Jangan Sepelekan 4 Makanan Hitam Ini!

Apa yang ada di pikiran kita tentang warna hitam? Akan banyak persepsi pastinya, mulai dari sesuatu yang jahat, menjijikan, misterius, hingga tidak enak untuk dimakan. Semua itu sah-saja karena itu yang selama ini menjadi stigma yang kuat dari masyarakat. Namun terkadang kita pun sekali-sekali harus bisa mengakrabkan diri dengan sesuatu yang hitam itu. Tentu semua itu dilakukan dengan tujuan yang baik dan aman.

Jika berbicara soal makanan, banyak orang mencari sesuatu yang menarik di mata. Biasanya ketika makanan atau minuman tersebut menarik di mata, rasanya pun akan menarik di lidah. Banyak orang mengesampingkan makanan atau minuman yang tidak menarik. Hal itu dikarenakan pikiran kita sudah terpatri bahwa yang tidak menarik akan sama dengan rasanya.

Mari kita buang jauh-jauh stigma tersebut dan mulai rasakan sensasi yang beda dari beberapa makanan berwarna hitam ini. Indonesia sendiri mempunyai beragam makanan asli yang berwarna hitam. Tidak disangka ternyata makanan tersebut disukai banyak orang, melebihi cita rasa dari makanan ala barat.

Inilah 4 makanan hitam yang patut kita icip.

1. Rawon

Jangan Sepelekan 4 Makanan Hitam Ini 2

Makanan ini merupakan kuliner yang khas dari wilayah Cirebon, Jawa Barat. Warna hitam yang ada dalam rawon dihasilkan dari penggunaan biji kluwek. Kluwek sendiri merupakan rempah asli dari Indonesia. Aroma harum dan sensasi rempahnya begitu kuat akan terasa. Bahkan tidak sedikit makanan yang menggunakan kluwek ini sebagai bahan utamanya.

Rawon diisi dengan kuah hitam yang segar. Selain itu, di dalamnya juga diisi dengan potongan daging sapi, serta ditambah dengan taburan kecambah segar. Rempah lainnya selain kluwek juga ikut melengkapi, seperti lengkuas, ketumbar, Lombok, kunir, serai, dan masih banyak lagi. Kuliner yang patut dicoba ketika bertandang ke wilayah Cirebon ini.

2. Balakutak

Jangan Sepelekan 4 Makanan Hitam Ini 3

Pernah mendengar kuliner bernama balakutak? Mungkin nama kuliner ini masih asing di telinga. Namun sebenarnya jika melihat bahan utama yang dipakainya, kita akan sepakat bahwa balakutak ini merupakan kuliner yang lezat.

Balakutak sendiri merupakan hewan laut yang masih satu keluarga dengan cumi. Yang sedikit membedakan balakukat ini yakni tubunya berukuran bulat, tidak memanjang. Lalu, apa alasan yang menjadikan balakutak ini patut dicicip? Kuah hitam yang berasal dari tinta balakutaklah yang menjadikan makanan ini sungguh lezat. Tinta hitam tersebut dipadukan dengan beberapa rempah lainnya, seperti jahe, kunyit, daun salam, serai, dan lainnya. Dengan begitu, rasa hitam yang lezat tersebut akan keluar.

3. Beras hitam

Jangan Sepelekan 4 Makanan Hitam Ini 1

Jika selama ini kita mengenal jenis beras hanya beras putih yang biasa dipasak menjadi nasi, beras merah, atau beras ketan putih, cobalah untuk berkenalan dengan beras hitam. Beras hitam sangat bagus untuk dikonsumsi karena sejumlah manfaat yang dimilikanya. Manfaat tersebut meliputi pencegahan terhadap penyakit kanker, pencegahan diabetes, sebagai antipenuaan, untuk mengobati anemia, dan mencegah datangnya penyakit jantung.

Untuk memperoleh beras hitam ini jangan keliru. Bentuk dan fisiknya memang mirip dengan ketan hitam, namun ada sedikit perbedaan. Ketika dimasak, beras hitam akan bertekstur lebih pera alias tidak pulen. Selain itu, aroma yang dikeluarkan beras hitam juga sangat kuat dan khas.

4. Cokelat hitam

Jangan Sepelekan 4 Makanan Hitam Ini 4

Inilah makanan hitam yang sangat digemari oleh banyak orang. Bahkan dari mereka sangat percaya terhadap kandungan yang dimilikinya. Cokelat hitam sangat kaya akan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Beberapa di antaranya ialah bisa meregenerasi pembuluh darah, membuang zat radikal bebas, dapat mencegah penyakit jantung, dan segudang manfaat lainnya.

Namun untuk mendapatkan sejumlah manfaat yang dikandung dari cokelat hitam ini haruslah diperhatikan. Konsumsilah cokelat hitam yang masih asli tanpa tambahan bahan lainnya.

Kini, masih berpikir untuk menghindari makanan berwarna hitam?

Leave a Comment