Mobilitas dan kesibukan yang padat, membuat kamu mulai sedikit mengurangi perhatian pada kesehatanmu. Satu hingga dua kali diabaikan, ditumpuk, akhirnya ambruk.

Kamu pelan-pelan juga mulai mudah merasa kelelahan. Jika kamu sebuah handphone, bateraimu terasa cepat sekali habis; drop dan aus.

Ini tentu sangat mengganggu konsentrasimu dalam melakukan berbagai aktivitas. Hasil kerja menjadi tidak maksimal, semangatmu menurun karena pencapaian yang turun. Semua sepertinya tidak lagi bisa kamu kendalikan.

Bermula dari hal sederhana, hidupmu rasanya menjadi sangat berantakan. Semakin sempurna ketika atasan tidak terima dengan berbagai alasanmu. Aaarrrgh! Rasanya bisa jadi seperti ditimpa tangga berjalan di mall-mall.

Untuk menghindari atau menyudahi hal itu, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Hal-hal ini sangat sederhana, bahkan mungkin bisa jadi tidak kamu pikirkan sebelumnya. Apa saja? Simak tips agar energimu yang habis dapat segera terisi kembali.

1. Tidur yang Cukup

slep

Entahlah, seperti ada rumusan bahwa semakin dewasa kamu, semakin sulit kamu untuk tidur. Bukan sulit, tapi seperti memainkan waktu untuk tidur. Kamu betah berlama-lama di depan perangkat genggammu hingga dini hari. Hal itu berlangsung berhari-hari dan menjadi kebiasaan.

Tanpa disadari ini menyita waktu istirahatmu. Waktu tidurmu menjadi berkurang banyak. Paginya, badanmu tentu tidak segar, mudah lelah dan mudah kehilangan konsentrasi. Menyelesaikannya adalah coba tidur yang cukup. Berhenti main-main terlalu banyak dengan gadgetmu.

2. Pilih Makanan yang Sehat

healthyfoods

You are what you eat, begitu pepatah dari Inggris sana. Bahwa betapa makanan ternyata dapat memengaruhi seseorang. Ia memegang kendali dalam memengaruhi hormon. Yang nantinya berpengaruh juga terhadap sikap dan perilaku, dan sebagainya.

Seimbangkan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuhmu. Cukupi asupan karbohidrat, karena kita sama-sama tahu bahwa karbohidrat baik untuk menyuplai energi. Ia mengubah glukosa menjadi tenaga. Tapi, jangan juga terlalu banyak mengosumsi karbohidrat.

Terutama ketika dalam keadaan lapar. Mengonsumsi terlalu banyak makanan sekaligus, yang biasa terjadi ketika lapar akan membuat tubuh berkonsentrasi penuh pada penguraian makanan tersebut. Sementara, tubuh juga memerlukan oksigen untuk mengurainya.

Jika oksigen yang dihasilkan digunakan sepenuhnya untuk mengurai makanan, akan terjadi ketidakseimbangan asupan oksigen di dalam tubuh. Salah satunya otak.

Otak yang kekurangan oksigen akan membuat konsentrasimu menurun, kamu lebih sering menguap dan badan rasanya cepat sekali lelah. Selain itu, gangguan perut yang disebabkan oleh asupan makanan berlebih juga dapat mengganggu konsentrasimu.

3. Olahraga

Tips selanjutnya adalah rajin berolahraga. Olahraga sekaligus mengolahragakan jantungmu. Jantung yang sehat memberi dampak baik bagi tubuh secara keseluruhan.

clinics

Menurut David Atkinson, direktur dari Cooper Venture Development Program di Dallas, Amerika Serikat, olahraga memiliki kemampuan untuk meningkatkan energi serta menambah serotonin di dalam otak.

Serotonin sendiri adalah hormon yang ada di dalam otak, yang memiliki fungsi sebagai modulator kapasitas kerja otak. Ia berfungsi sebagai pengatur stabilitas emosi, pengatur nafsu makan dan pengatur pemahaman.

Mereka yang rajin berolahraga, pada akhirnya memiliki produktivitas yang lebih baik daripada yang tidak. Produktivitas otak meningkat, begitupun dengan produktivitas tubuh. Kamu tidak akan merasa cepat kehilangan energi.

4. Perhatikan Penampilanmu

Energi bisa berhubungan dengan mood. Lakukan hal-hal yang membuat mood kamu menjadi baik, maka kamu akan kembali mendapatkan energimu.

