Suka 6 Makanan Sehat Ini? Berhati-hatilah!

Bumi yang kita cintai ini menyajikan banyak pilihan makanan, mulai dari yang enak hingga tidak enak dan dari yang sehat hingga yang tidak sehat. Namun pada dasarnya manusia kerap mengonsumsi apa pun itu, termasuk dengan sayuran dan buah-buahan. Untuk kedua makanan tersebut sudah tidak diragukan lagi memang dengan kandungannya yang sangat baik untuk tubuh. Untuk itu, kita sangat dianjurkan untuk mengonsumsinya dengan rutin.

Akan tetapi, berdasarkan beberapa referensi menemukan bahwa makanan-makanan tersebut ternyata berbahaya untuk tubuh! Ada sejumlah kandungan di dalamnya yang berpotensi bisa mengganggu kesehatan tubuh. Untuk itu, kita juga harus mengetahui bahaya apa saja yang disebabkan oleh makanan tersebut.

Inilah 6 makanan sehat yang bisa mengganggu kesehatan tubuh, bahkan mematikan!

1. Bayam

Suka 6 Makanan Sehat Ini Berhati-hatilah 1

Sayuran hijau ini sangat tidak diragukan lagi kandungannya, salah satunya zat besi yang bagus untuk tubuh. Bayam juga bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, seperti disayur dengan kuah atau ditumis kering.

Bahayanya dari bayam ini adalah kandungan asam oksalat yang dapat mengikat sejumlah kalsium. Dengan begitu kalsium tersebut tidak akan dapat dimaksimalkan oleh tubuh manusia. Pada akhirnya, akan membentuk sejumlah kristal dak kristal tersebut nantinya dapat membuat iritasi pada lambung sehingga timbullah batu ginjal.

Adapun cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kandungan asam oksalat tersebut bisa dimasak hingga benar-benar matang. Selain itu, hindarilah untuk mengonsumsinya dengan berlebihan.

2. Jengkol

Suka 6 Makanan Sehat Ini Berhati-hatilah 2

Buah yang ditanam dalam tanah ini sudah terkenal bagi para pecinta makanan. Aroma bau semerbak yang ditimbulkannya dipercaya bisa menimbulkan nafsu makan yang tinggi.

Namun mengonsumsi jengkol ini ternyata bisa memberikan dampak yang tidak bagus untuk tubuh. Jengkol tersebut mengandung asam jengkolat yang bisa menjadi racun jika dikonsumsi secara mentah.

Selain itu, jika konsumsi berlebih juga akan berdampak pada kesehatan salah satunya susah buang air kecil. Hal itu disebabkan oleh tersumbatnya saluran kencing.

Adapun cara terbaik yang aman dalam mengonsumsi jengkol ini adalah dengan direndam dan direbus. Selain itu, mata jengkol tersebut juga dibuang karena menjadi sumber racun dari jengkol ini.

3. Kentang

Suka 6 Makanan Sehat Ini Berhati-hatilah 6

Kentang memiliki kandungan karbohidrat yang bagus untuk tubuh. Banyak varian kuliner berbahan kentang ini yang disukai banyak orang. Namun kita juga harus waspada dengan sayuran yang ditanam di dalam tanah dan tergabung ke dalam umbi-umbian ini.

Pernahkah melihat kentang yang setelah dikupas ada bercak hijau? Itulah kandungan yang berbahaya dalam kentang tersebut. Kandungan tersebut bernama chaconine dan solanin. Ketika kentang yang penuh dengan bercak tersebut terkonsumsi, ada risiko keracunan yang akan mendera manusia. Risiko tersebut di antaranya sakit perut, mual, detak jantung yang mengalami gangguan, dan masih banyak lagi.

Adapun cara terbaik untuk menanggulangi kentang dengan bercak hijau tersebut, yakni dengan membuang bercak tersebut. Kemudian lakukan perendaman kentang dengan air garam.

4. Ikan tuna

Suka 6 Makanan Sehat Ini Berhati-hatilah 3

Ikan ini merupakan makanan yang sarat dengan kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, di antaranya magnesium, omega 3, selenium, potasium, dan vitamin B kompleks. Kandungan nutrisi yang sangat dianjurkan untuk tubuh.

Namun ikan tuna bisa menjadi berbahaya ketika dikonsumsi melebihi 6 ons dalam setiap minggunya. Hal itu dikarenakan kandungan merkuri yang cukup banyak. Merkuri tersebut disebabkan oleh status ikan tuna yang sangat tinggi dalam rantai makanan. Ikan tuna bisa jadi memangsa ikan lainnya yang telah lebih dahulu tercemar merkuri.

5. Apel

Suka 6 Makanan Sehat Ini Berhati-hatilah 5

Tidak ada yang menyangka jika buah apel dengan kandungan nutrisi yang baik ini bisa berbahaya untuk kesehatan. Namun bukan pada kulit atau dagingnya, melainkan pada biji apel tersebut.

Biji apel mengandung sianida yang sangat berbahaya karena berpotensi membawa racun berbahaya. Ketika biji apel dengan kandungan sianida tersebut terkonsumsi dalam jumlah yang cukup banyak, bisa menyebabkan keringatan yang cukup banyak, sakit perut, dan muntah-muntah.

6. Ikan fugu

Suka 6 Makanan Sehat Ini Berhati-hatilah 4

Ikan yang biasa disebut juga dengan ikan buntal ini memang jarang terlihat dikonsumsi. Restoran yang menyajikan menu ikan fugu ini haruslah restoran yang memiliki standar bagus. Bukan hanya itu, koki yang memasaknya juga haruslah sudah memiliki lisensi resmi yang khusus. Memang ada apakah dengan ikan buntal ini?

Ikan fugu memiliki kandungan racun yang sangat berbahaya bagi manusia. Bahaya tersebut terletak pada hati, pencernaan, dan telur ikan tersebut. Dosis yang bisa mematikan untuk manusia dari ikan ini sebanyak 2 mg.

Cara terbaik untuk mengolah ikan fugu ini ialah dengan sangat hati. Bahkan restoran di Jepang sebagai restoran yang mengolah ikan ini menyajikannya dengan sangat ketat. Jika ingin mencicipinya, pilihlah restoran yang sudah terbiasa menyajikan ikan buntal ini sebagai menu yang lezat.

Bijak dalam mengonsumsi makanan bisa menjadi jalan menuju kesehatan. Meskipun tidak selamanya makanan sehat akan berdampak baik, namun kehati-hatian menjadi langkah terdepan bagi kita. Salam sehat!

Leave a Comment