Bagi anak kost, hemat itu bukan prinsip hidup, tapi sudah menjadi keharusan. Mau tidak mau, mereka harus berhemat setiap harinya. Dan bisa jadi, berhemat menjadi sebuah beban berat bagi para anak kost. Bagaimana caranya berhemat, padahal ada banyak hal yang menggoda?

tips hemat ala anak kost

Tak perlu khawatir, ada tips-tips mudah berhemat ala anak kost. Apa saja tipsnya? Berikut ini, 7 tips hemat ala anak kost.

1. Belanja Kebutuhan Bulanan

belanja bulanan

Mau isi dompet aman sampai akhir bulan? Ya mau enggak mau harus hemat. Contohnya hemat pas belanja kebutuhan bulanan. Belanja kebutuhan bulanan jadi prioritas utama pas baru dapet uang. Kenapa? Soalnya kalau belanjanya dinanti-nanti, keburu abis uangnya.

daftar belanja

Nah, pas belanja kebutuhan bulanan, usahain beli yang penting-penting aja. Biar lebih gampang, dari rumah buat dulu list belanjaannya. Misalnya beli peralatan mandi, persediaan makanan (mie 1 dus dan telor). Kalau udah ada list belanjanya kamu udah bisa ngira-ngira, berapa uang yang harus dibawa. Kalau kayak gitu, dijamin deh enggak akan gila belanja.

2. Bawa Uang Secukupnya

uang

Kebanyakan orang lebih suka membawa uang lebih ketika bepergian. Begitu pula halnya anak kost. Tak jarang anak kost membawa uang tunai yang berlebihan. Sebenarnya sih enggak masalah mau bawa uang berapa pun juga, toh itu uang sendiri. Tapi yang jadi masalah disini, kalau punya uang banyak, tangan pasti ‘gatel’ buat beli sesuatu. Kalau udah gitu, jangan harap buat berhemat yang ada malah dompet makin tipis aja.

3. Ngedate di Rumah

ngedate

Jadi anak kost enggak usah gaya-gaya ngajak pacar jalan ke mall, makan di restoran atau nonton di bioskop. Tahu diri deh sama kondisi keuangan yang serba pas-pasan. Lagian juga si doi pasti ngerti kok resikonya pacaran sama anak kost kayak gimana. Jadian sama anak kost tuh harus serba sederhana. Bukan sederhana karena enggak mau foya-foya, tapi emang harus ngirit sih.

camer

Mending buang deh jauh-jauh perasaan gengsi itu. Toh pacaran itu enggak harus di tempat yang wah. Yang penting itu bukan tempatnya, tapi momennya. Ngedate di rumah pacar juga asyik kok. Selain hemat pengeluaran dan makan gratis, kamu juga bisa lebih deket sama ortunya alias camer. Bener kan?

4. Makan

makan

Coba lihat hadist rasululluh yang bunyinya, “Makanlah kamu sebelum lapar, dan berhentilah sebelum kenyang.” Kayaknya hadist yang satu ini bisa jadi salah satu motivasi anak kost buat penghematan makan. Soalnya, kebanyakan dari kita tuh enggak bisa berhenti ngunyah kalau belum kenyang. Iya kan? Nah, kalau jadi anak kost harus ekstra kuat buat nahan diri dari makanan-makanan yang menggoda.

makan anak kos

Terus sebagai anak kost, kita juga harus mensyukuri apa yang ada. Kalau cuma ada mie instan sama telor, ya syukuri aja. Coba aja lihat orang-orang diluar sana, mereka harus ngubek-ngubek dulu tempat sampah buat makan. Mereka rela makan makanan sisa yang kotor bahkan busuk buat ngisi perut. Jadi bisa dibilang, kita masih jauh lebih beruntung dari mereka.

5. Numpang Akses Internet Gratis

wifi gratis

Buat yang satu ini, kayaknya udah jadi kebiasaan anak kost deh. Awalnya sih numpang akses internet gratis tuh cuma buat beresin tugas kuliah. Tapi lama kelamaan justru jadi rutinitas sehari-hari. Entah numpang akses internet buat tugas atau sekadar online media sosial.

Terus dimana kita bisa numpang akses internet gratis? Sekarang di tempat-tempat makan, wifi gratis udah jadi fasilitas wajib. Apalagi kalau di café, tempatnya anak-anak muda nongkrong, pasti ada deh wifi gratis. Eh tapi kalau numpang internetnya di café berarti harus ngeluarin budget juga dong? Enggak mungkin kan masuk café, tapi enggak pesen makan atau minum?

wifi

Eits, jangan khawatir, sekarang banyak kok tempat-tempat santai yang ada wifi gratisnya. Kalau buat warga Bandung enak, sekarang di taman-taman udah tersedia Wifi gratis, misalnya di taman jomblo, taman lansia, dan taman-taman lainnya. Jadi tinggal pilih aja, mau numpang akses internetan gratis dimana?

6. Anti Rokok

anti rokok

Tips yang satu ini pas banget buat kamu-kamu yang suka ngeroko. Iya, rokok jadi salah satu godaan paling berat buat anak kost. Bagi cowok, mending enggak makan nasi deh, daripada enggak ketemu rokok. Jadi bisa dibilang, rokok itu jadi menu wajib buat cowok (cowok perokok).

Tanpa kita sadari, justru rokoklah biang keladi yang buat kita boros. Enggak percaya? Coba deh hitung, pengeluaran tiap harinya. Dijamin deh, nominal yang paling gede tuh adalah rokok. Jadi mending jauh-jauh deh dari yang namanya rokok. Terus gimana caranya berhenti ngerokok?

stop rokok

Rokok itu bikin ketagihan, enggak heran kalau harus kuat dari godaan. Mungkin awalnya susah, tapi lama-lama juga terbiasa. Langkah awal mungkin enggak bisa langsung bisa tahan ngerokok. Mulailah dengan mengurangi rokok perharinya. Misalnya dulu satu bungkus perhari, nah sekarang coba perhari cukup 3 batang saja. Kalau sudah terbiasa lama-lama juga bisa terbebas dari rokok.

7. Stay Cool di Rumah

santai

Di usia remaja, pasti lebih suka menghabiskan waktu di luar rumah. Misalnya nongkrong-nongkrong di mall, café atau mungkin cuma ngobrol santai di kantin kampus. Nah, buat anak kost mending cari aman aja, stay cool di rumah. Tapi bukan berarti anak kost enggak boleh nongkrong-nongkrong. Boleh aja sih, tapi kali-kali. Soalnya kalau keseringan juga bahaya, bisa-bisa isi dompet tinggal recehan aja. Mending recehan, nah kalau kosong gimana coba?

Dari 7 tips hemat ala anak kost di atas, sebenarnya yang terpenting itu prakteknya. Karena sebenernya, orang-orang udah tahu cara berhemat, tapi males buat prakteknya. Hemat enggak susah kok, asalkan ada kemauan.