Selalu Ada Oase (Indah) di Tengah Gurun Pasir

Sebagian besar Bumi terdiri atas lautan. Perbandingan antara lautan dan daratan di Bumi adalah 71% berbanding 29%. Dari 29% tersebut, kita bisa menikmati indahnya pegunungan, hamparan gurun pasir yang luas, yang lengkap dengan oasenya.

Kamu pasti tahu bahwa gurun pasir identik dengan panas yang menyengat. Hamparan pasir tanpa pepohonan membuat sinar matahari bebas sebebas-bebasnya menghantam butir-butir pasir. Tidak membayangkan berada di tengah-tengahnya bukan?! Tapi, jangan salah, selalu ada oase di tengah gurun pasir.

Oase-oase tersebut bukan hanya menjadi pemanis gurun, tapi juga menjadi salah satu keajaiban alam yang luar biasa. Oase-oase tersebut tidak sedikit yang memiliki keindahan luar biasa. Beberapa di antaranya menakjubkan mata.

Apa saja oase yang akan membuatmu bergairah ketika memandangnya?!

1. Huacachina

oase-huacachina-bei-nacht

Selama ini, kamu mungkin berpikiran bahwa gurun pasir hanya ada di wilayah Timur Tengah. Padahal, gurun pasir juga ada lho di kawasan Amerika. Tepatnya di Peru. Di Peru, ada sebuah gurun bernama Ocucaje. Di gurun tersebut, kamu akan mendapati sebuah oase, sebuah genangan air yang cukup luas dengan berbagai tanaman hijau di sekitarnya.

Oase ini bernama Huacachina. Saking sejuknya, oase ini menjadi tempat tinggal bagi sekelompok warga. Sebuah desa dengan fasilitas seperti hotel dan penginapan menjadi bagian yang menarik dari oase ini. Singkatnya, oase yang indah ini menjadi salah satu tempat wisata di Amerika.

2. Chebika

Chebika_chute

Oase ini terletak di barat Negara Tunisia. Oase ini berada di kaki Pegunungan Djebel el Negueb. Keunikan yang dimiliki oleh oase ini adalah asupan sinar matahari yang cukup banyak.

Hal ini membuat Oase Chebika dijuluki sebagai Castle of the Sun, atau Qasr el-Shams dalam bahasa Arab.
Keindahan lokasi Chebika ini, sempat beberapa kali dijadikan lokasi shooting. Salah satunya untuk film Star Wars Episode IV; A New Hope and The English Patient.

3. Timia

timia

Timia adalah sebuah kota kecil di utara Nigeria. Kota kecil ini berupa oase di Aïr Mountains, wilayah Agadez bagian utara dan selatan wilayah Iferouane. Oase ini, digenangi air sepanjang tahun. Banyak tumbuh pohon buah-buahan serta pemandangan yang luar biasa dari arah Sahara yang terletak di Nigeria Utara.

4. Gaberoun

gaberoun

Gaberoun merupakan sebuah oase berdanau besar yang terletak di Idehan Ubari di wilayah Gurun Sahara di Libya. Secara administrative, terletal di wilayah Wadi al Hayaa dan wilayah Sabha (bagian barat daya Libya).

Oase ini menjadi salah satu tempat wisata bagi turis-turis asing. Karenanya tidak jeran jika banyak fasilitas-fasilitas umum seperti  pertokoan dan penginapan. Air dari oase ini sangat asin, tapi masih bisa digunakan untuk berenang.

Tapi, hati-hati, karena di sini, kamu akan banyak didatangi nyamuk-nyamuk nakal, terutama saat kamu berkunjung di musim panas.
Jika mau berkunjung ke oase ini, bulan Oktober dan Mei adalah waktu yang tepat. Suhu udaranya tidak begitu panas.

5. Danau di Gurun

Brazil-Lençois-Maranhenses

Di Brasil, tepatnya wilayah Lencois Maranhenses National Park, terdapat oase menyerupai danau. Oase yang menyerupai danau ini terbentuk dari air hujan yang jatuh selama enam bulan di awal tahun.

Air ini kemudian menguap secara bertahap dan di tahun selanjutnya, air bisa kembali meninggi. Ada beberapa danau di gurun ini, sebagian ditumbuhi pohon-pohon palem.

Oase-oase tersebut, menawarkan keindahan yang diakui oleh banyak orang. Berkesempatan mengunjunginya pasti menyenangkan. Kamu tertarik?!

Leave a Comment