Setiap wanita itu butuh nahkoda yang mampu membawanya ke tempat tujuan dengan selamat. Nahkoda di sini dapat diartikan sebagai seorang pemimpin atau suami. Ya, itulah yang dibutuhkan oleh semua wanita atau istri solehah, yaitu suami yang mampu menjadi pemimpin dalam rumah tangga. Seperti apa sosok suami idaman istri dan keluarga tercinta?

Sosok Suami Idaman untuk Istri Tercinta

Saat seorang istri diperintahkan untuk taat, berbuat baik, mencari keridaan, dan mempergauli suami dengan cara yang baik, maka seorang suami pun dituntut melakukan hal serupa kepada istri tercintanya. Seorang nahkoda (suami) harus bersikap lemah lembut, sabar menghadapi karakter buruk istri, dan hal-hal lainnya.

Hal yang tak kalah penting adalah melaksanakan kewajiban pokoknya seperti memberi nafkah, pakaian, tempat tinggal, dan mempergaulinya dengan sebaik-baiknya.

Berikut ini adalah sosok-sosok dan karakter suami idaman istri.

1. Memiliki Iman yang Kuat

Suami adalah seorang pemimpin yang bertanggung jawab tehadap istri serta anak-anaknya. Oleh sebab itulah, iman dan juga taqwa harus dimiliki para kaum pria, sehingga mampu, membimbing, menunjukkan, menuntun, dan membawa keluarga menuju jalan ke surga.

Lelaki beriman dan bertaqwa mengetahui bagaimana cara memperlakukan orang lain dengan sebaik-baiknya, berbakti kepada orangtua, memperlakukan teman, menyayangi keluarga, dan lain-lain. Setiap kata yang dikeluarkan dan tingkah lakunya ditujukan hanya untuk mencari keridhaan Allah Swt, sehingga apa pun yang dilakukan akan memperhitungkan manfaat sekaligus mudharatnya.

2. Dewasa

Sikap dewasa tidak hanya sekadar dinilai dari usia, tetapi lebih cenderung dibentuk lewat tempaan juga pengalaman hidup. Pria dewasa sejatinya siap dan berani memikul tanggung jawab terhadap seluruh kebutuhan rumah tangga. Dalam hal ini, tidak sekadar kebutuhan jasmani, tetapi juga kebutuhan ilmu dan berbagai ikhtiar untuk mencapai ridha Allah Swt.

3. Bijaksana

Suami yang bijaksana dapat menguasai pikiran, baik itu dalam keadaan yang tenang ataupun dalam keadaan sedang marah. Bila sedang dalam kondisi tenang dia mampu bersyurkur, sedangkan dalam kondisi marah dia mampu bersabar sekaligus menguasai emosi.

4. Sederhana

Sederhana tidak berarti tak memiliki apa-apa ataupun tidak boleh kaya. Sikap sederhana di sini artinya seorang suami mampu membimbing keluarganya tidak hidup mewah dan membelanjakan harta sesuai kebutuhan.

5. Komunikatif

Kekakuan adalah salah satu kendala dalam setiap hubungan, termasuk dalam rumah tangga. Tak hanya fisik, tetapi juga mental.Menyampaikan sesuatu pembicaraan yang mudah dipahami atau dimengerti pasangannya, sopan, teratur, dan tegas tetapi lembut adalah hal yang wajib dimiliki setiap suami. Katakanlah semuanya dengan hati yang lapang dan Insya Allah akan sampai ke dalam hati.

6. Mapan

Sebagai kepala dan pemimpin dalam rumah tangga, suami diwajibkan mapan lahir dan batin. Dalam hal ini, bukan berarti mapan itu harus kaya harta. Tapi, mampu memberikan nafkah kepada keluarga dengan cara yang halal.

Nah, itulah sosok nahkoda yang dibutuhkan oleh para istri. Semoga bermanfaat!