Bahagia Bisa Sangat Sederhana!

Belakangan kita sering melihat banyak orang berkata “bahagia itu sederhana”.  Di media social tagar-tagar #BahagiaItuSederhana juga bertebaran di seluruh penjuru lini masa.

Faktanya, bahagia itu memang bisa diperoleh dengan cara yang sederhana. Klise? Memang. Bahagia adalah hal klise yang paling indah.

Kamu bisa melakukan ini untuk merasakan bahagia dengan cara yang paling sederhana.

1. Makan Makanan Kesukaan Sepuasnya

happy-food

Perut kenyang hati senang! Begitu kira-kira. Coba pergi ke minimarket, beli makanan-makanan kegemaranmu. Atau, kamu bisa pergi ke tempat makan dan memesan menu favoritmu.

Makan dengan pelan-pelan. Rasakan sensasi bumbu di lidahmu. Rasakan pedasnya, asinnya, manisnya. Rasakan mereka menari-nari di lidahmu. Oke ini berlebihan.

2. Manjakan Dirimu dengan Hal-hal yang Disukai

Hobi! Semua orang pasti memiliki hobi atau hal-hal yang disukai, termasuk kamu pasti! Misalnya nonton. Film jadi hal paling banyak disukai.

watch-movie

Bahagiamu bisa didapat dari sini. Coba sewa beberapa dvd, atau marathon nonton film di bioskop. Buang semua pikiran tentang pekerjaan, putus cinta, sakit hati, khawatir karena nunggu kabar. Buang semuanya. Kosongkan pikiran dan hatimu untuk menikmati film-film yang menjadi hobimu.

3. Di Tempatmu Pasti Masih Ada Udara Segar, ‘kan?!

Ah. Untukmu yang tinggal di kota-kota besar, udara segar bisa jadi hal langka. Udara yang mampir ke organ pernafasanmu rata-rata sudah tercampur dengan banyak karbon monoksida. Kalau sudah begini, rasanya sulit menemukan udara segar.

Fresh_Air

Coba siasati dengan bangun lebih pagi. Buka jendela kamarmu lebar-lebar. Lari-lari di depan rumahmu tanpa alas kaki. Hirup udara dari embun yang masih enggan beranjak dari dedaunan di sekitar rumahmu.

Rasakan sejuknya, bau rumputnya. Tahan ia beberapa saat lalu hembuskan. Lakukan hal ini berkali-kali sambil memejamkan mata. Rasakan udaranya mengalir melalui urat-urat tubuhmu.

4. Mandi!

mandi

Entah jadi trend atau apa, malas mandi belakangan ini menjangkiti kaum remaja Indonesia. Bukan hanya kaum remaja, deng, tapi juga kaum dewasa. Kesibukan yang padat, membuat tubuh rasanya enggan melakukan apa pun selain lekas beristirahat. Makanya, sampai kost-kostan, rumah, tanpa ba-bi-bu, langsung tidur. Mandi?! Urusan sekian.

Padahaaaaall, mandi, terutama menggunakan air dingin bisa membuatmu hatimu berubah suasana menjadi lebih baik. Hal ini sudah dibuktikan oleh Virginia Commonwealth University of Medicine. Mereka melakukan penelitian pada beberapa orang penderita depresi taraf ringan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mandi menggunakan air dingin dapat mengirimkan impul saraf listrik dari saraf yang ada di tepi otak. Proses pengiriman ini akan memberikan dampak antidepresi. Hasil penelitian ini disampaikan oleh Dr. Nikolai Shevcuk.

5. Mengunjungi Tempat Baru

traveler

Mengunjungi tempat baru, akan memberikanmu kenangan baru. Coba saja main-main ke daerah-daerah yang belum pernah kamu kunjungi. Tidak harus jauh, yang penting tempat tersebut memang belum pernah kamu kunjungi.

6. Temui Orang yang Bisa Membuatmu Merasa Sedih

Ada yang mengatakan bahwa cinta adalah ketika kamu merasakan sedih dan bahagia dari satu orang yang sama. Ketika kamu butuh bahagia, temui orang yang juga bisa membuatmu sedih. Kekasih? Orangtua? Temui mereka; mereka adalah sumber kebahagiaanmu, tanpa disadari.

Atau, kamu juga bisa mengunjungi panti-panti asuhan atau tempat yang memberikan banyak pelajaran. Mengenal mereka akan membuatmu lebih bersyukur. Dan bersyukur akan membuatmu lebih bahagia.

charity

7. Makan Es Krim Tengah Malam

Sudah pernah mencobanya?! Makan es krim tengah malam bisa menjadi salah satu hal baru yang memberimu sensasi kebahagiaan yang unik. Dingin dan manis, serta udara malam yang berbeda adalah perpaduan yang pas untuk me-rileks-kan badan dan pikiran. Tak perlu dengan teman, sendirian bisa terasa lebih menyenangkan.

es krim

Jika tidak suka es krim, kamu bisa lakukan hal baru lainnya.

8. Bantu Orang Lain

bantu orang lain

Manusia diciptakan dengan berbagai peran. Masing-masing saling melengkapi dengan peran yang dipegangnya.

Ketika seseorang membutuhkan bantuan, terima itu sebagai tanda bahwa kita dihadapkan pada peran yang orang lain tidak bisa melakukannya. Ambil peran itu, tunaikan dengan benar, dan rasakan kebahagiaan yang sulit diterjemahkan dengan kata-kata.

9. Jangan Lupa Selalu Tersenyum

sweet

Senyum adalah salah satu therapy paling mujarab yang dapat membuat suasana hati berubah menjadi baik. Senyuman juga bisa menyebarkan aura positif ke banyak orang. Menebar senyuman ke mana-mana sama dengan menebar kebahagiaan ke mana-mana.

10. Yakini Bahwa Kamu Pantas Bahagia

deserve

Kamu harus yakini bahwa seburuk apa pun hal yang terjadi dalam hidupmu, kamu pantas bahagia. Jika kamu rasa bahagia tidak juga mengunjungimu, ciptakan bahagiamu sendiri. Cara-cara di atas bisa membuatmu bahagia dengan cara sederhana.

Leave a Comment