Buku merupakan salah satu sarana yang bisa memperluas kekayaan otak dan psikis kita sebagai manusia. Oleh karena itulah banyak orang yang mengatakan bahwa buku adalah jendela ilmu pengetahuan. Mungkin selama ini kita masih sangat merasa heran dengan harga buku yang cenderung mahal dengan isi yang ternyata tidak kalah menarik dengan buku yang harganya murah. Namun, kemahalan buku juga ternyata tidak hanya bergantung pada isinya, tapi juga pada sejarahnya. Seperti halnya 7 buku termahal di dunia berikut ini.

Codex Leicester, 30.8 Juta USD

Codex Leicester merupakan kumpulan tulisan ilmiah yang kebanyakan isinya ditulis oleh Leonardo da Vinci. Codex ini dibeli pertama kalinya pada tahun 1980 oleh seorang kolektor seni sekaligus filantropis yang bernama Armand Hammer. Codex tersebut kemudian berubah nama menjadi Codex Hammer. Lantas pada tahun 1994, buku tersebut dilelang dan berhasil dibeli oleh Bill Gates dengan harga 30,8 juta USD. Gates pun kemudian menamianya Codex Leicester.

Injil Henry the Lion, 8.14 Juta Pound

Injil yang satu ini merupakan naskah yang berisi 266 halaman dengan isi berupa teks yang digabungkan dari 4 injil dengan 50 halamannya berisi ilustrasi. Buku sekaligus kitab ini kemudian dilelang pada tanggal 6 Desember 1983 dan berhasil dijual dengan harga 8,14 juta EURO. Buku Injil tersebut kemudian disimpan di Herzog Agustus Bibliothek untuk alasan keamanan. Jika kamu ingin melihatnya, buku ini akan ditampilkan setiap dua tahun sekali.

The Canterbury Tales, 4.6 Juta Pound

Buku termahal ketiga adalah The Canterbury Tales yang merupakan kumpulan cerita karya Geoffrey Chaucer. Buku ini ditulis pada abad ke-14 dengan isi prosa, ayat-ayat, dan kisah original. Buku ini kemudian berhasil menjadi buku paling mahal ketiga dengan harga 4,6 juta POUND pada tanggal 8 Juli 1998.

Alkitab Gutenberg, 5.39 Juta USD

Alkitab ini merupakan buku pertama yang pernah dicetak oleh Johan Gutenberg pada tahun 1455, serta menjadi harta terbesar dalam koleksi Ransom Center. Alkitab tersebut kemudian diakuisisi pada tahun 1978 dan menjadi satu di antara lima contoh lengkap alkitab di Amerika Serikat dengan harga jual 5,39 juta USD.

The Northumberland Bestiary, 2.7 Juta Pound

Buku ini merupakan salah satu tradisi yang dianggap paling penting di Inggris pada abad pertengahan karena menyangkut buku bergambar yang paling terkenal pada saat itu. Buku ini juga merupakan buku rekor bagi naskah berbahasa Inggris dengan harga paling mahal, yakni seharga 2,7 juta Pound.

Naskah  Tanda Tangan 9 Simfoni, 3.6 Juta USD

Naskah yang satu ini merupakan naskah musik karya Wolfgang Amadeus Mozart di dalamnya. Buku ini menjadi buku rekor naskah musik dengan harga jual 3,6 juta USD. Buku ini terjual dengan harga tersebut di London pada tanggal 22 Mei 1987.

The Birds of America, 3.6 Juta USD

Buku paling mahal ketujuh ini merupakan buku yang ditulis oleh pelukis sekaligus naturalis bernama John James Audubon. Buku ini berisi lukisan dengan sejarah alam sebagai bagian penting di dalamnya. Oleh karena itulah maka buku ini menjadi buku yang mahal dan terjual dengan harga 3,6 juta USD pada tanggal 6 Juni 1989 di New York.

Setelah mengetahui sejarah ketujuh buku ini, kamu pasti sudah tidak heran lagi kan mengapa bisa buku-buku tersebut memiliki harga jual yang sangat mahal? Yup, siapa tahu beberapa ratus tahun mendatang juga bukumu akan jadi buku yang mahal.