48 Family adalah sebutan untuk AKB48 dan sister grup lainnya seperti SKE48, NMB48, HKT48, JKT48, dan SNH48. Mereka adalah idol grup yang sangat terkenal di Jepang. Pasti semua orang di dunia yang suka dengan musik Jepang tahu tentang 48 Family.

Orang awam pun bisa tahu mereka karena punya keunikan tersendiri. AKB48 dan grup 48 lainnya punya member yang banyak jadi itu adalah identitas yang membuat mereka mudah dikenali. 48 family bisa dibilang grup musik terbesar di dunia karena terdiri atas 6 grup. Grup inti adalah AKB48, dan grup lainnya disebut sister grup.

 Mungkin ada yang belum tahu apa itu sister grup. Jadi sister grup itu adalah grup lain yang dibentuk oleh produser AKB48, Yasushi Akimoto dengan konsep yang sama. Jadi semacam cabang kalau dalam istilah franchise.

48 Grup Logo

Setiap sister grup diambil dari tempat yang berbeda. Ada SKE48 dari Sakae, Nagoya, NMB48 dari Namba, Osaka, HKT48 dari Hakata, Fukuoka, JKT48 dari Jakarta, dan SNH48 dari Shanghai. Jadi nama grupnya itu adalah singkatan dari kota dimana mereka didirikan.
Untuk mengenal mereka semua mari baca ulasannya di bawah ini.

AKB48

 

AKB48

Ini “kakak tertua” dari 48 Family, sudah dibentuk dari tahun 2005. AKB48 mempunyai perjuangan yang sangat luar biasa, sudah sejak 2005 didirikan tapi baru mulai terkenal tahun 2009 dengan lagunya yang berjudul “River”. Namun menjadi benar-benar terkenal sejak tahun 2010 dengan lagunya “Heavy Rotation”. Hampir semua orang awam yang bukan fans AKB48 tahu lagu ini.

AKB48 asalnya dari Akihabara di Tokyo. Berawal dari sebuah teater kecil di sebuah pusat perbelanjaan di Akihabara yang terkenal dengan berbagai barang unik sekarang menjelma sebagai idol grup yang sangat terkenal.

AKB Teater

Sejak tahun 2011 setelah merilis single Flying Get, semua single AKB48 selalu terjual sebanyak 1 juta kopi lebih pada hari pertama perilisannya. Oleh karena itu mereka dikatakan sebagai grup wanita dengan penjualan album terbanyak. Saat ini AKB48 sudah memiliki 15 generasi yang jumlah membernya sekitar 92 orang, itu hanya jumlah member AKB48.

Watanabe Mayu

Single terakhir yang sekarang segera akan dirilis adalah “Kokoro no Placard” dengan center Watanabe Mayu. Watanabe Mayu alias Mayuyu adalah center baru yang dipilih berdasarkan voting fans pada “Senbatsu Sousenkyou 2014” mengalahkan center sebelumnya, Sashihara Rino (member AKB48 yang ditransfer ke HKT48 karena skandal).

SKE48

 

SKE48

Ini sister grup pertama yang dibentuk, yaitu SKE48. Berasal dari Sunshine Sakae di Kota Nagoya ibukota Perfektrur Aichi. Grup ini didirikan sejak tahun 2008. Member yang paling terkenal di sini adalah W Matsui (dibaca double Matsui), yaitu Matsui Rena dan Matsui Jurina. Alasannya karena mereka berdua adalah double centre SKE48 dan member yang paling mudah dilihat fans karena letaknya yang paling depan ketika tampil.

Keduanya mempunyai karakter yang berbeda. Matsui Rena yang lahir tahun 1991 adalah orang yang pendiam dan dewasa. Tapi sekarang dia terlihat lebih percaya diri daripada dulu waktu SKE48 pertama didirikan. Sementara Matsui Jurina yang lahir tahun 1997 adalah anak yang sangat energik, dan percaya diri. Sejak pertama bergabung dengan SKE48, umurnya masih 11 tahun tapi sudah memiliki kepercayaan diri yang luar biasa.

W Matsui

Banyak yang suka dengan Jurina karena dia orangnya sangat menyenangkan. Ketika di panggung pun penampilannya selalu ceria dan energik. Dia salah satu dancer terbaik di SKE48. Oh ya SKE48 adalah sister grup yang member-membernyanya paling mahir menari. Sehingga koreografi mereka yang paling rumit dan enerjik dibandingkan koreo dari sister grup lainnya.

