Banyak orang yang bilang, SMA adalah masa-masa paling indah. Ya, mungkin aja karena banyak kenangan indah di masa SMA. Entah dapet pacar, sahabat, atau pengalaman baru pas di SMA. 

sma

Pokoknya banyak hal yang bikin kita kangen dan pengen flashback ke masa SMA. Dan justru ada beberapa kebiasaan SMA yang dulunya malesin banget, tapi sekarang justru bikin kangen. Apa aja?

1. Pake Seragam Sekolah

seragam

Kebiasaan pertama yang bikin kangen masa SMA, ya enggak lain pas pake seragam sekolah. Sebenernya sih dari SD, SMP, sampe SMA emang pake seragam sih. Cuma pas SD sama SMP, pake seragam itu enggak dibawa ribet. Beda sama SMA, bawaannya pengen tampil modis, males banget pake seragam. Padahal, penggunaan seragam sekolah itu tujuannya buat identitas kita. Jadi ketauan kalau anak SMA itu pake seragam warna putih abu.

kuliah

Nah, ini bedanya anak SMA sama mahasiswa. Kalau anak SMA mau enggak mau harus ikutin aturan buat pake seragam sekolah. Tapi sebaliknya, kalau mahasiswa justru dikasih kebebasan soal baju yang mau dipake kampus. Mau pake baju casual atau formal enggak jadi masalah. Walaupun bebas, tapi enggak berarti kamu dateng ke kampus pake baju tidur sama sandal jepit loh.

Ya, mau pake baju apa aja terserah. Tapi paling enggak kamu pake pakaian yang rapi, enak dipandang. Kan mahasiswa itu anak-anak yang berpendidikan, masa dateng ke kampus pake pakaian yang amburadul enggak jelas. Jadi usahain deh pake pakaian yang sopan, cukup kaos sama jeans itu juga udah cukup.

kampus

Meskipun dikasih kebebasan buat pake pakaian apa aja, tapi kadang ada sebagian orang yang justru kangen buat pake seragam sekolah. Kangen disini bukan berarti pengen balik lagi duduk di bangku SMA, tapi buat nostalgia aja. Misalnya reunian sama temen-temen SMA terus difoto pake baju SMA. Seru kan?

2. Upacara Bendera

Upacara Bendera

Upacara bendera setiap hari senin udah jadi kebiasaan rutin di SMA. Dan lagi-lagi, justru kebiasaan ini yang paling dibenci sama anak SMA. Kenapa? Soalnya kalau upacara bendera hari senin berarti kita harus dateng lebih awal dari biasanya. Karena kalau sampe telat datengnya, bisa-bisa jadi artis lapangan (dijemur di tengah lapangan pas upacara).

Bukan cuma harus dateng ontime, kita juga harus tahan sama teriknya sinar matahari. Emang sih sinar matahari pagi itu bagus buat kesehatan. Tapi kalau harus berdiri lama dibawah sinar matahari sambil dengerin pidato kepala sekolah ini malesin banget. Biasanya sih pidato kepala sekolah itu sebenernya berisi banget, cuma cara penyampaiannya kadang malah bikin boring dan ngantuk.

suasana kampus

Walau bisa dibilang ngebosenin, tapi upacara bendera hari senin itu jadi kebiasaan yang bikin kita kangen pas kuliah. Coba aja liat, kampus mana yang setiap hari seninnya ada upacara bendera. Enggak ada kan? Kalau pun ada, jadi aneh malah keliatannya.

Lagian juga mahasiswa itu identik sama ngaret. Ya mungkin ada sih yang datengnya ontime atau mungkin lebih awal, tapi kebanyakan telat. Tapi suatu waktu, mahasiswa yang suka ngaret ini bakal ontime banget dateng ke kampus, kalau yang ngajar tuh dosen killer. Iya kan? Maka dari itu, upacara bendera setiap hari senin dihapuskan di kampus.

