Buat para cewek, kudu wajib harus hal-hal apa aja yang enggak boleh dilakuin pas kedatangan “tamu” bulanan. Tamu yang dimaksud disini bukan orang yang dateng atau berkunjung ke rumah, tapi haid (menstruasi).

mens
Menstruasi | Foto : www.merdeka.com

Kayaknya enggak perlu dijelasin panjang lebar apa itu mentruasi ya. Soalnya kan cewek-cewek pasti juga udah pernah kedatangan “tamu” bulanan. Terus apa aja hal-hal yang dilarang pas kedatangan “tamu” bulanan?

1. Dilarang Keras Tidur Siang

tidur siang
Tidur Siang | Foto : escaped-emotions.deviantart.com

Tidur siang itu emang bagus buat kesehatan, membuat tubuh lebih fit. Tapi hal ini enggak berlaku buat cewek-cewek yang lagi haid. Entah ini mitos atau fakta, tidur siang adalah salah satu larangan buat cewek-cewek yang lagi haid. Kenapa?

Katanya sih, tidur siang pas lagi haid itu menghambat aliran darah. Darah yang harusnya ngalir ke seluruh tubuh, nanti malah naik ke mata. Kalau darah udah naik ke mata, kemungkinan mengalami kebutaan juga semakin besar.

Eits, jangan dulu percaya kalau belum ada alesan yang kuat. Toh ada juga kok, cewek yang tidur siang pas lagi haid dan matanya aman-aman aja. Jauh dari yang namanya gangguan mata, apalagi kebutaan.

2. Potong Kuku

potong kuku
Potong Kuku | Foto : www.fikihkontemporer.com

Penampilan adalah nomor satu, termasuk menjaga kebersihan kuku. Kuku itu kan gampang panjang. Dan kalau kuku udah panjang, bakal ngehambat aktivitas kita. Selain ngehambat aktivitas, kuku panjang juga ngasih ruang kotoran buat masuk ke dalam kuku. Kalau udah kayak gini, pasti ngerasa risih dan pengen buru-buru motong kuku. Iya kan?

Eits tunggu dulu, kalau lagi “dateng bulan”, rutinitas potong kuku ini harus dihindari. Nah loh, emang kenapa, bukannya bagus jaga kesehatan kuku? Sehat sih, tapi kalau diliat dari mitosnya, memotong kuku saat haid itu enggak boleh. Kok aneh sih, kenapa enggak boleh?

Memotong kuku saat haid itu dilarang, soalnya badan kita lagi “kotor”. Dan kalau pun emang mengharuskan buat potong kuku, ya boleh saja. Asalkan, potongan kuku tadi disimpan dan dibuangnya nanti pas mandi besar.

3. Tidak Boleh Minum Air Es

minum air es
Minum Air Es | Foto : womenworld.org

Minum es di siang hari rasanya seger banget. Lagi panas-panasnya, tiba-tiba berubah jadi sejuk setelah minum air es. Tapi lagi-lagi minum air es menjadi bagian dari hal yang dilarang saat haid. Apa alesannya?

Katanya sih, minum air e situ buyat darah jadi beku. Jadi darah kotor (haid) yang harusnya keluar malah tertahan di dalam tubuh. Atau kalaupun keluar, nantinya bukan berupa cairan, melainkan gumpalan darah. Ih, ngeri kan ngebayanginnya juga, apalagi kalau ngalamin langsung.

Eits tunggu dulu, larangan minum air es ini belum bisa dipastikan kebenarannya. Toh banyak juga cewek-cewek yang tetep bandel minum air es pas haid tapi aman-aman aja.

Karena sebenernya sih minum es itu enggak ada kaitannya sama aliran darah. Air es ngaruhnya ke lambung. Tapi itu juga berlaku buat orang-orang tertentu, misalnya punya riwayat penyakit maag.

4. Katakan Tidak untuk Berenang

berenang
Berenang | Foto : www.visualphotos.com

Kalau soal larangan yang sebelum-sebelumnya mungkin kita masih bertanya-tanya apa alesannya. Tapi kalau buat yang satu ini, rasanya enggak perlu dijelasin lagi deh. Coba aja bayangin, kalau cewek lagi haid terus berenang, gimana jadinya itu kolam. Pasti kolam seketika berubah jadi warna merah. Bukan warnanya aja yang berubah, aroma amis darah juga ada. Komplit deh. Jadi masih mau berenang pas lagi haid?

Sebenernya sih ada caranya bisa aman berenang pas lagi haid. Gimana caranya? Caranya dengan penggunaan tampon. Tampon pada dasarnya sama dengan pembalut. Tapi tampon lebih aman untuk berenang. Usahakan menggunakan tampon yang baru sebelum berenang. Karena jika menggunakan tampon yang sudah penuh dengan darah haid, kemungkinan bocor semakin besar.

5. Dilarang Keramas

keramas
Keramas | Foto : www.vemale.com

Untuk larangan yang satu ini sama halnya dengan memotong kuku. Cewek yang lagi haid enggak boleh keramas. Kalau pun mau keramas harus nunggu sampe haidnya selesai. Jadi, baru boleh keramas pas mandi besar. Kenapa enggak boleh keramas pas haid?

Lagi-lagi jawabannya sama, larangan itu muncul bukan dari penelitian, melainkan anggapan yang beredar di masyarakat. Jadi, belum bisa dipastikan kebenarannya. Masih ada di antara mitos atau fakta.

Terlepas dari mitos atau fakta, kembali lagi ke diri masing-masing. Kalau ngerasa 5 hal ini adalah larangan, tinggal jauhin. Tapi kalau sebaliknya, ngerasa aman-aman aja ngelakuin hal-hal diatas, ya lakuin aja.

Toh ada larangan yang lebih penting buat cewek pas lagi haid, yaitu enggak boleh sholat, pegang alquran, dan hal-hal lainnya yang mengharuskan kita dalam keadaan suci. Jadi, kalaupun kamu ngelakuin hal-hal di atas juga enggak dosa. Cuma harus jaga-jaga aja, siapa tau ada efeknya.