Cokelat memang menjadi makanan favorit bagi banyak orang. Variasi cokelat sekarang semakin banyak dari mulai rasa, kemasan, dan bahan pelengkap misalnya kismis, kacang mede, atau kacang almond. Namun ada juga cokelat lain yang unik, baik dari segi komposisi atau namanya. Apa cokelat unik itu?

Chocodot, Oleh-Oleh Khas Garut

Adalah Chocodot, oleh-oleh khas Garut terbaru setelah dodol. Ya, Garut memang terkenal dengan dodolnya, namun sekarang ada yang baru, yaitu cokelat unik. Yang membuat unik dari cokelat ini sebenarnya adalah nama-nama cokelatnya, dan salah satu variasi yang mengombinasikan dodol dan cokelat.

Nama-nama cokelat ini seperti sebuah permainan kata. Contohnya saja cokelat dengan nama yang terinspirasi dari perkataan mantan tunangan Saskia Gotik, Vicky Prasetyo. Seperti cokelat kudeta jiwa, konspirasi kemakmuran, labil ekonomi, harmonisasi pikiran, konspirasi kemakmuran, dan labil ekonomi.

Selain nama unik itu ada nama lain sepertu sesuwatu banged, cokelat enteng jodoh, cokelat anti galau, cokelat tolak miskin, dan cokelat gawat darurat. Nama-nama cokelat juga dibagi dalam beberapa kategori seperti produk garut, nasional, produk Bandung, Jogja, dan Cirebon. Untuk cokelat produk Bandung nama-namanya antara lain kamemeut, gegel me, cokelat nyunda, dan warning! ngacay area.

Cokelat ini diperkenalkan oleh orang yang asli Garut bernama Kiki Gumelar. Dia membuat inovasi terhadap dodol garut dengan cara menambahkan cokelat. Chocodot mulai dipasarkan pada tahun 2009 bulan Agustus lalu. Dasarnya, cokelat yang menjadi campuran dalam chocodot adalah jenis cokelat pada umumnya, antara lain milk chocolate, dark chocolate, dan white chocolate.

Berbagai cokelat itu dilelehkan terlebih dahulu kemudian dicetak lagi dengan memberikan isian dodol. Dodol yang “mampir” di tengah-tengah cokelat itu memiliki rasa durian, sirsak, cokelat, keju, dan lain-lain. Bukan hanya dodol yang menjadi bahan campuran cokelat Chocodot, tapi juga lainnya.

Ada cokelat dengan brownies yang disebut Brodol, cokelat dengan isi berbagai krim rasa buah bernama Garut Geulis, Van Java Cokelat dengan isian jahe, bandrek, cabai, beras cikor, kacang, sekuteng, dan bajigur. Lalu ada cokelat dengan kerupuk ranginang yang bernama rangicok, serta cokelat kurma dengan sebutan Cokor. Terakhir ada Cokelat Dogar atau Domba Garut yang merupakan cokelat berpadu dengan abon ikan dan daging.

Untuk mendapatkan cokelat ini Anda bisa lansung berkunjung ke Garut maupun membelinya secara online di toko Chocodot. Selain di Indonesia, cokelat ini juga telah menyebar ke Malaysia, Singapura, dan Australia.

Apakah Anda ingin mencobanya? Untuk harga cokelat adalah sekitar 21 ribu rupiah.