Bangun Pagi itu Gampang? Ini Rahasianya!

Kata siapa bangun pagi itu susah? Gampang kok. Semua orang juga bisa bangun pagi. Gimana caranya? Asalkan ada niat. Ya, segala sesuatu yang diawali dengan niat, pasti terasa mudah. Begitu pula halnya dengan bangun pagi.

bangun

Terus kalau udah niat, tapi tetep enggak bisa bangun pagi, apa masalahnya? Akar masalahnya enggak jauh-jauh dari kata males. Males itu ibarat virus yang paling susah biat dibasmi. Iya kan? Kalau rasa males itu udah mulai menjadi-jadi, dijamin deh niat buat bangun pagi seketika sirna gitu aja.

Kalau udah kayak gini, harus gimana dong? Tenang aja enggak usah khawatir, ada 5 hal yang bikin bangun pagi itu mudah. Apa aja? Simak yuk ulasan selengkapnya berikut.

1. Suara Merdu Ibu

suara merdu ibu

Kalau penyanyi-penyanyi mengeluarkan suara emasnya untuk memuaskan telinga para penikmat musik. Tapi lain halnya dengan ibu (mamah). Ibu biasanya akan mengeluarkan suara emasnya di momen-momen tertentu. Misalnya di pagi hari.

Lalu, apa sih yang biasanya didendangkan oleh ibu di pagi hari? Suara merdu ibu di pagi hari bukan untuk mendendangkan lagu-lagu, melainkan membangunkan sang anak. Iya, seorang ibu biasanya tak sungkan-sungkan untuk mengeluarkan suara 7 oktafnya untuk membangunkan sang anak. Dan ternyata, cara ini dirasa lebih efektif dibandingkan dengan menyetel alarm. Coba saja tanya sama teman-teman kalian, lebih sering dibangunkan oleh alarm atau suara merdu sang ibu?

bangun tidur

Dijamin deh, pasti lebih banyak yang menjawab dibangunkan oleh  suara merdu sang ibu. Kenapa? Ya, kalau alarm mau disetel sepagi apapun, kalau kita masih males, tinggal tekan tombol tunda (snooze), terus tidur lagi deh. Tapi siapa coba yang bisa tahan dengan suara 7 oktaf ibu? Semakin lama kita bangun, suaranya juga semakin keras. Bahkan tak jarang terselip kalimat ancaman, seperti “Ayo cepet bangun, kalau enggak bangun disiram pake air dingin”.

Nah loh, kalau udah ada kalimat ancaman kayak gini, masih mau males-malesan bangun? Yakin deh, dalam itungan seperkian detik udah melesat ke kamar mandi. Kan lebih enak mandi di kamar mandi, daripada harus basah-basahan disiram di kasur. Iya kan?

2. Begadang Jangan Begadang, Kalau Tak Ada Artinya

begadang

Kalau kamu termasuk orang yang susah bangun pagi, mending ikutin nasehat Bang Rhoma Irama deh. “Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya, begadang boleh saja, kalau ada perlunya”. Tuh, dengerin apa kata Rhoma Irama. Enggak usah begadang, kalau enggak ada hal penting yang harus dikerjain. Ya kalau misalkan begadang buat nonton bola boleh aja kali-kali, asal jangan keseringan juga.

Kenapa enggak boleh sering-sering begadang? Kita juga tau kan, kalau tubuh itu butuh istirahat, supaya besok bisa jalanin aktivitas dalam kondisi fit. Nah, begadang itu kan identik sama malem hari, jamnya orang-orang buat tidur istirahat. Kalau udah waktunya tidur, tapi badan masih saja beraktivitas, jamin deh besok bakal males buat bangun pagi.

malas

Males buat bangun pagi itu muncul karena rasa ngantuk yang tak tertahankan. Lalu, apa yang membuat rasa kantuk itu muncul tak tertahankan? Penyebab rasa kantuk itu muncul bukan karena waktu tidur yang kurang, melainkan kualitas tidurnya yang berkurang.

