Bosan dengan Telur Dadar yang Biasa, Coba Resep Baru Yuk!

Mau sarapan, tapi gak mau masak yang ribet? Bikin telur dadar aja, kan gampang tuh.

Telur
Telur | Foto : kulinerku-enakbanget.blogspot.com

Yups, telur dadar menjadi menu favorit sebagian orang untuk sarapan. Biasanya, telur dadar disajikan dengan nasi goreng. Atau bisa juga menyantap telur dadar bersama roti.

Tapi rasanya, kalau tiap hari menyantap menu yang itu-itu aja, pati bakal bosen kan. Meskipun dia suka banget sama telur, bukan berarti tiap hari sarapan telur dadar adalah hal yang menyenangkan. Nah, biar gak bosen, kenapa gak buat menu baru aja dari telur dadar.

Telur dadar kan umumnya telur yang dikocok terus ditambah sedikit garam, langsung digoreng. Menu telur dadar kayak gitu kan udah biasa, coba deh menu telur dadar lainnya. Masih bingung cari resp telur dadar lainnya? Yuk simak ulasan mengenai beragam resep telur dadar spesial berikut ini.

1. Telur Dadar Pizza

Telur Dadar Pizza
Telur Dadar Pizza | Foto : www.vemale.com

Udah bisa ketebak dong gimana rupa telur dadar pizza itu? Iya, sama kayak namanya, telur dadar ini bentuknya mirip pizza. Bukan cuma bentuknya aja yang mirip, bahan-bahan yang dipakai juga hampir sama kayak buat pizza. Terus gimana cara buatnya, susah gak?

Cara buat telur dadar pizza ini gak seribet bikin pizza kok. Selain masaknya ga ribet, bahan-bahan yang dipakai juga gampang didapet. Daripada penasaran, mending langsung lihat cara buatnya yuk.

Sebelum mulai masak, siapkan dulu bahan-bahannya. Bahan untuk membuat omelet di antaranya 3 butir telur dikocok lepas, susu cair 30 ml, ½ sdt garam, dan ¼ sdt merica bubuk. Sementara bahan untuk membuat sausnya adalah ¼ bawang Bombay dicincang kasar, 1 sdm pasta tomat, ¼ sdt garam,  ½ sdt gula pasit, dan margarine secukupnya.

Kalau bahan membuat omelet dan sausnya sudah siap, jangan lupa juga topping. Untuk topping kita bisa menggunakan paprika merah dan paprika hijau yang dipotong kotak-kotak, keju mozzarella, jamur kancing, serta sosis yang diiris bulat. Nah, terus gimana cara buatnya?

Langkah pertama buat dulu saus. Tumis bawang Bombay sampai harum. Kemudian tambahkan pasta tomat, garam, merica, dan gula, aduk hingga mengental. Tambahkan oregano secukupnya, aduk rata, angkat.

Setelah saus siap, tinggal buat omelet. Langkah pertama kocok bahan omelet hingga rata, lalu tuangkan ke wajan. Setelah itu masukkan saus dan topping. Jangan lupa tambahkan keju mozzarella di atasnya. Setelah itu angkat, dan potong telur dadar layaknya potongan pizza. Dan telur dadar pizza siap disajikan.

2. Telur Dadar Gulung Ala Korea

Telur Dadar Gulung Ala Korea
Telur Dadar Gulung Ala Korea | masakankoreasehari-hari.blog.iyaa.com

Sebenarnya, telur dadar gulung ini lebih terkenal di Jepang dengan nama tamagoyaki. Namun Korea membuat inovasi baru dari menu telur dadar gulung ini. Lalu, apa istimewanya telur dadar gulung ala Koreaini? Toh, di Indonesia telur dadar gulung itu menu yang biasa. Eits, telur dadar gulung yang satu ini berbeda dibanding telur dadar biasanya. Apa bedanya?

Pada dasarnya, bahan yang digunakan sama, yaitu telur dan garam. Namun menu telur dadar ala Jepang ini menambahkan satu bahan lainnya, yaitu rumput laut. Penggunaan rumput inilah yang membedakan telur dadar ala Jepang dengan telur dadar biasanya. Daripada penasaran, tuk simak cara pembuatannya.

Cara pembuatannya, tuang telur kedalam mangkok, tambahkan garam secukupnya, dan aduk rata. Panaskan wajan danberi sedikit minyak. Kemudian tuangkan 1/3 kocokan telur, saat setengah matang jangan lupa tambahkan rumput laut. Lalu, gulung telur dadar tersebut.

Setelah itu, tuangkan sisa kocokan telur. Dan jika warnanya berubah menguning, gulung telur dadarnya. Setelah dinggin potong kecil, kira-kira 1cm. dan telur dadar gulung ala Jepang siap disajikan.

3.  Telur Dadar Warna-warni Ceria

Telur Dadar Warna-warni Ceria
Telur Dadar Warna-warni Ceria | Foto : www.sehatplus.com

Nama menu satu ini, pasti buat kamu penasaran, apa itu telur dadar warna-warni ceria? Jangan kira, telur dadar ini di cat warna-warni, itu bahaya. Warna-warni yang ada pada telur dadar ini adalah karena penggunaan sayuran, seperti wortel dan kacang polong.

Telur dadar warna-warni ceria ini cocok buat anak-anak. Wortel dan kacang polong membuat telur dadar lebih bergizi. Jadi cocok buat menu sarapan.

Sebelum mulai masak, siapkan dulu bahan-bahannya. Di antaranya adalah margarisn, bawang putih, wortel, kacang polong, merica, garam, dan telur. Wortel diiris tipis, kemudian direbus bersama kacang polong selama 10 menit, lalu tiriskan.

Selanjutnya, kocok lepas telur, kemudian masukkan irisan bawang putih, garam, merica, dan sayuran yang sudah direbus. Tambahkan juga potongan daun bawang dan tomat.

Setelah semua bahan siap, panaskan margarine di wajan. Kemudian tuangkan adonan telur dadar sayuran tersebut. Masak hingga warnanya berubah kuning kecoklatan. Dan telur dadar warna-warni ceria siap untuk disajikan.  

Tuh kan, ternyata banyak inovasi baru yang bisa dibuat dari menu telur dadar. Menu sarapan telur dadar sekarang lebih bervariasi. Tiap hari, menu sarapannya berganti. Tinggal pilih deh, mau coba menu yang mana. Yuk berkreasi buat resep telur dadar yang baru!

Leave a Comment