Akhir bulan memang menjadi masa yang paling menyulikan bagi beberapa orang, di antaranya mahasiswa dan karyawan. Bagi mereka masa itu menjadi masa-masa yang lebih sulit dan bisa jadi sangat menyeramkan untuk dilewati.

Bagaimana tidak untuk seorang mahasiswa yang memasuki masa akhir bulan, dengan kondisi keuangan yang kering, serta belum ada kiriman dari orangtua, membuat kamu harus bisa bertahan di kota yang asing. Bagaimana caranya agar bisa tetap makan dan membuat perut tetap dalam kondisi kenyang adalah salah satu perjuangan selain menyelesaikan skripsi.

Pesan Menu Ini pada Akhir Bulan, tapi Makan Terasa Nikmat 9

Begitu juga dengan kamu sebagai karyawan, terlepas dari itu sebagai karyawan di perusahaan besar atau kecil, rasanya akhir bulan menjadi sesuatu yang sangat mencekam. Bagaimana tidak, kondisi gaji yang terkuras habis selama sebulan karena dipakai ini dan itu merupakan masa prihatin. Kamu harus pandai-pandai mencari ide untuk bisa tetap mengisi perut agar tetap dalam kondisi kenyang. Karena bagaimanapun jika perut kenyang maka kecil kemungkinan untuk berbuat negatif.

Kamu sebagai mahasiswa ataupun karyawan yang mengalami masa suram di akhir bulan, namun ingin tetap makan dan tidak dibuat bingung, rasanya tidak perlu susah-susah mengemis. Di beberapa tempat makan ini kamu bisa makan enak dengan harga yang terjangkau pula. Ikutilah paparan dalam artikel berikut ini.

• Air bening/air teh tawar

Pesan Menu Ini pada Akhir Bulan, tapi Makan Terasa Nikmat 4

Setiap menu yang dipesan dalam rumah makan tidak afdol rasanya jika tidak dibarengi dengan pesanan minuman. Seperti kita tahu bahwa manusia merupakan makhluk yang tidak pernah bisa lepas dari air. Baik itu dalam kehidupan luar di lingkungan atau kehidupan sel-sel dalam tubuh. Sebanyak 60% komponen dalam tubuh manusia adalah air. Untuk itu, dengan alasan apa pun manusia tidak bisa terlepas dari yang namanya air, termasuk minum.

Namun salahnya manusia, termasuk kamu sebagai mahasiswa atau karyawan ketika akhir bulan selalu ingin merealisasikan hasrat terpendam. Kamu tentu ingin makan dan minum yang enak, namun terbentur dengan kondisi akhir bulan.

Jika kami memang berniat makan di rumah makan, usahakanlah untuk memesan makanan yang wajar-wajar saja. Kesampingkan sejenak menu-menu pilihan yang sering kamu makan. Ingatlah dengan kondisi saat ini.

Pesan Menu Ini pada Akhir Bulan, tapi Makan Terasa Nikmat 3

Satu yang lebih penting ialah apa yang kita minum. Untuk beberapa minuman seringkali memiliki harga yang mendekati mahal. Di sanalah kamu harus jeli karena banyak rumah makan yang memberikan minuman secara cuma-cuma alias gratis. Benar sekali, minuman gratis itu banyak diberikan yang berupa air bening atau air teh tawar.

Minuman tersebut merupakan welcome drink ala rumah makan. Tidak ada salahnya meminum minuman tersebut, toh keduanya memang menyehatkan, bukan?

• Kuah padang

Pesan Menu Ini pada Akhir Bulan, tapi Makan Terasa Nikmat 5

Rasanya setuju menyebut bahwa rumah makan Padang merupakan rumah makan yang sudah menyebar di seantero nusantara. Malah jika kamu melihat di daerah tempat tingga, berapa banyak deretan rumah makan Padang yang ada di sana? Dengan jarak yang masih berdekatan saja rumah makan tersebut banyak berdiri.

Saking banyaknya rumah makan Padang, hal itu memang tidak dipungkiri kalau menu dari masakan Padang ini terasa begitu nikmat di lidah. Aroma rempah yang selalu dipakai membuat kamu tidak akan pernah bisa bosan dengannya. Meskipun kamu juga sadar bahwa makanan Padang memiliki harga yang cukup menguras dompet dibanding masakan Sunda atau Jawa. Hal itu akan sangat terasa jika di akhir bulan, namun ingin tetap makan enak.

