Pasti banyak orang yang kena tipu sama judul artikelnya. Iya, jamin deh orang-orang mungkin heran, masa sih makanan bisa naik motor? Tapi kenyataannya emang bisa kok.

Tenang aja, ini sama sekali enggak ada kaitannya sama hal-hal mistik kok. Karena yang kita lagi bahas tuh bukan makanan yang bisa naik motor, tapi makanan yang dijual di motor. Apa aja?

1. Bubur Ayam

bubur

Bubur ayam merupakan salah satu menu pilihan yang enak untuk disantap pagi hari alias sarapan. Bubur ayam bisa dibilang olehan nasi yang teksturnya lembut. Makanan yang satu ini lebih enak disantap saat masih hangat. Biasanya bubur ayam disajikan dengan taburan bawang goreng, kacang, cakue, ayam suwir, seledri, dan lain-lain.

bubur ayam

Kalau dulu, kita lebih sering lihat bubur ayam dijajakan dengan gerobak. Namun kini, ada juga penjual bubur ayam yang menggunakan motor. Iya kalau di gang-gang sempit, mungkin masih jarang penjual bubur menggunakan motor. Tapi kalau di kompleks  perumahan, ini udah jadi pemandangan sehari-hari. Bisa dibilang hhampir semua makanan dijajakan menggunakan motor, termasuk bubur ayam.

2. Bakso

baso

 

Bagi orang Indonesia, bakso menjadi salah satu jajanan favorit. Bakso adalah olahan dari daging sapi atau ayam yang dibentuk bulat. Meski ada beberapa penjual yang memodifikasi bentuknya menjadi kotak atau hati. Bakso juga enak disantap selagi hangat. Menyantap bakso tak pernah ada batasan waktu, pagi , siang, sore atau malam, tetap saja nikmat.

bakso

Biasanya bakso disajikan bersama mie kuning, bihun, tahu, dan siomay. Selain itu, juga ditambahkan dengan sayuran berupa taoge dan sawi hijau. Disantap bening atau ditambah saus, kecap, sambal, bebas pilih saja sesuai selera.

Nah, sama halnya seperti bubur ayam, sekarang juga sudah bertaburan penjual bakso menggunakan motor. Jika penjual bubur ayam menggunakan motor hanya di kompleks perumahan, tidak begitu halnya dengan penjual bakso. Kini penjual bakso bisa dengan mudah kita temui, bahkan di gang-gang yang sempit.

3. Sayur

sayuran

Sayur itu banyak jenisnya. Misalnya bayam, kangkung, wortel, kacang panjang, buncis, dan lain-lain. kehadiran tukang sayur keliling menjadi suatu kebahagiaan bagi ibu rumah tangga. Kenapa? Dengan adanya tukang sayur keliling berarti ibu-ibu tidak perlu jauh-jauh datang ke pasar atau supermarket untuk berbelanja sayur. Jadi, selain menghemat waktu, juga meminimalisir biaya belanja.

sayur

Dan sekarang, tukang sayur hadir dengan tampilan yang lebih menarik. Iya, sekarang sayuran dijajakan menggunakan motor. Kenapa? Karena penggunaan motor dirasa lebih efisien dibandingkan gerobak. Meskipun harus ada pengeluaran tambahan untuk bensin.

4. Roti

roti tawar

Roti merupakan salah satu jenis makanan yang cocok untuk sarapan atau pengganjal perut di saat lapar. Roti dijual dengan berbagai varian rasa. Ada roti tawar polos, strawberry, cokelat, blueberry, keju, dan lain-lain. Kalau roti tawar bisa disantap dengan mengoleskan mentega dan selai (cokelat atau strawberry). Atau bisa juga dengan menyantap roti ditemani dengan kopi, teh atau susu.

roti

Pemasaran roti sangat luas, di pasar, supermarket, bahkan warung. Dan ada juga penjual roti keliling. Biasanya roti-roti yang ditawarkan merknya ternama, seperti sari roti. Penjual roti juga kini mulai memanfaatkan motor sebagai alat transportasinya. Tujuannya agar pemasaran roti lebih luas lagi.

5. Tahu Gejrot

tahu

Makanan lainnya yang dijajakan dengan motor adalah tahu gejrot. Apa itu tahu gejrot? Tahu gejrot merupakan salah satu kuliner khas dari Cirebon. Bahan utama dari tahu gejrot sendiri adalah tahu sumedang. Lalu, apa bedanya tahu sumedang dengan olahan tahu gejrot? Bedanya, kalau tahu sumedang langsung dimakan dengan cabe rawit. Sementara tahu gejrot adalah tahu sumedang yang dipotong kecil-kecil lalu disiram dengan bumbu.

Tahu gejrot biasanya dijajakan dengan cara dipanggul. Namun sekarang, ada juga penjual tahu gejrot yang menjajakan menggunakan motor. Biasanya penjual tahu gejrot menggunakan motor lebih sering ditemui di kompleks. Tapi bila kesulitan mencari tahu gejrot keliling, tinggal buat saja.

tahu gejrot

Cara membuat tahu gejrot bisa dibilang cukup sederhana. Langkah pertama tahu Sumedang dipotong kecil-kecil. kemudian untuk bumbunya, haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan beri sedikit garam. Kemudian tumbuk kasar bawang merah, bawang putih, dan cabe rawit. Setelah itu, masak air , masukkan bumbu halus tadi dengan tambahan gyla merah dan garam.

Langkah terakhir, air tadi siramkan ke tahu yang sudah dipotong kecil-kecil. selanjutnya taburi tahu dengan bumbu yang ditumbuk kasar. Tak lupa beri taburan seledri dan bawang daun. Dan tahu gejrot siap dihidangkan.

6. Kerupuk

krupuk

 

Buat orang Indonesia, kerupuk ibarat pelengkap ketika makan. Mau makan bakso, bubur, soto, atau apapun itu, pasti lebih enak jika ada kerupuk. Jadi enggak heran, banyak orang yang tertarik buat berjualan kerupuk. Ya, kerupuk bisa kita temui dengan mudah. Entah di pasar, warung atau bahkan keliling.

kerupuk

Coba lihat di jalanan, kini ramai penjual kerupuk menggunakan motor. Kerupuk yang dijajakan pun beragam. Ada yang pedaa, ada juga yang asin. Harganya pun cukup terjangkau.

Sebenarnya masih banyak lagi makanan lain yang dijajakan menggunakan motor. Misalnya zupa-zupa, es krim, kupat tahu, ayam potong, dan lain-lain. Penggunaan motor saat berjualan dirasa lebih efisien. Lingkup area jualan juga semamin luas. Meskipun di sisi lain, harus ada buget khusus untuk bensin. Tapi tak apa, toh berjualan menggunakan motor membuat pendapatan semakin meningkat. Iya kan?