Jalan dengan pasangan, konon harus berbekal dompet yang tebal. Makan, nonton, jalan, jajan, semuanya perlu uang. Terutama jika kamu memang sedang berusaha untuk mengesankan pasangan. Biasanya, hal ini terjadi di awal-awal hubungan. Saat semuanya serba manis.

Gak ada yang salah dengan itu. Kamu mungkin punya cara sendiri atau cara pandang sendiri untuk menyenangkan pasangan.

Salah satunya adalah memanjakannya dengan hal-hal menyenangkan yang cenderung memakan dana cukup besar. Tapi, masalahnya adalah bagaimana jika dana yang kamu punya tidak terlalu besar? Akankah kencan tetap berjalan menyenangkan?

1. Makan di Rumah

dinnerhome

Ada yang salah dengan makan di rumah? Makan masakan rumah untuk kencanmu, apakah mengerikan?! Jangan berlebihan! Akan lebih mengerikan kalau kamu kehabisan uang untuk bayar makan di luar.

Kalau kamu wanita, coba tawarkan pasanganmu makan di rumah. Katakan padanya bahwa kamu sedang mencoba resep baru dan ingin minta pendapatnya. Pasanganmu pasti akan senang. Selain menghemat uang, mencicipi masakanmu pasti sebuah kebahagiaan untuknya. Apalagi bertemu dengan kedua orangtuamu.

Tapi, ingat, usahakan semua masakan dibuat olehmu sendiri. Jangan membuat repot mamamu. Usahamu yang seperti ini, selain akan mengesankan pasanganmu, juga akan mengesankan kedua orangtuamu.

Pasanganmu juga akan mendapat respon yang baik karena bisa “mengubah” puteri cantik mereka menjadi wanita dewasa.

Kamu tidak perlu masak makanan yang membutuhkan waktu, bahan dan bumbu yang ribet. Rendang? Jangan! Ayam goreng ide yang bagus. Atau Udang Asam Manis. Membuatnya mudah, tapi rasa dan kesannya pasti luar biasa.

2. Cari Tiket Nonton yang Murah

Di kotamu tiap-tiap bioskop pasti memasang tarif yang beda. Meski bedanya tidak terlalu signifikan, tidak ada salahnya memilih tiket nonton yang lebih murah. Lagi pula secara kualitas, kenyamanan tempat nonton juga tidak terlalu berbeda, kan?

Pernah nonton di hari Senin?! Nah! Kalau belum, kenapa tidak mencoba nonton di hari Senin?! Setelah kesumpekan dan unmood yang biasanya meraja di hari Senin, coba segarkan dengan menonton. Tiket bioskop di hari Senin biasanya jauh lebih murah dibanding hari-hari lain.

3. Manfaatkan Voucher

Sekarang ini, banyak sekali kuis-kuis seru bertebaran di media sosial. Kuis dengan hadiah voucher nonton atau makan menjadi salah satunya. Manfaatkan kesempatan itu! Gengsi? Ah. Sebaiknya jangan jika ingin dompetmu dalam status cukup aman.

4. Jangan Pesan Makanan Pembuka

Jika, pada akhirnya harus makan di luar, siasati dengan tidak sekaligus memesan makanan pembuka. Kamu bisa cemil-cemil cantik sebelum makan di rumah atau di jalan.

Tidak melulu harus memesannya di restoran. Tidak memesan makanan pembuka, bisa lumayan menghemat biaya pengeluaran untuk kencanmu.

5. Pesan Air Putih (Saja)

Sama seperti point nomer 4, usaha selanjutnya yang bisa membantu mengamankan sedikit isi dompetmu adalah pesan air putih saja ketika makan. Jika biasanya kamu memesan jus buah atau apa pun, kali ini coba pesan air putih. Eh, air putih lebih sehat lho! Sehat buat kesehatan dan sehat buat dompet.

6. Tidak Perlu Memesan Makanan Penutup

Kasusnya sama, jika terpaksa harus makan di restoran, kamu gak perlu pesan makanan penutup atau dessert. Makanan penutup sebenarnya tidak begitu dibutuhkan tubuh. Asupan gula yang masuk ke dalam tubuh setelah makanan utama, tidak baik bagi kesehatanmu dan pasangan.

7. Pergi ke Tempat yang Free Entry

Banyak sekali acara-acara yang free entry di akhir minggu. Nah, kamu bisa memanfaatkan ini untuk mengajak pasanganmu berkencan. Seperti pameran lukisan, pentas musik di kampus-kampus, dan lainnya. Di sana, kamu gak perlu mengeluarkan uang untuk membeli tiket.

