Ada banyak artis Korea yang dikenal seluruh dunia. Tapi ada banyak artis Korea yang ternyata bukan orang Korea asli. Kebanyakan mereka adalah orang Asia lainnya, seperti China, Taiwan serta Thailand dan Filipina. Ada juga yang orang Korea tapi lahir dan tinggal lama di Amerika jadi mereka dibilang orang Korea-Amerika.

Mereka itu terkenal juga di Negeri Gingseng dan dicintai seperti artis lain yang asli orang Korea. Siapa saja kah artis luar Korea yang terkenal? Di bawah ini adalah nama-namanya.

Amber Josephine Liu a.k.a Amber f(x)

 Amber

Amber ini adalah personil girlband SM Entertainment yang juga junior dari Super Junior dan SNSD, yaitu f(x). Orangtua Amber ini orang Taiwan tapi Amber kewarganegaraannya Amerika karena ibu dan ayahnya yang biasa dipanggil Papa dan Mama Liu sudah lama tinggal di Amerika. Amber juga dari lahir sampai sebelum jadi trainee di SM Entertainment tinggal di Amerika.

f(x)

Amber sangat terkenal karena ada dalam grup yang konsepnya unik dan gayanya tomboy. Dalam grupnya f(x) ada juga yang bukan orang Korea, yaitu Victoria yang asalnya dari China. Ada juga Krystal yang orang Korea tapi lahir dan besar di Amerika. Amber dikenal sebagai artis yang sangat baik dan ramah.

Dia mendapatkan julukan sebagai “social butterfly” karena punya teman yang sangat banyak dari satu agensi (yang sama) juga agensi lainnya. Artis Korea yang bukan dari agensi yang sama dengan dia banyak yang jadi sahabat Amber. Kebanyakan artis Korea agensi lain yang dekat dengan Amber adalah orang non Korea juga, dan artis Korea-Amerika.

Teman Amber f(x)

Mereka antara lain anggota Miss A (Min dan Jia), anggota Got 7 (Jackson, Mark, Bambam, Jr, dan JB), Eric Nam, Hyuna 4 Minutes, Nichole mantan personil Kara, Peniel aBTOB, Seohyun dan Sunny SNSD, Henry Super Junior M,  Key Shinee, Kris mantan member EXO, Minah Girl’s Day, Bora Sistar, dan masih banyak lagi.

Amber Donghae Jonghyun

Amber juga terkenal karena gaya tomboynya sehingga sering dibilang mirip dengan Jonghyun Shinee, dan Donghae Super Junior. Amber ini rapper di grupnya tapi suara dia juga bagus karena dia lolos audisi nyanyi saat SM mengadakan Global Audition di kampung halamannya, Los Angeles.

Amber Main Gitar

Amber bisa menciptakan lagu, beberapa lagu “Goodbye Summer” di album Pink Tape, dan “Summer Lover” di album Red Light. Selain itu banyak bagian rap di lagu f(x) dia sendiri yang membuatnya. Talenta lain yang dia miliki adalah bisa jago taekwondo, bermain gitar, juga drum. Mungkin itu juga menjadi salah satu alasan mengapa Amber disukai di Korea.

Fei dan Jia Miss A

Fei dan Jia

Selain member Korea, Suzy dan Min, Miss A juga punya dua member lain yang berasal dari China, yaitu Fei dan Jia. Kedua artis ini juga menjadi salah satu orang yang terkenal di Korea.

Nama asli dari Fei adalah Wang Pei Pei sementara Jia adalah Meng Jia. Selain bisa bahasa Mandarin dan Korea ternyata Fei bisa berbicara bahasa Kanton. Wajah Fei terlihat lebih dewasa dibandingkan dengan member Miss A yang lainnya.

Sementara itu Jia punya fleksibilitas tubuh yang luar biasa. Dia bisa menekuk-nekuk tubuhnya dengan mudah. Di salah satu program acara dia dan artis dari Cina lainnya Victoria f(x) pernah “diadu” untuk melakukan berbagai “atraksi” melipat tubuh karena keduanya memiliki badan yang sama-sama elastis. Hasilnya terlihat bahwa keduanya mempunyai kelenturan tubuh yang sama.

