Memperpanjang Usia dengan Diet Cara Rasul

Diet cara Rasul sudah sering menjadi topik pembicaraan di berbagai situs kesehatan luar negeri. Ada banyak informasi dan riset terbaru tentang diet ala Rasul. Para pakar kesehatan dari seluruh dunia sepakat bahwa diet ala Rasulullah merupakan diet anti-aging yang paling baik sepanjang masa dibandingkan hanya dengan mengonsumsi suplemen komersil dan membatasi makanan tertentu.

Diet Cara Rasul Dapat Memperpanjang Umur

Apakah rahasia umat Rasul selalu tampil sehat dan tidak pernah atau jarang sakit? Bagaimana jawaban Rasulullah menjawab pertanyaan ini? Rasulullah menjawab bahwa umatnya adalah umat yang tidak makan sebelum datangnya rasa lapar dan segera berhenti makan sebelum kenyang.

Saat ini, riset ilmiah sudah membuktikan bahwa diet seperti yang dilakukan Rasulullah ini ternyata mampu memperpanjang umur seseorang. Diet ini sekarang dikenal dengan diet anti-aging calorie restriction (diet dengan cara membatasi kalori atau diet rendah kalori). Cara diet ini sempat digembar-gemborkan berasal dari dunia Barat walaupun sebenarnya sama seperti diet Islam cara Rasul, yaitu berhenti makan sebelum kenyang.

Makan tidak berlebihan atau sedikit mampu membuat tubuh kita lebih berkonsentrasi memperbaiki organ tubuh, sehingga aktivitas perbaikan DNA, mengeluarkan zat-zat toksin dari tubuh, serta regenerasi sel-sel yang rusak dengan sel sehat bisa berjalan lebih maksimal. Dengan diet ala Rasul ini, kita tidak lagi membutuhkan asupan suplemen sepanjang hidup, sebab diet cara Rasulullah ini terbukti lebih kuat dari suplemen.

Sementara itu, jika makan melebihi batas, tubuh kita akan lebih sibuk dengan aktivitas katabolisme (menguraikan makanan di dalam tubuh) sehingga tak sempat memperbaiki dirinya sendiri. Nah, inilah salah satu penyebab datangnya berbagai macam penyakit seperti kolesterol, hipertensi, dan lain-lain yang mengakibatkan usia manusia zaman sekarang menjadi singkat.

Prinsip Diet Calorie Restriction

Diet calorie restriction yang berasal dari diet ala Rasulullah ini memiliki dua prinsip, yaitu sebagai berikut.

  1. Makan dengan porsi yang lebih sedikit atau dibatasi agar tidak sampai kekenyangan (kurang lebih seperti penjelasan Rasulullah mengenai 1/3 bagian perut diisi dengan makanan).
  2. Hal terpenting dan paling utama dari diet ini adalah memangkas asupan kalori. Biasanya, orang dewasa normal mengonsumsi sekitar 2000 kalori setiap hari. Jadi, mulai saat ini, kurangi jumlah asupan kalori tersebut kurang lebih sebanyak sepertiganya, yaitu menjadi 1200 kalori per hari. Hal ini biasanya secara otomatis bisa didapat dengan mengurangi porsi makanan.

Namun, perlu diingat bahwa diet calorie restriction ini tidak berlaku untuk ibu hamil, anak-anak, orang yang mengalami masalah kekurangan gizi berat, dan orang-orang anoreksia, karena bisa saja diet ini membahayakan bagi mereka. Diet ini minimal dapat dilakukan oleh orang yang berusia 25 tahun ke atas.

Itulah ulasan singkat tentang cara diet yang diajarkan oleh Rasulullah. Anda ingin panjang umur? Lakukan diet ala Rasul sekarang juga!

Leave a Reply