Apakah itu Writer’s Block ?

Writer block adalah suatu keadaan yang dialamioleh penulis, dimana penulis tersebut tidak dapat menuangkan ide-idenya ke dalam tulisan. Bukan hanya penulis buku saja, namun penulis artikel, penulis puisi ataupun penulis cerpen juga dapat mengalami hal tersebut.

Kondisi penulis ketika mengalami writer’s block sangatlah mengkhawatirkan, karena tulisan yang seharusnya diselesaikan sesuai deadline, akan menjadi mundur waktu pengerjaannya dan terkadang tulisannya tidak akan selesai.

pengaruh dari writer’s block sangatlah bermacam-macam, mulai dari kekurangan bahan tulisan, lalu stress akibat masalah yang dihadapi, dan hilangnya mood untuk mengerjakan tulisan.

writers block

Inilah beberapa cara yang bisa di terapkan ketika writer’s blog mengganggu ::

* Pertama , luangkan waktu untuk istirahat yang cukup. Meskipun tulisan atau penulisan harus di selesaikan dalam waktu singkat, namun istirahat diperlukan agar otak menjadi fresh dan ide-ide akan bermunculan kembali. istirahat 2 jam saat siang hari , dan jangan tidur terlalu malam, atau tidur 7 jam saat malam hari

* Kedua , bermain dengan hal-hal yang menyenangkan, seperti main game atau main bola . Istirahatkan pikiran dengan bermain, agar tidak jenuh dalam mengerjakan tulisan.

* Ketiga , makan makanan yang bergizi dan jaga pola makan . Jangan hanya memikirkan deadline tulisan saja, namun menjaga pola makan harus diterapkan dengan teratur, agar tetap sehat dan bisa memunculkan ide kreatif untuk tulisan.

* Keempat, Jalan-Jalan atau refreshing. Luangkan waktu sekitar dua jam untuk menikmati indahnya dunia, dengan cara jalan-jalan bersama saudara atau teman, lalu bisa juga dengan menikmati udara dipagi dan sore hari.

* Terakhir, Jangan manjakan Mood yang mengganggu aktifitas. Meskipun rasanya berat sekali, namun menghindari mood diperlukan agar tidak mengganggu penulisan yang dikejar deadline, selain itu juga bisa menjaga diri dari kemalasan.

Itulah beberapa tips yang bisa di aplikasikan ketika menghadapi  beragam masalah dalam writer’s block.