Musim hujan sudah mulai datang. Ini pertanda kita harus ekstra menjaga kesehatan. Terutama menjaga tubuh dari ancaman flu. Bagaimana caranya?

Flu bisa menyerang siap saja, tanpa pandang bulu. Apalagi cuaca sekarang yang tidak menentu, membuat tubuh harus pintar beradaptasi. Kadang hari sangat cerah, namun seketika mending dan hujan pun turun.

Bagi mereka yang daya tahan tubuhnya lemah, kemungkinan besar mudah terserang flu. Oleh karena itu, sebelum terserang flu, sebaiknya melakukan pencegahan. Ada berbagai langkah yang bisa dilakukan, antara lain sebagai berikut.

1. Cuci Tangan

cuci tangan
cuci tangan | foto : rsiafamily.com

Cuci tangan mungkin dianggap hal sepele. Namun hal sepele inilah yang justru menjadi langkah pencegahan penyakit flu.

Ternyata cuci tangan secara teratur menjadi salah satu cara menghindari serangan flu. Namun mencuci tangannya tidak sembarangan, harus menggosok tangan sampai ke siku, agar bersih.
Usahakan mencuci tangan sebelum makan. Karena kalau tidak dicuci, nantibakteri yang ada pada tangan pindah ke makanan dan membuat kita sakit perut.

Selain itu, kita juga harus membiasakan mencuci tangan sebelum menyentuh wajah. Kenapa? karena kulit wajah sangat sensitive terhadap kotoran. Bakteri yang menempel di wajah, membuat muka berjerawat.

2. Jangan Gunakan Sapu Tangan, Gunakanlah Tisu

Tissu
Tissu | Foto : buletinsehat.com

Mengeringkan tangan ternyata sama pentingnya dengan mencuci tangan. Lalu, bolehkah mengelap dengan sapu tangan?

Mungkin sebagian orang beranggapan, sapu tangan lebih aman dibandingkan tisu. Tapi nyatanya, penggunaan sapu tangan justruu membuat kuman lebih mudah menyebar. Untuk itu, sebaiknya gunakan tisu sekali pakai. Selain lebih higienis, tentunya mencegah penyebaran virus.

3. Aktivitas Outdoor

Aktivitas Outdoor
Aktivitas Outdoor | Foto : bandungjuara.com

Mungkin bagi sebagian orang, saat musim dingin tiba , aktivitas outdoor dihindari. Mungkin tujuannya, agar tubuh tidak mudah terserang flu. Tapi benarkah mengurangi aktivitas outdoor menghindari flu?

Nyatanya, berdiam diri di dalam rumah selama musim dingin justru membuat tubuh tak bisa beradaptasi dengan perubahan musim. Dan sekali Anda keluar rumah, kemungkinan besar flu mudah sekali menyerang.

Untuk itu, saat musim dingin tiba, tetaplah beraktivitas seperti biasa. Kalau memang harus beraktivitas outdoor tak apa. Justru dengan aktivitas di luar ruangan membuat tubuh mudah beradaptasi dengan musim dingin, dan kekebalan tubuh meningkat.

4. Memotong Kuku

Kuku
Kuku | Foto : sehatplus.com

Bagi wanita, penampilan adalah segalanya. Termasuk dalam perawatan kuku. Memiliki kuku yang panjang dan terawatt mungkin terlihat cantik, namun ini berbahaya bagi kesehatan. Kenapa?

Karena tanpa disadari, kuku panjang menjadi tempat berkembang biak kuman. Bahkan kuku yang panjangnya baru 3 mm saja sudah dihinggapi bakteri, apalagi yang panjangnya lebih dari itu. Untuk itulah, sebaiknya rajin memotong kuku.

Kuku yang dipenuhi kuman, membuatkita mudah terserang flu. Kenapa? Karena tanpa kita sadari, sering menyentuh hidung atau mulut dengan tangan. Dan ketika tangan menyentuh hidung, kuman berpindah ke hidung dan membuat kita terserang flu.

5. Mengonsumsi Jahe

Bandrek
Bandrek | foto: hanjuang.com

Seperti yang kita tahu, jahe merupakan salah satu rempah yang bermanfaat untuk menghangatkan badan. Hal ini disebabkan, jahe mengandung banyak sifat antivirus yang ampuh melawan pilke dan flu.

Minuman dari jahe yang baik untuk dikonsumsi saat musim dingin, contohnya adalah bandrek. Namun jika kesulitan untuk membuat bandrek, cukup membuat teh yang diberi campuran jahe. Itu sudah cukup menghangatkan.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Sebelum flu menyerang, tak ada salahnya untuk mencegah. Nah, sudah tahu kan beragam cara mudah untuk menghindari flu? Jadi jangan takut lagi untuk beraktivitas outdoor saat musim dingin datang.