Berita Hoax yang Menipu Orang Indonesia

Banyak berita hoax di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di sini yang akan dibahas adalah foto dan berita hoax yang terjadi di Indonesia. Mulai dari adanya UFO, dan penampakan bentuk awan yang aneh bin ajaib.

Awan Berbentuk Uje

Yang sering liat infotainment pasti tau berita ini, saat pemakaman Uje ada salah satu orang yang katanya melihat penampakan awan ini dan langsung foto awan itu. Katanya awan itu bentuknya seperti Uje yang sedang berdoa. Ada yang percaya, ada juga yang gak.

Tapi terbukti gambar itu adalah hoax karena diunggah jauh sebelum Uje meninggal. Di twitter @mbakta, dia ngaku bahwa dia yang punya foto. Di twitter dia unggah tanggal 10 Maret 2013 dan gambar diambil tanggal 8 Maret 2013. Foto itu diambil sekitar jam 6 sore di atas kolam renang kawasan Citos.

Malaikat Jatuh di Citos

Berita ini aneh banget, katanya ada sebuah video yang ngerekam objek misterius dengan cahaya putih di Cilandak Town Square. Sosok dari kamera CCTV itu katanya malaikat. Hah, malaikat nyasar ke Citos? Gaul banget dia. Dalam video itu objek putih yang jatuh sekilas kelihatan punya sayap.

Tapi akhirnya berita itu bisa dipastiin hoax karena katanya itu adalah viral marketing dari produk parfum pria. Hal itu akhirnya diperkuat dengan hasil dari pakar telematika yang bilang bahwa video itu rekayasa. Saat sudah jelas bahwa video itu hoax ada lagi bukti lain yang datang dari staf event exhibition Citos. Dia bilang penampakan malaikat itu bagian dari salah satu event.

Wah, jadi malaikatnya jadi-jadian ya? Hebat nih yang bikin video bikin orang lain pada percaya.

Macan Putih Mangsa Manusia

Berita hoax ini kejadiannya di bulan November 2009. Isi video hoax itu adalah ada harimau putih yang mangsa manusia di Taman Safari Indonesia. Tapi pihak dari Taman Safari ngebantah berita yang menyeramkan itu. Udah beberapa waktu baru orang-orang tahu video itu gabungan dari dua video yang berbeda tempat kejadiannya juga waktunya.

Video yang pertama isinya itu serangan dari harimau putih di bulan November 2008 yang kejadiannya di kebun binatang Singapura. Sedangkan video kedua adalah sebuah proses identifikasi dari mayat korban penyerangan harimau di kita Jambi. Di video kedua ada dialog bahasa Indonesia jadi lah banyak orang yang berspekulasi bahwa kejadian ini ada di Indonesia.

Itulah beberapa beberapa berita hoax yang dipercayai banyak orang di Indonesia. Ada-ada saja ya hoaxnya.

Leave a Comment