Salah satunya adalah coba mulai perhatikan penampilanmu. Jika kamu wanita dan selama ini kamu nyaman dengan jeans belel coba sesekali pakai rok. Pakai lipstik yang sudah lama ada di atas meja riasmu. Tata rambutmu dan gunakan wewangian yang baru.

Coba lakukan eksperimen dengan berbagai gaya. Memperbaiki penampilan atau mengubah penampilan sedikit banyak bisa mengubah moodmu. Energi yang kamu rasa cepat habis, siapa tahu disebabkan karena faktor bosan.

Nah, mengganti penampilanmu atau memperbaikinya, bisa menjadi penolongmu. Kamu pasti ingin kan, tampil sempurna untuk segala sesuatunya? Lalu, kenapa tidak memulai dengan penampilan yang sempurna?

5. Perluas Jaringan Pertemanmu

Rata-rata, semakin dewasa, orang yang kamu temui setiap harinya semakin tidak bertambah. Alias itu lagi-itu lagi. Bosan? Pasti. Untuk meyiasatinya, coba perluas jaringan pertemananmu. Buat jaringan sosial yang baru. Caranya, kamu bisa mengikuti berbagai komunitas hobi. Ikuti sesuai hobimu.

Jika selama ini kamu gak punya waktu untuk memperhatikan hobi, kini saatnya untuk memulai. Jadi makhluk sosial, bertemu banyak orang, bertukar pikiran akan memperluas pola pikirmu. Energimu mungkin akan habis, dalam artian, kamu akan menambah kegiatanmu, tapi percaya saja, bahwa itu juga baik buat jiwamu.

6. Mulai Kurangi Asupan Kafein

Caffeine-Can-Sharpen-Memory

Kamu suka sekali minum kopi? Tujuannya untuk mem-boost energimu yang dirasa gampang sekali menipis? Salah! Kafein justru akan membuatmu kehilangan kesempatan untuk beristirahat dengan baik di malam hari. Sementara kita tahu bahwa istirahat yang paling baik adalah istirahat di malam hari.

Kurangi asupan kafeinmu sekarang juga. Jika per hari kamu bisa menghabiskan 5 cangkir kopi, kurangi menjadi 3 cangkir saja. Begitu seterusnya hingga kamu berhenti ketergantungan dengan kopi dan teman-temannya yang mengandung kafein.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan energimu adalah konsumsi air putih dalam jumlah yang pas. Jangan terlalu sedikit, dan jangan juga terlalu banyak.

90 % atau sebagian besar tubuh manusia terdiri atas air. Air memiliki fungsi yang sangat besar dalam proses metabolisme tubuh. Seperti pencernaan, penyerapan berbagai zat dari makanan oleh tubuh, sirkulasi, transportasi nutrisi di dalam tubuh, serta mempertahankan suhu tubuh.

Ganti minuman-minuman ringanmu dengan air putih. Oleh dunia medis pun, air putih sudah teruji manfaatnya.

Melihat berbagai fungsi yang bisa dilakukan air di dalam tubuh, manfaatnya pun pasti besar. Setidaknya ada 14 manfaat air putih bagi tubuh.

Keempatbelas manfaat tersebut, di antaranya adalah mencegah jantung kamu bermasalah, menyeimbangkan sistem getah bening, membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh melalui urine dan keringat, sistem pencernaan menjadi lancar, menjaga kesehatan ginjal, menjaga berat badan, dan menjaga mood.

Dehidrasi, tubuh yang kekurangan cairan akan membuatmu mudah pusing. Ia bahkan bisa membuat suasana hatimu berubah memburuk, kamu sulit sekali berkonsentrasi.

water-drinking

Makanan bagi otak yang utama adalah oksigen, dan asupan oksigen bisa didapatkan melalui air putih yang kamu konsumsi. Jika asupan air putih di dalam tubuhmu berkurang, oksigen yang masuk ke otak pun menjadi berkurang. Akibatnya, ya itu tadi, konsetrasimu menurun, mudah lelah, sering menguap, dan lain-lain.

Menjaga kesehatan tubuh, menjadi tanggungjawab bagi setiap orang. Tak terkecuali kamu. Kegiatan dan kesibukan yang banyak, menuntutmu untuk lebih keras menjaga kesehatan. Jika tidak, mimpi-mimpi serta tujuan awalmu, bisa sulit terealisasikan. Kamu akan sibuk dengan keluhan tentang kesehatan.

Tips-tips di atas, rasanya cukup mudah untuk kamu coba. Mulai dari hal-hal kecil, dan kamu akan mendapatkan dampak yang besar.