8. Nonton Film di Rumah atau di Kostan

Ingin nonton film tapi sedang akhir bulan? Ini menjadi masalah tersendiri buat kamu yang masih kuliah. Siasatnya adalah sewa beberapa film, lalu tonton di kostan. Selain hemat, kamu dan pasangan akan lebih dekat.

home

Selama nonton, kamu juga bisa bebas berdiskusi mengenai jalannya film itu. Kamu boleh berisik selama nonton, kamu boleh pause sehendak hati ketika ingin pergi ke toilet. Dan yang paling asyik, kamu bisa nonton sambil tiduran.

9. Jalan di Taman Kota

Gak penting jalan ke mana, yang penting adalah sama siapa?! Bener gak? Itu! Jalan-jalan di taman kota, beli cemilan harga Rp 10.000 buat berdua, duduk santai di bangkunya, membicarakan hal apa pun yang diselingi dengan cerita-cerita lucu adalah kebahagiaan yang sederhana.

Berada di tengah taman kota, bertemu banyak orang, melihat banyaknya tanaman adalah keasyikan sendiri yang gak bisa kamu dapat di bioskop atau mall-mall. Udara segar dari dedaunan yang ada di sana juga bisa membantu menyegarkan tubuhmu.

10. Lari Pagi Bersama

run

Emangnya gak bosen, setiap kencan yang disasar selalu bioskop atau tempat makan?! Bosen sih ya harusnya. Lalu, kenapa gak coba untuk lari pagi bersama?! Coba agendakan minggu ini!

Belakangan sedang hits CFD, kenapa gak coba itu?! Sesekali hubunganmu butuh nuansa baru. Dan olahraga, selain menyehatkan badan juga bisa menyehatkan hubungan.

11. Bersepeda Bersama

Jika kesulitan untuk lari, bersepeda saja! Bersepeda berdua, bersisian, bicara di atas sepeda, bercanda di atas sepeda, pasti menyenangkan.

sepeda bareng

Untuk lebih seru, kamu bisa buat semacam lomba balap sepeda, siapa juaranya dia akan memenangkan reward. Rewardnya gak harus mahal, cukup pijitin kaki karena pegal, atau bayarin sarapan. Hal-hal sederhana ini, gak akan membuat dompetmu kewalahan.

12. Berenang Bersama

Setelah lari dan bersepeda, kenapa tidak ajak pasanganmu berenang bersama?! Biaya masuk ke kolam renang umum cukup murah kok. Kamu bisa hemat sekaligus sehat. Bermain air dengan pasangan, pasti jadi pengalaman baru yang menyenangkan.

13. Di Rumah Lebih Seru

Buat kamu, cowok-cowok yang kelabakan karena waktunya kencan tapi dana tidak memungkinkan, bisa coba tips ini, tawarkan dirimu untuk main ke rumah pasangan.

kencan di rumah

Katakan bahwa kamu ingin lebih dekat dengan keluarganya. Kenalan dengan bapak serta ibunya. Dia pasti akan senang. Selain menghemat, kamu juga, ya itu, bisa lebih dekat dengan kehidupannya.

Bawa martabak atau roti bakar atau buah-buahan untuk keluarganya. Nilai kamu di mata kedua orangtua pasanganmu pasti langsung kekatrol. Ngobrol di teras dengan pasangan, akan terasa menyenangkan.

14. Kencan Lewat Sms

Point utama dari sebuah kencan adalah ngobrol. Membicarakan apa pun, berdua. Kalau memang, uangmu membuat kamu tidak bisa beranjak barang selangkah pun dari kostan atau rumah, utus teksmu untuk mengencani pasanganmu.

Ngobrol di sms atau sarana lainnya akan menyenangkan. Lagipula, terlalu sering bertemu, bisa membuat masing-masing merasa bosan.

Karena itu, kencan kali ini, gimana kalau lewat sms saja?! Coba buat tulisan-tulisan indah berupa puisi untuk pasanganmu. Dia pasti akan sangat menyukainya. Atau buat percakapan-percakapan yang lucu dan tak terduga. Dalam hal ini, kreativitasmu memang diuji.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar kencanmu berhasil meski tanpa dana yang besar. Yang lebih penting dari ini semua adalah kebersamaan dan kehangatannya. Jika dua hal itu bisa didapatkan dengan melakukan hal-hal sederhana, kenapa enggak?!