Bukan merupakan hal yang aneh jika ada orang dewasa kencanduan terhadap bir atau minuman beralkohol lainnya. Namun di China, ada seorang anak yang masih berusia dua tahun mengalami hal yang sama. Bahkan ada yang menyebutkan dia adalah pencandu alkohol termuda di dunia.

Sebagaimana rilis yang dikeluarkan Daily Mail, balita bernama Cheng-Cheng ini selalu memilih bir dibanding jus buah atau susu. Menurut ibunya, Cheng Cheng sudah akrab dengan minuman alkohol ketika berusia sepuluh bulan yang diberikan oleh ayahnya.

Setelah itu dia mampu menghabiskan sebanyak satu botol saat usianya menginjak satu tahun dan tidak pernah mengalami mabuk. Pada saat itu keluarga Cheng Cheng hanya menganggap sebagai hal yang lumrah saja.

Jika ada orang di rumah yang mengeluarkan minuman beralkohol, mata Cheng langsung tertuju pada botol minuman tersebut dan menangis agar segera diberi. Meski sudah dibujuk dengan jenis minuman lainnya seperti jus dari buah atau susu, tapi Cheng tetap memilik bir yang dilihatnya.

Bahkan saat diberi ayahnya satu botol bir, anak yang belum mampu bicara dengan jelas ini bisa menghabiskannya hanya dalam hitungan beberapa menit saja dan tidak pernah sekalipun mabuk karena pengaruh alkohol yang dikonsumsinya.

Saat ini keluarga Cheng mulai merasa pusing menghadapi perilaku anaknya itu. Apalagi jika hal ini diketahui oleh media dan dipublikasikan ke masyarakat maka Cheng harus dipisahkan dari keluarganya dan dirawat oleh lembaga sosial milik pemerintah.

Selain itu dokter yang mengetahui rahasia ini sudah memberi peringatan keras, bahwa organ di tubuh Cheng masih dalam masa pertumbuhan. Jika tingkat konsumsi alkoholnya tidak dikurangi atau dihentikan, hal ini akan memberi pengaruh yang sangat buruk pada masa dewasanya nanti. Bisa saja dia mengalami keterbelakangan mental karena pertumbuhan otaknya jadi terganggu.

Saat ini orangtua Cheng sudah berusaha sekuat tenaga agar anaknya itu bisa menjauhi minuman bir maupun jenis alkohol lainnya. Bibinnya yang bernama Cai Teng mengatakan dia dan anggota keluarga lainnya tidak akan membiarkan lagi Cheng bersentuhan dengan bir dan alkohol.

Tapi pada sisi yang lain dia juga mengakui usahanya tersebut belum bisa menunjukan hasil yang signifikan.

Ditulis oleh: https://www.facebook.com/jokoutomo2300