NMB48

NMB48

Selanjutnya ada NMB48 yang didirikan tahun 2010. Member terkenal di sini adalah Yamamoto Sayaka. Dia punya banyak talenta, seperti menyanyi dan bermain gitar. Suaranya paling bagus diantara member NMB48 yang lainnya sehingga oleh Aki-P (produser) dibuatkan beberapa lagu solo untuknya sambil memainkan gitar.

Sayaka Yamamoto

Dia juga adalah center NMB48 dan kapten team N. Dulu sebelum bergabung, dia adalah vokalis dan gitaris salah satu band rock. Pantas saja jika kemampuannya sangat baik dalam hal bermusik.

Sayanee Geinin

Keunikan dari NMB48 adalah ada beberapa member yang jago komedi. Namba terkenal dengan kota komedi karena banyak yang mahir komedi di sana. Bahkan beberapa komedian terkenal lahir di Namba. Ada member NMB48 yang pernah mengikuti kejuaraan komedi juga dan sempat melaju ke babak final.

HKT48

 

HKT48

HKT48 adalah sister grup terakhir yang ada di Jepang. Dibentuk pada tahun 2011 beberapa bulan sebelum JKT48 didirikan. Umur membernya adalah yang paling muda diantara sister grup lainnya, dengan rata-rata 13,8 tahun ketika pertama didirikan.

Nakomiku

Di sana ada satu orang member AKB48 yang dipindahkan ke HKT48 karena memiliki skandal percintaan. Pecinta musik Jepang pasti tahu bahwa idol grup terutama 48 Family punya larangan berpacaran untuk semua membernya. Namun Sashihara Rino melanggarnya. Dia tidak dikeluarkan dari grup karena kejadiannya sudah lama berlalu, jadi sebagai ganti, hukumannya dia dipindahkan grup lain.

Sashihara Rino

Akan tetapi bukannya semakin terpuruk, dia yang biasa dipanggil Sashi malah menjadi center single “Koisuru Fortune Cookie” dengan jumlah voting terbanyak dari fans pada 2013 yang lalu. Itu berarti fansnya banyak yang mendukung.

JKT48

JKT48

Walau HKT48 sister grup terakhir di Jepang, tapi masih ada dua sister grup lain yang di luar Jepang, yaitu JKT48, dan SNH48. JKT48 adalah sister grup pertama yang didirikan di luar Jepang. Di Indonesia kepopuleran mereka setara dengan kepopuleran AKB48 di Jepang.

Fans JKT48

Banyak fans JKT48 yang sangat fanatik sehingga selalu datang ke semua acara yang diselenggarakan JKT48. Bahkan membeli CD hingga lebih dari puluhan keping untuk dapat bersalaman lebih lama dengan member JKT48 favorit mereka saat handshake event. Saat ini JKT48 sudah punya 2 tim, tim J dan team KIII. Juga ada sekitar 30 orang kenkyuusei atau siswa pelatihan yang merupakan member generasi ketiga. Member yang paling terkenal bukan hanya bagi fans JKT48 adalah Melody, Nabilah, dan Nakagawa Haruka yang ditransfer dari AKB48.

SNH48

 

SNH48

Inilah sister grup yang benar-benar paling terakhir, SNH48. SNH48 didirikan pada tahun 2012 lalu di China.Walaupun SNH adalah sister grup AKB48 tapi saat audisi mencari anggota, tidak ada satu pun pihak dari Jepang yang ikut campur. Tidak seperti saat JKT48, Aki P (Yasushi Akimoto) datang langsung ke Indonesia untuk memilih siapa yang berhak menjadi member JKT48. SNH48 dipilih langsung oleh manajemen SNH48. Mungkin karena ada konflik antara China dan Jepang.

Bulan Juli 2014 SNH48 membuat acara pemilihan member single ke-6. 16 member terpilih akan datang ke Korea untuk melakukan syuting video klip single ke-6 mereka. Tidak tanggung-tanggung, sutradara video klipnya adalah yang biasa membuat video klip untuk grup-grup K-Pop yang terkenal, salah satunya f(x).

Teater SNH48

Bisa dibilang SNH48 adalah 48 grup yang paling “mahal” diantara yang lainnya. Sister grup yang lain mempunyai teater yang “menumpang” di gedung lainnya, sementara SNH48 memiliki teater pribadi yang didirikan khusus hanya untuk tempat pertunjukan SNH48. Selain itu album yang dirilis untuk memilih member single ke 6 harganya mencapai 1 juta lebih.

Itulah keunikan dari AKB48 dan sister grupnya.