Nickhun 2PM

Nickhun 2PM

Pecinta K-Pop pasti tahu kalau Nickhun asalnya dari Thailand. Ya, sama seperti member idol grup K-Pop lain yang berasal dari negara lain, Nickhun mengikuti audisi saat agensi di mana dia ada sekarang datang ke negaranya. 2PM, boyband dimana dia bernaung ada dalam satu agensi dengan Wonder Girls dan Miss A.

Nickhun Victoria WGM

Nama Nickhun semakin terkenal ketika dia mengikuti acara reality show tentang pernikahan yang berjudul “We Got Married” dengan Victoria f(x) yang asalnya dari China. Namun sayang pada beberapa waktu yang lalu, tepatnya tahun 2012 dia menabrak ketika sedang membawa mobil.

Iklan Nickhun

Akibatnya namanya dicoret dari berbagai kegiatan bahkan iklan yang memintanya menjadi model dengan member 2PM lainnya menghapus fotonya dari poster promosi. Acara penting yang saat itu diikutinya (Idol Star Olympics) juga menghilangkan semua screen yang menampilkan dirinya agar menghindari kontroversi.
Tapi sekarang sepertinya kariernya bisa berjalan lagi seperti biasanya.

Song Qian atau Victoria f(x)

Victoria f(x)

Salah satu member girlband terkenal di Korea yang berasal dari negara lain adalah Victoria f(x). Bersama dengan Amber, f(x) mempunyai dua member asing yang terkenal, Amber dari Amerika-Taiwan, dan Victoria dari China. Dia adalah leader dari f(x) karena usianya yang paling tua dibanding semua member. Jarak usia dari dirinya dan Amber yang merupakan member “tertua” kedua di f(x) adalah lima tahun. Itu sebabnya dia dipanggil dengan sebutan eomma atau ibu oleh para member f(x).

Victoria Fleksibility

Victoria memiliki tubuh yang fleksibel dan sudah sering diperlihatkan di depan publik. Bahkan di koreografi lagu Chu dan Nu Abo milik f(x) dia melakukan aksinya dengan sangat indah. Pada lagu Chu dia melakukan aksi salto atau gerakan meroda, dan pada lagu Nu Abo dia melakukan gerakan high kick hingga kakinya sangat lurus sejajar dengan kepalanya. Itulah salah satu keunggulan Victoria dibandingkan member girlband lain di Korea.

Cantiknya Victoria f(x)

Oleh karena dia terkenal dalam dunia K-Pop, dia juga menjadi artis paling terkenal di tanah kelahirannya China. Fansnya sangat banyak di sana mengalahkan fans member f(x) yang lainnya. Kecantikannya yang alami dan awet muda membuatnya memiliki julukan “The Goddess of Asia”.

Luhan, Lay, dan Tao EXO

EXO punya tiga member yang berasal dari China, yaitu Luhan, Lay, dan Tao. Dulu ada empat dengan Kris tapi sekarang dia sudah keluar dari EXO dan tidak tinggal di Korea lagi.

Mereka terkenal di Korea karena EXO memang sangat terkenal di Negeri Gingseng itu. Tidak heran jika mereka juga kecipratan rejeki kepopuleran.

 Luhan Exo

Luhan mempunyai suara yang bagus dan kemampuan dance yang juga bagus maka dari itu di EXO M dia “tugasnya” adalah menjadi lead vocal dan lead dancer.

Lay Exo

Sementara itu Lay posisinya adalah rapper, main dancer, serta vokalis. Sebelum datang ke Korea, saat dia masih kecil adalah salah satu artis cilik di China. Panggilan Lay adalah dancing machine karena jago menari.

Tao exo

Tao adalah member paling muda di EXO M, dia lahir pada tahun 1993. Oleh karena paling muda katanya dia masih sangat kekanak-kanakan juga manja. Tao mahir rap sehingga sering memenangkan lomba rap, dia juga terkenal karena mahir dalam hal martial art juga wushu. Saat pertama kali member EXO diperkenalkan secara satu per satu, Tao menunjukkan kemampuan martial art dan “berkelahinya“ di video teaser.

Itulah beberapa artis Korea yang berasal dari negeri lain, artis lainnya ada Henry dan Zhoumi Super Junior M.