Kalau kamu jenuh sama musik barat, ada beberapa referensi musik lain yang bisa kamu coba, salah duanya J-Pop dan K-Pop.

Musik Asia bakalan bikin kamu pecinta musik barat atau Indonesia ngerasa seger. Karena setiap negara Asia punya ciri khas musiknya masing-masing. Musik Asia yang paling terkenal dari semuanya adalah J-Pop dan K-Pop karena punya kelebihan yang negara Asia lainnya gak punya.

Penasaran apa bedanya dua genre musik itu? Di sini ada bahasannya jadi kamu bisa pilih mana yang lebih kamu suka, J-Pop atau K-Pop.

Idol Grup Vs Girl/Boyband

Red Velvet

Momoiro Clover Z

Dari segi nama sih dua-duanya beda ya, idol grup identiknya sama Jepang sedangkan grup dengan akhiran band itu identik sama Korea. Padahal idol dan boyband atau girlband itu sama loh, cuma istilah ‘idol’ lebih populer di Jepang. Di atas ada gambar girlband K-Pop (yang di atas) dan idol grup Jepang (yang di bawah).

AKB48 Trainee

Walau sama artiannya tapi secara lebih dalam lagi dua hal itu beda banget. Kalau idol di Jepang tuh mereka gak ditraining lama kayak member grup Korea. Biasanya setelah audisi mereka dilatih sebentar terus langsung diorbitin jadi idol. Misalnya AKB48, mereka cuma jadi trainee beberapa bulan aja langsung dikenalin ke publik, bahkan yang masih dilatih alias belum jadi member tetap udah dikenalin ke publik juga. Sedangkan kalau di K-Pop kan membernya dilatih dulu sampai bertahun-tahun dan matang, sampe hebat segala macemnya deh. Habis itu baru didebutin jadi artis.

Rambut Merah Krystal

 

 

Rambut Orang Jepang

Terus nih ya idol Jepang tuh gak terlalu mementingkan penampilan loh, mereka kebanyakan gayanya sangat sederhana. Bahkan ada juga loh idol grup yang personilnya tuh chubby semua. Contoh penampilan sederhana mereka dari gaya rambut, kalau rambutnya gak lurus ya keriting, kalau di cat juga paling warna coklat. Kalau grup Korea lebih macem-macem gaya rambutnya, bahkan banyak yang berani pake warna rambut merah, biru, ijo, juga warna lainnya.

AKB48 SNSD

Beda penampilan lainnya juga dari segi tubuh, kalau personil grup Korea tuh kebanyakan membernya langsing, tinggi, tapi kalau idol Jepang banyak yang tingginya standar bahkan pendek. Tapi bedanya muka idol Jepang tuh imut banget, dan penampilan mereka tuh ngegemesin, lucu, pokoknya istimewa deh, istilahnya “moe”. Pokoknya liat muka idol Jepang, apalagi yang cewek kamu bakalan kesengsem sama muka imut mereka dan bilang “kawaii”.

Korea Lebih Internasional, Jepang Lebih Lokal

Gaya Hip Hop Korea

Maksudnya gini loh, grup K-Pop itu sering banget ngadain konser di negara Asia lainnya, bahkan ke Amerika dan Eropa. Beda sama Jepang, mereka jarang banget ngadain konser ke luar negeri, mereka lebih seneng konser keliling prefektur atau kota di negara mereka.

Padahal banyak orang di seluruh dunia yang pengen banget didatengin sama artis Jepang favorit mereka. Mungkin karena faktor ini K-Pop lebih banyak dikenal dunia internasional. Tapi hebatnya J-Pop nih, walau mereka gak terlau sering ngadain kunjungan ke luar negeri mereka juga dikenal sampai penjuru dunia. K-Pop itu kalau baru mulai mendunia baru-baru ini, mungkin tahun 2009. Mmm gak tau deh, gak inget. Tapi kalau Jepang tuh udah dari dulu-dulu loh, jauh lebih lama daripada K-Pop.

Gaya Tradisional Idol Jepang

Faktor lainnya yang bikin beda tuh dari segi pasar. Kalau idol Jepang segmen utamanya ya negara mereka sendiri tapi kalau Korea segmennya global. Jadi aja K-Pop musiknya lebih sesuai sama pasar global. Kalau J-Pop gak semua orang bisa langsung “kena” sama musiknya karena masih pegang tradisi Jepang.

CD Babymetal

Terus nih ya idol Jepang ngejual musik mereka tuh masih pake cara yang bisa dibilang jadul, yaitu CD, DVD sama Bluray. Tapi K-Pop pake cara yang lebih modern kayak di iTunes atau situs-situs musik. Jadi penggemar musik Korea bisa ngunduh lagu yang mereka suka di internet dan bisa dilakuin sama orang-orang di negara mana aja. Faktor itu yang lagi-lagi bikin K-Pop mendunia karena lebih gampang didengerin orang.

Idol Jepang Punya Aturan Mutlak yang Gak Bisa Diubah

Dilarang Pacaran

Aturan mutlak itu disebut “golden rules”, yaitu aturan yang sama sekali gak boleh dilanggar sama semua idol. Beberapa aturan mutlak itu adalah gak boleh pacaran selama masih jadi member idol grup, gak boleh pergi ke diskotik, gak bisa kasih tanda tangan pribadi kecuali pake item dagangan kayak t-shirt, gak boleh ngerokok dan minum-minuman keras, gak boleh pake make up yang mencolok.

