Manusia mempunyai banyak anggota tubuh yang berfungsi dengan sangat baik. Tuhan pun menciptakan semua itu karena ditujukan untuk tujuan yang baik. anggota tubuh yang dimaksud adalah tangan. Tangan yang disertai dengan jari-jari bisa memberikan banyak makna dalam aktivitasnya. Makna tersebut bisa dinamakan dengan sebutan gestur tangan.

Gestur tangan terjadi ketika pikiran kita akan memberikan apresiasi terhadap apa yang kita lihat. Adanya gestur tangan tersebut merupakan kelengkapan dari bahasa tubuh. Adanya bahasa tubuh seringkali menjadikan indah dalam berkomunikasi. Namun ternyata di balik itu, penggunaan gestur tangan kita dapat memiliki banyak makna untuk kehidupan.

Untuk mengetahui makna dari gestur tangan ini, mari kita simak 4 gestur tangan yang penuh dengan makna.

• Memberhentikan kendaraan

4 Jari Tangan yang Bermakna di Indonesia 1

Di beberapa wilayah Indonesia terdapat banyak angkutan umum yang sedianya mengangkut kita ke tujuan yang ingin dituju. Di Indonesia sendiri memiliki cara yang cukup unik dalam memberhentikan angkutan umum ini. Kalau kita merupakan orang yang gemar menggunakan jasa mereka, tentu akan hafal. Angkutan umum bisa berhenti ketika kita menunjukkan jari telunjuk ke arah angkutan tersebut.

Percaya atau tidak, namun itulah Indonesia dengan masyakaratnya yang kaya. Meski kita bukan pesulap, namun telunjuk kita bisa memberhentikan angkutan umum. Untuk membuktikannya silakan mengunjungi beberapa wilayah di Pulau Jawa. Namun, selain telunjuk, jempol juga bisa berfungsi sama, bergantung kepada kebiasaan di setiap wilayah.

• Menjawab pertanyaan saat di kelas

4 Jari Tangan yang Bermakna di Indonesia 2

Masa sekolah ketika kita kecil merupakan masa yang paling indah. Banyak hal yang dipelajari di sana, salah satunya ketika akan menjawab pertanyaan. Ketika belajar di kelas, guru biasanya bertanya kepada murid, “Siapa yang bisa menjawab pertanyaan ini, ayo ngacung!”

Istilah ngacung tersebut merupakan mengangkat tangan yang disertai dengan telunjuk. Meskipun sikap tersebut tidak identik dengan menjawab pertanyaan saja, namun sikap ini sudah melekat di murid-murid sekolah. Bahkan, ngacung ini juga masih kerap dilakukan oleh para orang tua dalam beberapa acara, namun masih dalam lingkup mengajukan pertanyaan.

• Berdamai dengan orang lain

 

4 Jari Tangan yang Bermakna di Indonesia 4

Masa kecil sering dilalui dengan banyak kejadian, baik itu senang, sedih, atau marah. Kejadian yang menimbulkan marah contohnya, bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya permusuhan.

Saat permusuhan terjadi biasanya kita akan saling berjauhan dengan orang yang menjadi musuh kita. Namun setelah beberapa hari maka akan berdamai kembali. Ketika berdamai itulah gestur tangan, khususnya kelingking akan bekerja. Biasanya mereka yang berdamai akan mengaitkan kelingking satu sama lainnya.

• Adanya kasih sayang

4 Jari Tangan yang Bermakna di Indonesia 3

Makna kasih sayang dalam jari tangan sepertinya bisa dimiliki oleh jari manis. Mengapa demikian? Hal itu karena diidentikan dengan tersematnya cincin nikah dalam jari tersebut. Setidaknya jari manis bisa menjadi simbol ketentraman dalam suatu hubungan.

Terlepas dari banyaknya makna gestur tangan dalam kehidupan manusia, sudah sepantasnya digunakan dengan sebaik-baiknya. Setidaknya itulah yang bisa diartikan dari maksud pemberian jari tangan oleh Tuhan.