Pesan Menu Ini pada Akhir Bulan, tapi Makan Terasa Nikmat 6

Sebenarnya ada cara ampuh untuk kamu mahasiswa atau karyawan yang sedang kemarau dompet, tetapi ingin makan enak di Padang. Kamu tidak perlu memesan ayam pop, rending, atau bahkan gulai kepala kakap karena tahu itu akan membuat kamu merana.

Pesanlah kepada uni atau uda di rumah makan tersebut kuah atau bumbu masakan Padang tersebut. Meskipun begitu, kuah atau bumbunya memang masih memiliki kesamaan rasa yang tidak kalah. Setidaknya itu akan mewakili lidah kamu untuk tetap bisa merasakan nikmatnya makanan Padang.

• Kerupuk udang

Pesan Menu Ini pada Akhir Bulan, tapi Makan Terasa Nikmat 1

Indonesia memang kaya dengan sajian kuliner, baik itu kuliner yang biasa hingga kuliner yang unik. Kuliner tersbeut mencakup kuliner berat dan ringan. Nah, khusus untuk kuliner yang ringan termasuk di dalamnya adalah kerupuk. Di berbagai belahan Indonesia memiliki kerupuk yang khas daerah masing-masing.

Kerupuk biasa disajikan dengan cara dimakan langsung sebagai camilan atau sebagai teman kala makan. Untuk kamu yang memang pecinta kerupuk tentu tidak akan melewatkan banyak jenis kerupuk yang ada di negeri tercinta ini, bukan. Salah satunya dengan kerupuk udang.

Pesan Menu Ini pada Akhir Bulan, tapi Makan Terasa Nikmat 2

Kerupuk udang merupakan kerupuk dengan bahan utamanya adalah tepung tering yang dipadukan dengan udang. Ketika semua itu disatukan dalam adonan, akan menimbulkan rasa dan aroma yang harum khas udang. Rasa itulah yang akan membuat kamu sulit berhenti dalam menikmati kerupuk udang ini.

Untuk menemukan kerupuk udang di rumah makan tidaklah sulit. Banyak rumah makan di Indonesia yang menyajikan kerupuk udang sebagai pelengkap. Untuk kamu yang ingin tetap makan enak di akhir bulan, tidak ada salahnya memesan menu nasi ditambah kerupuk udang saja. Tentunya dilengkapi dengan bumbu yang tersaji di sana.

• Sambal terasi

Pesan Menu Ini pada Akhir Bulan, tapi Makan Terasa Nikmat 7

Indonesia memang kaya, salah satunya dengan makanan. Selain itu, masyarakatnya juga banyak yang menyukai sensasi pedas. Untuk itu, banyak daerah yang memiliki sambal sebagai cita rasa khas dari daerah tersebut. Ada cukup banyak sambal yang tersaji di hamparan nusantara, seperti sambal bajak, sambal matah, sambal terasi, dan lainnya. Khusus untuk yang terakhir itu memang memiliki rasa serta aroma yang khas.

Sambal terasi merupakan sambal yang berbahan dasar terasi dari udang rebon, tomat, bawang merah, serta cabai rawit. Namun terasilah yang menjadi pendongkrak nikmatnya makan.

Pesan Menu Ini pada Akhir Bulan, tapi Makan Terasa Nikmat 8

Bagi kamu yang memang kebetulan mencintai sambal, termasuk sambal terasi, rasanya bisa menjadi sambal ini sebagai menu akhir bulan. Bahkan jika hanya dipadukan dengan lalap atau kerupuk saja, memakan dengan sambal terasi ini akan tetap nikmat. Sambal terasi biasanya tersedia di rumah makan Sunda dan Jawa. Kedua rumah makan tersebut tentu tidak akan sulit ditemukan, termasuk di luar Pulau Jawa sekalipun.

Sekarang sudah tidak perlu risau lagi, bukan kalau kamu mahasiswa atau karyawan memasuki akhir bulan. Banyak menu hemat yang bisa memanjakan perut kamu karena sensasi serta aroma yang ada di dalamnya. Namun jika kamu mengedepankan makanan yang sehat, silakan nilai sendiri sejauh apa kesehatan dari makanan tersebut? Namun jika kondisi akhir bulan mendera, rasanya tidak ada salahnya, bukan?