Kelulusan Tomomi Itano

Terus di idol grup Jepang tuh ada istilah “lulus”. Jadi mereka kayak yang gak terikat kontrak gitu jadi mereka bisa lulus kapan aja. Ada banyak alasan idol itu lulus, ada yang pengen konsentrasi ke pendidikan, ngejar mimpi lain, atau dikeluarin karena ngelanggar golden rule. Jadi satu grup bisa gonta-ganti member kalau salah satu membernya lulus, gak kayak di Korea, girlband atau boyband biasanya bakal bertahan lama sama member yang sama.

Jepang Lebih Banyak Variasi Musik

 

 

Musik Elektik Korea

Kalau di Korea musik yang bisa dinikmatin kebanyakan sama semua cuma hip hop dan elektrik. Tapi di Jepang ada banyak jenisnya, kayak vocaloid, J-Rock, enka, juga metal. Di Korea identiknya hanya girlband sama boyband, buat band aja yang dikenal cuma ada F.T Island dan CNBlue. Kalau Jepang, selain ada idol grup ada juga band, bahkan vocaloid.

Konser Hatsune Miku

Coba sebutin artis Korea mana yang genre musiknya K-Rock? Metal? Gak ada kan? Kalau Jepang ada L’Arc~en~ciel yang genrenya J-Rock, X Japan, Babymetal, Gazette yang jenis musiknya metal. Ada band pop rock yang isinya cewek semua, namanya Scandal, ada vocaloid yang suara penyanyinya dari program dan wujud penyanyinya juga cuma berupa hologram, salah satunya Hatsune Miku. See? Bisa liat kan bedanya jenis musik di Korea sama Jepang apa?

Visual Kei Jepang

Lirik Lagu Jepang Lebih Bermakna

 

 

Bukannya lagu Korea gak bagus cuma dari segi lirik kayaknya Jepang yang paling bagus deh. Soalnya lirik lagu Jepang tuh lebih banyak yang memotivasi dan memberi makna, bukan cuma lagu tentang jatuh cinta dan patah hati. Walau pun ada lagu tentang cinta tapi tetep punya sisipan lirik penyemangat.

Lagu AKB48

Ambil contoh aja lagunya AKB48 dan sister grupnya. AKB memang punya banyak lagu tentang cinta tapi lebih banyak lagi yang lagu yang memotivasi, seperti memotivasi diri kita buat bangkit dari keterpurukan, lagu tentang persahabatan, tentang perjuangan, kemanusiaan, lagu kelulusan, sampe lagu yang didedikasikan buat fans setia yang udah meninggal.

Bukan cuma idol grup yang lirik lagunya bermakna, band rock kaya L’Arc~en~ciel dan One Ok Rock juga punya banyak lagu yang liriknya tuh sangat bagus dan ngajarin kita tentang apa itu hidup.

Ok itu dia apa perbedaan J-Pop dan K-Pop. Dua-duanya punya kelebihannya masing-masing sih jadi tergantung selera aja, kamu sukanya musik yang unik atau yang easy listening? Suka K-Pop atau J-Pop.

4 COMMENTS

  1. setuju ama agan … memang Kpop itu lebih mencoba mendunia karena negara mereka punya misi yg hrs mereka capai adalah “mengalahkan jepang dalam hal apapun” …

    jadi mereka memaksimalkan dunia entertain yang dimana sebelumnya Jepang sangat mendominasi sekali, bahkan tidak ada negara manapun di Asia yang bisa membawa musisi/artis mereka ke kancah internasional selain Jepang … Yaitu dengan Kpop, yang mereka berhasil tuai kesuksesannya pada tahun 2008 dst …

    Saya jabarkan lagi, didunia entertain yang maju skrg ini, musik yang POP / Populer yang lagi trend atau boleh dikata ratingnya tinggi didunia ini ya Electone, Rap, Hip Hop, RnB, dan Pop itu sendiri … dan Kore menerapkannya

    disamping itu, musiknya yang dibuat secara digital, sehingga mudah dan kompatibel dengan pemutar musik yang orang2 punya, maka musik mereka diterima secara gampang … dan akhirnya mendunia …

    Namun kembali lagi, ketika Kpop harus bertahan dengan gaya entertain seperti itu, apakah bagus?

    banyak kasus bunuh diri, oplas, sakit karna terlalu keras berlatih … sehingga fans terbiasa akan sesuatu yg “jadi” dari seorang artis … meskipun fans tahu bagaimana kerasnya dia berlatih …. apa ga cukup dibohongi?

    Berbeda dengan Jepang, fans adalah bagian dari hiburan … ada pasar didunia entertain Jepang yg mana fans tidak memperdulikan seberapa buruknya sang artis … ada penghargaan lebih walau hanya sekedar lipsync …

    hal itulah yang ga ada dan ga bakal pernah bisa Korea berikan …

  2. ahh gak jga kok….suatu saat kpop juga mengalami hal yg sama dgn jpop…soal popularitas..mungkin hnya segelintir org sja yg tau….soal globalitas msih depegang pemain2 lama…..aye survei rata2 pengemar dadakan itu thn 2012-2013…skrg aja sya dah jarang dengerin kpop di brita2 lokal kgk kyk thn 2012 lalu..mungkin kelahiran 2004 an ke atas kgk tau kpop itu apa dan yg kelahiran 2000 ke bwh scara pemikiran dah terlalu dewasa bhkan menua utk ukuran menyukai kpop….kk perempuan sya dulu elf super junior tapi skrg kk sya lupa ttg kpop dsb krna terlalu sibuk…jngan samakan dgn anime yg karakternya kgk tua2XD bedalah dgn industri jpop kpop