Setiap orang tentu saja selalu mempunyai rencana untuk melakukan banyak hal, termasuk dengan liburan. Liburan tidak hanya dilakukan oleh orang yang masih ‘single,’ namun juga dengan yang sudah berkeluarga.

Jika sudah berkeluarga tentu harus merencanakan semuanya dengan matang, dalam hal ini kondisi materi. Setiap anggota keluarga tentu memiliki berbagai keinginan dalam tujuan liburan tersebut, terutama untuk sang anak. Namun jika semuanya ternyata harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, apa siap?

Bagi sang ayah, mengeluarkan banyak uang untuk berlibur mungkin tidak ada salahnya. Akan tetapi, jika kondisinya terbatas, namun ingin tetap berlibur dengan nyaman dan asyik, setidaknya ada beberapa alternatif.

Inilah beberapa tempat yang bisa dijadikan tujuan untuk berlibur bersama anak kita.

• Kebun binatang

Berlibur Tidak Harus Mahal. Datanglah Ke Sini 1

Kebun binatang merupakan tempat liburan yang paling nyaman. Selain itu, tentunya juga sangat terjangkau bila dilihat dari segi materi. Di sana kita tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Kebun binatang pula akan membuat rata-rata anak menjadi senang karena akan melihat banyak binatang yang beragam.

Ketika kita tinggal di kota besar, hal ini akan memudahkan untuk menuju ke sana. Biasanya kota besar mempunyai fasilitas kebun binatang yang menjadi andalannya.

Di kebun binatang ini tersedia fasilitas dan tentunya tidak akan membosankan untuk si anak. Selain melihat berbagai binatang yang unik dan jarang anak lihat secara langsung, di kebun binatang juga biasanya ada fasilitas museum. Di museum tersebut tentunya masih berhubungan dengan binatang.

Selain itu, ada juga fasilitas hewan tunggang yang dapat mengenalkan anak pada hewan secara langsung. Ada hewan tunggang kuda, gajah, ataupun unta. Tidak hanya itu, di kebun binatang pula suka ada fasilitas bercengkrama dengan hewan, seperti dengan orang utan, burung, atau ular. Ketika sudah dekat seperti itu maka akan lebih bagus jika dimasukkan dalam sebuah foto untuk kenang-kenangan.

• Rumah nenek

Berlibur Tidak Harus Mahal. Datanglah Ke Sini 2

Berlibur ke rumah nenek rupanya seperti yang sering dibahasa dalam pelajaran Bahasa Indonesia di sekolah. Namun ternyata berlibur ke rumah nenek bisa memberikan banyak manfaat untuk anak. Manfaat tersebut berupa pengenalan silaturahmi sejak dini kepada anak, mengenal dunia luar selama di perjalanan, dan melatih kekuatan anak dalam bepergian.

Lantas, bagaimana jika rumah nenek berada di luar kota yang bisa membutuhkan biaya cukup banyak? Tentu hal ini bisa disesuaikan kembali dengan kemampuan kita dalam hal materi. Hanya jika mempunyai materi berlebih, tidak ada salahnya berlibur ke sana. Dijamin sang anak akan menyukainya.

• Museum

Berlibur Tidak Harus Mahal. Datanglah Ke Sini 3

Ketika menyebut nama museum, pikiran kita tentu akan langsung tertuju kepada sejarah. Namun bagaimana dengan anak kita? Apakah dia sudah mengerti dengan sejarah? Terlepas dari sudah atau belumnya anak mengenal dengan sejarah, rasanya sangat perlu kita mengajak mereka ke sana. Banyak manfaat yang bisa didapat ketika mengunjungi museum.

Dengan pergi ke museum, anak akan diajak untuk melihat banyak benda yang belum pernah dia lihat sebelumnya. Contohnya untuk museum Geologi di Bandung, di sana akan tersaji banyak kerangka fosil dinosaurus, termasuk dengan Tyrannosaurus Rex yang pasti sudah dikenal anak. Selain koleksi fosil dinosaurusnya, museum Geologi juga memiliki banyak koleksi lainnya, seperti kondisi alam geologi Indonesia, peralatan geologi, beragam jenis batuan, fosil manusia purba, dan lainnya.

