruh kebutuhan dengan cara masing-masing. Ada yang menyiapkan baju lebaran, ada juga yang menyiapkan rumah baru untuk lebaran. Tapi, tidak banyak orang yang mempersiapkan stamina yang baik selama bulan suci ini. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan selama Ramadhan agar tetap sehat dan bugar :

• Hindari Makanan Berminyak

Makanan-makanan berminyak atau yang diproses dengan cara digoreng sebaiknya dihindari. Atau minimalnya dikurangi karena makanan berminyak bisa menyebabkan asam lambung meningkat sehingga perut terasa mual setelah mengonsumsi makanan-makanan tersebut. Selain itu, kamu juga perlu berbuka dengan sesuatu yang manis-manis agar perut mudah mencernanya.

• Tidak Makan Es

Makanan ataupun minuman yang menggunakan es tidaklah baik bila dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong karena hal itu akan menyebabkan kondisi lambung seperti terkejut. Akibatnya, perut akan terasa sakit atau melilit dan berbuka pun menjadi tidak nikmat lagi.

• Jangan Minum Kopi

Mengonsumsi kopi saat berbuka puasa tidak baik bagi lambung karena kandungan kafeinnya akan membuat jantung berdegup kencang dan sistem pencernaan pun ikut terganggu. Usahakan untuk menunda minum kopi selama 2 jam setelah berbuka dan makan makanan berat agar tidak terjadi infeksi pada lambung.

• Jangan Keseringan Minum Susu

Susu mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan. Tapi keseringan minum susu saat berpuasa bisa membuat perut menjadi seperti terkuras, apalagi jika kamu termasuk orang yang alergi terhadap kandungan laktosa di dalam susu.

• Kurangi Makanan Pedas

Makanan pedas mungkin memang sangat mudah dan nikmat untuk disajikan dan dikonsumsi setelah berbuka. Namun, kebanyakan makan pedas apada saat sahur maupun berbuka juga bukanlah suatu hal yang baik karena hal itu akan membuat sistem pencernaan tubuh menjadi lebih mudah sakit.

• Olahraga Ringan

Untuk menjaga stamina tubuh, kamu sebaiknya melakukan olahraga ringan agar otot tubuh tidak kaku. Tapi, olahraga yang harus dilakukan tentu bukan olahraga berat, melainkan olahraga ringan seperti jalan kaki yang dilakukan untuk memperkuat badan selama puasa.

Ditulis oleh : https://www.facebook.com/superdee.ceritanya

Leave a Comment