Ayah dan ibu merupakan dua orang yang paling berarti dalam hidup setiap orang. Iya kan? Ibu adalah wanita yang rela berjuang mempertaruhkan nyawanya demi kelahiran sang buah hati. Sementara ayah adalah sosok pria yang berusaha sekuat tenaga untuk menjaga buah hatinya.

Lalu, bagaimana kriteria seorang ayah yang pantas dianggap sebagai superhero bagi anak perempuannya? Berikut ulasannya.

1. Selalu Ada

ayah

Ibu memang mempunyai peran penting dalam tumbuh kembang anak-anaknya. Tapi bukan berarti ayah tak mempunyai porsi penting dalam pertumbuhan sang anak. Dalam kenyataannya, anak membutuhkan perhatian yang cukup dati kedua orangtuanya, baik ayah ataupun ibu. Namun sayangnya, terkadang ayah lebih banyak menghabiskan waktu di luar dibandingkan di rumah.

Wajar saja, karena ayah sebagai kepala keluarga mempunyai peran penting dalam mencari nafkah. Hal inilah yang membuat ayah tidak mempunyai waktu banyak bersama putri kecilnya. Padahal nyatanya, anak juga ingin menikmati kebersamaan bersama sang ayah.

Si kecil tidak perduli terhadap posisi penting apa yang diperoleh ayahnya di kantor. Lalu, apa sebenarnya yang diinginkan oleh si kecil? Untuk membahagiakan si kecil tidak selamanya harus mahal.

Anda juga bisa membahagiakan si kecil dengan hal-hal yang sederhana. Misalnya paling tidak meluangkan waktu untuk sekadar mengajak si kecil berjalan-jalan santai di taman. Meski terlihat sepele, justru ini menjadi moemn yang ditunggu-tunggu oleh si kecil.

Ingin menjadi ayah yang baik? Caranya mudah, sesibuk apapun Anda, usahakan untuk meluangkan waktu bersama si kecil.

2. Tempat Berbagi

ayah 2

Saat putri kecil Anda tumbuh menjadi remaja, pasti ada beberapa hal yang berubah. Anak perempuan Anda kini tak lagi menganggap Anda sebagai ayahnya, tapi sebagai teman. Percaya atau tidak, anak perempuan justru lebih merasa nyaman saat berdiskusi bersama sang ayah. Topik yang dibicarakan pun bukan lagi tentang keseharian, melainkan soal percintaan.

Anak perempuan terkadang tak segan untuk bertanya soal percintaan kepada sang ayah. Mengapa begitu? Wajar saja, karena ayah pasti tahu laki-laki seperti apa yang baik untuk putrinya. Ayah biasanya cenderung bawel menasehati putrinya soal pasangan. Bahkan bisa dibilang ayah sangat selektif untuk menentukan lelaki mana yang pantas untuk putrinya.

Meskipun begitu, bukan berarti ayah yang menentukan pasangan hidup putrinya kelak. Ayah disini hanya membantu sang putri agar tak salah memilih pasangan hidup. Karena tugas seorang ayah untuk menjaga anak perempuannya berakhir, ketika sang anak sudah menemukan pasangan hidupnya.

Lalu, lelaki seperti apa yang pantas untuk mendampingi putrinya kelak? Tentu saja, lelaki yang bertanggung jawab dan pastinya bisa membahagiakan putri tercintanya.