Selain museum Geologi yang ada di Bandung, masih banyak museum-museum lainnya di Indonesia, seperti museum Mulawarman di Tenggarong Kalimantan Timur, museum Seni Rupa dan Keramik di Jakarta, museum Konfrensi Asia Afrika di Bandung, museum Kartun di Bali, dan tentunya masih banyak lagi.

• Taman bermain terbuka

Berlibur Tidak Harus Mahal. Datanglah Ke Sini 6

Anak-anak tentu sangat menggemari jika sudah bisa menemukan arena permainan. Arena permainan tersebut tentu banyak yang bisa didatangi, seperti di pusat perbelanjaan. Di sana ada banyak konsep arena bermain, seperti melatih ketangkasan atau daya kognitif. Namun tahukah kita bahwa dengan mengajak anak ke taman bermain akan ada banyak manfaat yang bisa didapat?

Taman bermain terbuka yang diperuntukkan untuk anak bisa dimiliki oleh berbagai wilayah. Adanya tempat tersebut tentu atas peran serta dari pemerintah setempat pula. Dengan bermain di taman terbuka, seperti yang disitat dari Kompas manfaat yang bisa didapat anak adalah berperlikau jauh lebih baik, bisa bekerja dalam tim, lebih banyak bergerak, meningkatkan kemampuan belajar, dan bisa membuat lebih bergembira.

Tidaklah sulit untuk mendatangi arena taman bermain terbuka ini. Selain tentunya sangat minim uang yang dikeluarkan, juga ramah lingkungan dan dekat dengan rumah. Namun jikalau harus mengeluarkan uang dengan mengunjungi yang jauh dari rumah, tidak masalah karena anak akan merasa senang.

• Pameran

Berlibur Tidak Harus Mahal. Datanglah Ke Sini 5

Pameran biasa diselenggarakan untuk mengenalkan produk yang dikeluarkan oleh pabrik. Pameran pun biasanya akan rutin digelar, bisa setiap tahun seperti Pekan Raya Jakarta atau yang enam bulan sekali seperti pameran buku. Setiap pameran rata-rata bisa dikunjungi siapa saja, termasuk anak-anak. Keunggulan lainnya, pameran tersebut tidaklah mahal karena jika dipungut tiket masuk, sangat terjangkau.
Berlibur bersama anak ke pameran tentu akan sangat bermanfaat.

Contohnya ketika ada pameran buku, ribuan buku tersaji di sana. Anak akan dilatih untuk gemar membaca sejak dini. Untuk pameran komputer, anak juga akan dilatih untuk berkenalan dengan perangkat elektronik yang pintar ini. Begitu juga dengan pameran-pameran lainnya.

• Toko buku

Berlibur Tidak Harus Mahal. Datanglah Ke Sini 4

Rasanya untuk berlibur yang sangat hemat dan tentunya bisa bermanfaat yang sangat besar adalah dengan mengunjungi toko buku. Seperti halnya pameran, toko buku menyajikan banyak judul buku. Namun jika pameran harus menunggu waktu terselenggaranya, toko buku bisa didatangi setiap saat.

Kehadiran toko buku rupanya tersebar luas di berbagai wilayah, baik di kota besar ataupun kecil. Ayah dapat berlama-lama mengajak anak ke toko buku. Hal ini sekaligus mengenalkan anak agar gemar membaca. Dengan banyak membaca, selain bermanfaat untuk otak anak, juga akan menambah banyak wawasan. Membaca tidak akan memberikan efek yang negatif, selama yang dibacanya itu baik dan bermanfaat. Jika bisa, rutinkanlah mengajaknya ke sana.

Setelah dilihat-lihat, ternyata berlibur tidak harus menguras biaya yang sangat banyak, bukan. Masih banyak tempat yang asyik untuk berlibur bersama anak. Selain itu, tentunya sangat bermanfaat untuk anak tersebut. Selamat berlibur yang cerdas.