3. Razia

razia

Razia bisa dibilang jadi momen-momen menegangkan pas zaman SMA. Zaman SMA itu zaman nakal-nakalnya anak, selalu pengen tau hal baru, walau terkadang negatif.

ketat

Enggak perlu jauh-jauh deh, mulai dari penampilan aja. Anak SMA identik pake baju indies alias ketat, biasanya sih anak cewek yang kayak gini. Pokoknya anak SMA tuh kesannya paling anti pake baju rapi. Mereka lebih suka pake baju dikeluarin.

Bukan cuma soal baju, dari gaya rambut juga ngelanggar aturan. Kalau cewek sih aman-aman aja, soalnya mau sepanjang apapun rambutnya enggak jadi masalah. Tapi kadang cewek suka nyari masalah sendiri, warnain rambutnya.

razia rambut

Beda sama cowok. Cowok dari sananya emang suka nyari masalah, termasuk gaya rambut. Dulu lagi trend rambut emo. Ini yang bikin cowok-cowok SMA panjangin rambutnya, terus pake poni yang nutupin mata. Yang kayak gini nih yang harus dikasih “hadiah”.

razia hp

Kelakuan anak SMA kayak gini yang bikin sekolah selalu rajin buat razia. Awalnya sih cuma razia rambut sama pakaian. Tapi ngeliat tingkah laku anak SMA yang makin menjadi, barang bawaan ke sekolah alias tas juga dirazia, termasuk handphone. Ya buat anak-anak yang baik kalem aja mau di razia juga. Tapi anak-anak yang tingkahnya masya allah, enggak bisa diem kayak cacing kepanasan, takut dihukum sama guru.

Nah, lagi-lagi kebiasaan di SMA ini enggak kamu alamin pas kuliah. Zaman kuliah itu, kita udah dianggep dewasa, jadi enggak perlu ada razia-razia. Lagian juga kalau kuliah enggak ada aturan soal penampilan yang penting mah hadir, rajin, lulus deh.

4.  Piket Kelas

piket

Menjaga kebersihan itu sebagian dari iman. Bukan cuma jaga kebersihan badan, tapi juga lingkungan sekitar, termasuk kelas. Gimana mau konsen belajar, kalau kelasnya kotor? Ini nih yang bikin sekolah bikin jadwal piket kelas. Jadi siswa siswi tuh dapet giliran buat piket setiap harinya. Terus gimana kalau absen dari piket? Namanya juga aturan, kalau dilangar ya ada sanksinya dong. Sanksinya macem-macem, mulai dari denda sampe kena semprot guru atau wali kelas.

Untungnya, piket kelas itu cuma ada di SD, SMP, sama SMA aja. Buat kamu-kamu yang kuliah harus bersyukur tuh udah enggak kebagian bersihin kelas lagi. Tau sendiri kan, mahasiswa itu buat hadir di kelas aja susahnya minta ampun. Apalagi kalau disuruh bersihin kelas. Dijamin deh semuanya absen. Ini nih yang bikin piket kelas ditiadakan pas zaman kuliah. Tugas mahasiswa cukup belajar aja yang bener, soal kebersihan udah ada petugasnya.

5. Ujian Nasional

ujian

Apa momen yang paling kamu takutin pas masa SMA? Kalau buat pertanyaan yang satu ini, pasti semuanya satu suara, yaitu ujian nasional. Tau sendirilah ujian nasional itu bukan soal siapa yang pinter, tapi siapa yang beruntung. Karena kadang yang sering bolos nilai ujiannya justru lebih gede dibanding dia yang rajin sekolah. Kenapa? Ya karena terlalu stress nanggepin ujian nasional.

skripsi

Ini nih yang bikin ujian nasional dihilangkan di zaman kuliah. Para dosen takut anak-anak muridnya stress. Tapi jangan seneng dulu, walau ujian nasional ditiadakan, tapi ada penggantinya. Pengganti ujian nasional itu adalah Sidang.  Tapi sebelum sidang, kamu harus nyusun tugas akhir dulu alias skripsi.

Jadi, apalagi kebiasaan zaman SMA yang enggak kamu lamin pas kuliah? Terus lebih enak mana zaman SMA atau kuliah?