Di Indonesia, keberadaan hantu merupakan sesuatu yang menakutkan sekaligus bikin penasaran sehingga ada saja cara yang dilakukan agar bisa melihat hantu meskipun akhirnya merasa ketakutan. Nah, kalau kamu juga mau melihat hantu, kamu bisa kok ikutin cara-cara unik ini dan buktikan sendiri apakah memang ada hantu di sekelilingmu atau tidak.

Pakai Arang

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk melihat hantu adalah dengan mengusapkan arang ke mata. Namun, tidak semua hantu yang bisa kamu lihat dengan cara ini karena cara ini dipercaya bisa melihat hantu jenis tuyul. Dengan menggosokkan arang ke kelopak mata hingga tampak hitam, kamu akan bisa melihat tuyul yang berkeliaran di sekitarmu.

Pakai Lilin

Selain arang, lilin juga bisa digunakan untuk memanggil hantu dengan cara mematikan semua lampu dan sumber cahaya yang ada, lalu menyalakan lilin sambil berkeliling rumah dan mengatakan “Kemarilah!” secara berulang-ulang. Jika sudah melakukan ritual tersebut, kamu bisa kembali ke kamar dan bersembunyi untuk menggoda hantu supaya keluar. Tapi, kamu harus melakukannya saat seorang diri saja. Berani?

Mencoba Dunia Lain

Jika kamu ingin merasakan dunia lain, kamu bisa mencoba cara unik yang satu ini, yaitu dengan menaiki lift di sebuah gedung dengan jumlah lantai minimal 10. Setelah itu, masuklah ke lantai 4, lantai 2, lantai 6, lantai 2, dan lantai 10. Jika kamu sudah sampai di lantai 10, tekanlah tombol menuju lantai ke 5. Setelah itu, akan ada seorang perempuan yang masuk ke lift dan menekan tombol 1. Sayangnya, kamu akan dibawa ke lantai 10. Namun, lagi-lagi cara unik ini harus dilakukan sendirian.

Bercermin Pukul 1 Malam

Jika kamu berani, bercerminlah pada pukul 1 malam dalam kondisi yang gelap sambil menirukan suara kuntilanak. Setelah itu, Mbak Kunti pun akan langsung datang dan menemuimu. Berani mencoba ritual memanggil hantu yang satu ini?

Menyanyikan Lagu “Nina Bobo”

Meskipun pada awalnya lagu ini diperuntukkan bagi yang mau tidur, namun lagu ini juga dipercaya merupakan lagu yang misterius dan mengerikan. Lagu ini dipercaya mampu mendatangkan arwah seorang Belanda-Jawa yang bernama Helenina. Namun, tidak semua kondisi bisa kamu lakukan dengan menyanyikan lagu ini. Kamu harus menyanyikannya pada malam hari, dalam kondisi gelap, dan sendirian. Mau coba?

Melihat Hantu Melalui Kaki

Cara yang satu ini dianggap sebagai cara paling kuno untuk melihat hantu. Kamu bisa melihat kondisi di belakangmu sambil meregangkan kaki dan melihatnya secara terbalik. Ingat, lakukan cara unik ini sendirian, di malam hari, dan dalam keadaan serba gelap.

Ritual Memanggil Pocong

Selain cara kuno di atas, ada juga cara kuno lain yang bisa kamu lakukan untuk memanggil hantu berjenis pocong, yakni dengan memakaikan kain kafan asli pada seorang teman atau saudara, lalu kamu pura-pura melakukan shalat jenazah. Setelah itu, kamu pun akan bisa melihat hantu yang suka loncat-loncat ini.

Terlepas dari benar atau tidaknya cara-cara ini, kamu yang punya keberanian super mungkin bisa mencobanya. Atau kamu yang sangat penasaran dengan dunia hantu, mungkin sekali-kali bisa merasakan uji nyali di rumahmu sendiri. Berminat?