Kata siapa jomblo itu menderita? Justru banyak hal menyenangkan yang bisa dilakuin pas jomblo. Contohnya, bisa bebas pergi kemana aja. Bebas mau deket sama siapa juga. Bebas ngelakuin hal-hal yang kita suka. Pokoknya serba bebas deh.

salam jomblo
Salam jomblo | Foto : www.kaskus.co.id

Bebas bukan berarti tanpa aturan. Apalagi dalam bertingkah, harus bisa jaga sikap. Jangan sampai melakukan hal-hal yang justru menurunkan imej kamu. Apa aja? Nih, 5 larangan untuk para jomblo!

1. Gampang Bilang Iya

cinta
Cinta | Foto : inet.detik.com

Gampang bilang iya buat hal-hal yang positif itu bagus. Tapi kalau gampang bilang iya kalau ditembak sama cowok, ini nih yang bahaya. Jangan sampe kelamaan nge-jomblo buat kamu asal terima aja cowok yang nembak. Padahal hati sama sekali enggak ada rasa.

Putus
Putus | Foto : tukangkuriak.blogspot.com

Inget loh, segala sesuatu yang diawali dengan keterpaksaan, nantinya enggak akan lama. Pas awal jadian bisa aja mikir, “sekarang sih emang enggak sayang, tapi siapa tau nanti bisa timbul sayang”. Emang sih, kita enggak pernah tau gimana kedepannya, bisa aja timbul suka atau malah sayang gitu. Tapi kalau ternyata udah dijalanin malah enggak klop, akhir-akhirnya juga nyesel.

Nah, kalau udah kayak gini mau gimana coba? Tuh kan, daripada endingnya nyesel, mending dari awal selektif deh milih pacar. Kalau kamu gampang banget bilang iya, kesannya enggak ada pilihan lain gitu. Atau kesannya karena kelamaan jomblo, jadi takut disangka enggak laku.

2. Jutek

Jutek
Jutek | Foto : www.kaskus.co.id

Iya bagus sih jaga imej depan cowok. Tapi bukan berarti jutek kalau ketemu cowok. Sifat jutek itu bikin cowok-cowok takut buat deketin kamu. Justru kamu harus bisa bersikap ramah. Karena biasanya, cowok itu suka sama cewek-cewek yang ramah. Menurut cowok, cewek yang ramah itu enak diajak ngobrol. Dan kalau obrolan udah nyambung kan gampang, tinggal PDKT terus jadian. Iya enggak?

3. Tatapan Sinis

Tatapan Sinis
Tatapan Sinis | Foto : haikaladlan.wordpress.com

Ini nih yang biasanya terjadi, kalau jomblo liat ada pasangan yang mesra-mesraan di tempat umum. Misalnya lagi jalan-jalan di mall, terus pas naik lift di depan kita ada yang pacaran nih. Yang namanya pacaran, wajarlah kalau pegangan tangan. Cuma enggak tau kenapa, reflek aja gitu, tatapan kita ke pasangan itu sinisnya banget-banget deh.

Kalau udah kayak gini sih, bisa ketebak, kalau kita lagi jealous sama pasangan romantic di depan. Iya kan? Atau mungkin jealous sih enggak, cuma risih aja liatnya. Risih liat mesra-mesraan di depan umum. Iya wajar lah risih, soalnya ngiri enggak bisa pegangan tangan sama pasangan.

Cemburu
Cemburu | Foto: hedisasrawan.blogspot.com

 

Iya risih enggak apa-apa sih, tapi harus bisa control diri. Jangan sampe pasangan di depan sadar sama tatapan sinis kamu, terus bentak-bentak kamu. Kan enggak lucu kalau ampe kayak gitu.

Bukan cuma itu, kamu juga harus sadar kalau di tempat itu gerak-gerik kita bisa diliat sama siapa aja. Nah, kalau ada cowok yang liat kayak gitu kan malu? Meskipun jomblo, tapi harus elegan dong. Enggak boleh keliatan ngebet pengen punya pacar.

4. Mellow Akut

melow
Mellow | Foto : heartsfile.com

Mellow ibarat penyakit yang udah mendarah daging di diri para jomblo. Padahal kan enggak semua jomblo itu menderita atau mellow. Ada juga kok jomblo-jomblo yang bahagia ngejalanin hari-harinya tanpa pasangan. Meskipun, emang sih lebih banyak jomblo yang mellow daripada bahagia.

Kalau pun emang lebih banyak yang mellow, bukan berarti jomblo itu identik sama mellow. Sebenernya tuh yang bikin mellow bukan status “jomblo”, tapi diri kita sendiri. Kok gitu? Iya gini deh, coba kamu pikir, punya pacar enggak jadi jaminan kita bakal bahagia kan. Malah kalau pacaran itu harus ekstra kuat hatinya, tiap hari pasti aja ada berantem-berantem kecil sama si pacar.

bahagia
Bahagia | Foto : pinkylittleliar.wordpress.com

Nah, sebaliknya kalau jomblo kan enggak usah ribet mikirin pacar. Enggak ada tuh rasa cemburu liat dia deket cewek lain. Enggak pernah ngerasa kesel, karena sms enggak dibales. Pokoknya terbebas dari beragam hal yang bikin bt deh. Jadi masih betah mellow-melow terus? Ngapain sih mellow, mending nikmatin aja waktu yang ada. Iya kan?

5. Apa Adanya

apa adanya
Apa Adanya | Foto : www.youtube.com

Tampil apa adanya sih emang bagus. Itu nunjukin bahwa kamu nyaman dengan apa ada diri kamu. Tapi bukan berarti kamu juga bisa tampil seadanya. “Seadanya” sama “apa adanya” itu hampir mirip, tapi beda. Kalau apa adanya, berarti tampil natural. Tapi kalau seadanya, berarti tampil ala kadarnya.

Nah, kalau kamu aja males jaga penampilan, gimana cowok-cowok mau tertarik. Meskipun banyak yang bilang, cover enggak penting, yang penting itu hatinya. Tapi coba deh buka mata lebar-lebar, gimana pun yang diliat pertama itu pasti penampilan.

Casual
Casual | Foto : elizahapsari93.blogspot.com

Dan penampilan itu jadi penilaian paling pertama dimata cowok. Karena pada umumnya juga, dari mata turun ke hati. Gimana mau tertarik, kalau penampilannya aja acak-acakan. Catet nih penting, cowok itu liat cewek dari penampilannya. Penampilan disini bukan cantiknya, tapi dari cara berpakaiannya.

Iya cowok itu pinter buat nilai cewek dari pakaiannya. Misalkan kalau ada cewek malem-malem yang pake rok mini terus naik motor dempet tiga, berarti itu cewek cabe-cabean. Dan cewek cabe-cabean itu identik “nakal”.  Jadi, otomatis cowok-cowok baik enggak mungkin lah tertarik sama cewek-cewek yang penampilannya kayak gitu.

Tampil Cantik
Tampil Cantik | Foto : elizahapsari93.blogspot.com

 

Jadi kalau mau pergi ke luar rumah, semales apapun kamu dandan, paling tidak usahakan untuk terlihat menarik. Menarik itu enggak perlu pakai bedak tebel atau bulu mata kok, cukup pake pakaian yang enak diliat. Itu aja udah cukup kok.

Mulai dari sekarang, coba deh jadi jojoba (jomblo-jomblo bahagia). Toh jomblo juga enggak buat kita mati kan? Tenang aja, semua kan indah pada waktunya.