Yups, kebanyakan mengira rasa kantuk di pagi hari itu karena waktu tidur yang kurang. Padahal lama atau sebentarnya waktu tidur itu bukan jaminan seseorang terhindar dari rasa ngantuk. Ada juga kok yang tidurnya lebih awal tapi pas bangun tetep aja masih ngerasa ngantuk. Jadi yang jadi masalahnya tuh kualitas tidurnya.

mendengarkan lagu

Terus gimana caranya, biar kualitas tidur kita membaik? Gampang kok. Misalnya dengan lakuin hal-hal sederhana yang menyenangkan sebelum tidur. Misalnya mendengarkan lagu. Tentu saja, lagu yang didengarkan bukan lagu rock, usahakan mendengarkan lagu-lagu dengan tempo lambat. Kenapa? Ya tujuannya agar Anda lebih cepat terlelap.

Nah, kalau kebiasaan begadang sudah bisa dibuang, jamin deh bangun pagi itu gampang. Bangun di pagi hari bukan jadi tuntutan, tapi kebiasaan yang menyenangkan.  

3. Hindari SKS (Sistem Kebut Semalam)

sistem kebut semalam

SKS atau sistem kebut semalam bukan hanya dialami oleh para pelajar, melainkan juga pekerja. Para pelajar biasanya suka menunda-nunda tugas sekolah, dan baru menyelesaikannya ketika besok akan dikumpulkan. Begitu pula halnya dengan para pekerja.

deadline

Para pekerja kantoran juga sering terjangkit virus malas, dan akhirnya menunda-nunda pekerjaan. Lalu, apa akibatnya? Akibatnya mereka akan begadang, ketika mendekati waktu deadline. Nah loh, kalau udah kayak gini, mau enggak mau waktu tidur juga jadi korban. Bahkan kadang, ada juga yang enggak tidur semaleman karena tugas yang numpuk itu.

Kalau udah kayak gini, masih mau nunda-nunda kerjaan? Masih mau ngorbanin waktu buat hal-hal yang enggak penting? Udah deh, daripada harus begadang mending beresin dulu tugasnya. Kalau tugas beres, tidur juga nikmat dan bangun pagi juga jadi menyenangkan. Iya kan?

4. Lenyapkan Handphone

handphone

Cara lain yang dirasa ampuh buat bangun pagi adalah jauhkan handphone ketika akan tidur. Kenapa harus melenyapkan handphone untuk sementara waktu? Tanpa kita sadari, ketergantungan akan handphone itu berlebihan.
Ketika handphone masih bisa terjamah, yakin deh mata bakal melek terus. Entah karena asyik smsan, telponan, chatting, online, atau sekadar main games di handphone. Nah, kalau sudah begini, bagaimana mungkin kita bisa tidur nyenyak coba?

main handphone

Jadi pilihannya cuma 2, handphone atau tidur? Kalau mau tidur nyenyak, lenyapkan dulu handphone sementara. Toh, udah waktunya buat istirahat juga kan. Kalau perlu nada handphone juga dibuat hening (silent), agar tak mengganggu waktu tidur kamu.

5. Katakan Tidak pada Kopi!

kopi

Siapa coba yang tidak suka minum kopi? Kopi menjadi salah satu minuman favorit yang enak untuk segala waktu. Baik pagi, siang, sore atau malam, kopi menjadi pilihan yang menarik. Aromanya yang khas dan rasanya yang nikmat membuat kita ketagihan. Namun ternyata, kopi menjadi salah satu penyebab susah bangun pagi.

Iya, bukan rahasia lagi, kopi menjadi salah satu minuman yang ampuh untuk mengusir rasa kantuk. Tak heran, jika setelah mengonsumsi kopi, mata kan stand by dalam beberapa jam, bahkan semalaman. Untuk itulah, katakan tidak pada kopi. Karena pada kenyataannya, kopi juga tidak baik untuk kesehatan. Terlalu sering meminum kopi, berbahaya bagi lambung.

Nah, jadi daripada terjadi kerusakan pada lambung, mending hentikan kebiasaan minum kopi dari sekarang juga. Atau bolehlah sekali-kali minum kopi, asal jangan di sore atau malam hari.

Nah, sekarang udah tahu kan 5 hal yang bikin bangun pagi itu mudah. Ya, teorinya sih emang gampang, tapi prakteknya itu yang susah. Jadi, mulailah biasakan bangun pagi dari sekarang juga!

Leave a Comment