Banyak pasti yang setuju bahwa masa-masa di bangku kuliah adalah masa-masa paling penuh warna di dalam hidup. Ibarat kehidupan adalah sebuah buku, bab kuliah adalah bab yang paling berisi dengan ragam warna ragam cerita.

Sebuah fase dalam kehidupan manusia, yang berisi tentang proses, perubahan, tahapan menuju kedewasaan.

Dalam menjalani fase ini, rupa-rupa sensasi perasaan bercampuraduk. Mereka bisa jadi hadir untuk yang pertama kalinya. Kenakalan-kenakalan menuju pendewasaan semakin melengkapi, mengindahkan.

Di antara kelakuan-kelakuan itu, semuanya pasti ngangenin. Kenangan-kenangan, kekonyolan yang absurd menjadi hal yang paling dirindukan ketika jauh masanya berpisah dari bangku kuliah.

Apa aja kira-kira hal yang ngangenin yang hanya bisa kamu lakukan waktu kuliah?!

1. Nongkrong Ramai-ramai di Mini Market Sampe Malem

students-at-cafe

Anak gaul mini market. [education.uky.edu]

Hal ini biasanya dilakukan setelah beres berkegiatan di kampus yang memang sering hingga malam hari. Dengan sisa-sisa tenaga, berbekal kelelahan beraktivitas, halaman depan sebuah mini market jadi tempat paling sensual untuk melabuhkan lelah.

Jajan minuman ringan dan makanan ringan kemudian duduk-duduk hingga larut malam di sana sudah terhitung sebagai istirahat. Mulai kembali ke kostan masing-masing setelah mendekati dini hari atau mendekati pagi.

Dan ini, nongkrong di depan mini market sampai berjamur ini hanya bisa kamu lakukan di bangku kuliah. Ini hanya asyik dilakukan dengan teman-teman kampus. Dengan nuansa dan kebebasan khas mahasiswa.

2. Makan Ramai-ramai Satu Piring

yobelly

Makan keroyokan. [cravedfw.com]

Tanggal mulai merangkak tua, uang untuk hidup mulai menipis setipis-tipisnya. Tapi, bukan anak kost kalau gak punya akal. Makan di piring, kadang di kertas nasi, ramai-ramai dengan lauk seadanya menjadi jalan keluar kemudian.

Biasanya, masing-masing patungan uang receh yang ada di dompetnya. Uang hasil patungan bisa dibelikan makanan lalu disantap bareng-bareng.

Meski dengan lauk seadanya, “ritual” makan seperti itu membuat makan terasa nikmat. Kamu dan teman-teman merasa senasib sepenanggungan, dan itu lah membuat hubungan antara pertemanan menjadi lebih hangat dan mesra.

3. Tidur Desak-desakan di Satu Kamar Kostan

Menjadi anak kuliah perantauan kamu sekaligus menyandang predikat sebagai anak kost. Hidup di kostan-kostan, dengan kelebihan dan kekurangannya pasti bisa membuatmu rindu. Termasuk ketika harus tidur desak-desakan dalam satu kamar dengan teman.

Ruangan yang sempit, tidak menghalangi keseruan. Kehangatan tercipta dengan sendirinya. Dan ini, tentu saja sulit dilakukan ketika kamu tidak lagi berstatus sebagai mahasiswa, sebagai anak kost.

4. Nitip Absen

Dengan berbagai alasan akhirnya kamu terpaksa gak masuk kelas. Dan nitip absen adalah hal lumrah. Seolah menjadi jalan keluar. Bersyukur kalau dosen gak pernah iseng absen, kalau iya?! Tapi, kenakalan itu pasti juga bisa membuatmu rindu. “Eh, nitip absen dong!”

5. Merasa Keren Pakai Almamater

almamater

Pakai alma mater kebanggaan. [blogs.unpad.ac.id]

Akui saja menggunakan almamater kampus, pasti membuatmu bangga. Iya, kan?!

Meski sedikit yang mengakui, tapi sesungguhnya mengenakan jas almamater di acara-acara tertentu menjadi salah satu hal yang kamu rindukan. Sensasi “menjadi” mahasiswa sesungguhnya terasa ketika kamu mengenakan jas kebanggan kampus. Admit it!

6. Jajan Jajanan Kampus

Setiap kampus pasti punya jajanan yang khas, yang tidak bisa didapatkan di tempat lain.

Dan inilah yang membuatmu rindu. Jajanannya yang khas dan unik, yang bisa membawamu pada kejadian-kejadian dan kenangan yang lalu, yang kamu nikmati bersama teman-teman di zaman kuliah. Betapa ngangeninnya masa-masa itu. Isn’t it?!