Siapa sih yang tidak mau mempunyai rumah yang besar? Namun apa jadinya, kalau ternyata rumah yang kita miliki itu kecil. Tak perlu khawatir, ini dia 7 trik mudah menyulap rumah sempit jadi terlihat luas.

Memiliki rumah sempit, bukan berarti menjadi penghambat kamu untuk memiliki ruangan yang luas. Kamu justru bisa lebih mengeksplorasi daya kreativitas untuk menata ruangan yang sempit agar terlihat luas.

Untuk memberikan kesan lebih luas dan mewah bukan hanya dari pemilihan furniture, melainkan juga hal lainnya. Seperti peletakkan furniture, warna cat dinding, pajangan, dan lain-lain.

Kira-kira desain seperti apa yang sesuai untuk rumah mungil? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Memilih Furniture

Furniture
Furniture | Foto : kariadesgincom

Untuk menyesuaikan dengan ruangan yang mungil, pilihlah meja, kursi, dan furniture lainnya dalam ukuran yang ramping. Selain itu, usahakan hindari pemilihan furniture dengan banyak ornament.

Penggunaan furniture dengan tampilan yang sederhana, justru membut ruangan terlihat lebih luas. Berbeda halnya dengan penggunaan furniture dengan banyak ornament, membuat ruangan semakin sempit.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan furniture yang bertema klasik. Karena tema klasik sangat cocok untuk rumah yang minimalis (mungil). Umumnya, furniture klasik terbuat dari bahan metal. Bahan metal inilah yang membuat rumah terlihat lebih luas.

Langkah selanjutnya, pilihlah furniture yang benar-benar diperlukan. Karena terlalu banyak furniture, membuay ruangan terlihat penuh dan sempit.  Selain itu, juga membuat ruang gerak menjadi terbatas.

2. Warna

Warna
Warna | Foto : lis in

Untuk menciptakan kesan lebih luas pada suatu ruangan juga berpengaruh dari pemilihan warna. Anda harus bisa menyesuaikan warna cat dinding dengan warna furniture.

Pilihlah warna catyang netral, seperti krem, kuning gading, putih atau warna lainnya yang bisa dicocokkan dengan semua warna. Dengan begitu, Anda bisa bebas memilih warna furniture.

3. Wallpaper

Wallpaper
Wallpaper | Foto : rumahmoderncantikcom

Ruangan yang mungil bukan berarti tidak bisa menonjolkan kesan mewah. untuk menimbulkan kesan mewah, Anda bisa memasang wallpaper. Namun dalam pemilihan wallpaper juga tidak boleh sembarangan.

Usahakan memilih wallpaper dengan corak yang sederhana, namun berwarna. Contohnya wallpaper garis-garis mendatar dan dedaunan. Dengan begitu, pemasangan wallpaper bukan hanya memberikan kesan lebih mewah, melainkan juga indah.

4. Karpet

Karpet
Karpet | Foto : aproperticom

Pada ruangan tertentu, biasanya dipasang karpet. Seperti halnya di ruang tamu dan ruang menonton tv. Nah, sebaiknya pilih karpet dengan warna solid (contohnya hitam) dan tanpa corak. Trik ini membuat ruangan terkesan lebih luas dan nyaman.

5.  Pemilihan Aksesoris

Aksesoris
Aksesoris | Foto : rumahminimalis

Menambahkan beragam aksesoris untuk mempercantik ruangan memang tak ada salahnya. Namun untuk rumah yang berukuran mungil, harus cerdas dalam memilih aksesoris yang akan dipajang.

Usahakan menghindari hiasan yang terlalu banyak detail. Dan kalau bisa, penambahan hiasan pada dinding juga jangan terlalu banyak. Karena semakin banyak hiasan yang dipajang, justru membuat ruangan terlihat penuh dan sempit.

Selain menambahkan hiasan, ada juga cara lain untuk mempercantik ruangan, yaitu menambahlam lampu hias. Cahaya dari lampu hias, memberikan kesan lebih luas.

6. Hindari Penggunaan Sekat

Sekat
Sekat | Foto : rumahkecilminimalis

Pada dasarnya, penggunaan sekat itu perlu untuk membagi-bagi setiap ruangan. Namun untuk rumah mungil, penggunaan sekat justru membuat ruangan semakin sempit.
Kalau pun harus menggunakan sekat, pilih sekat yang tidak permanen, sehingga bisa digeser-geser.

Akan tetapi, dengan ruangan yang mungil sebaiknya tak perlu sekat. Misalnya untuk ruang tamu dan keluarga. Karena kedua ruangan pada dasarnya mempunyai fungsi yang sama, yaitu tempat berkumpul.

7. Penambahan Cermin

Cermin
Cermin | Foto : propertikita

Bukan rahasia lagi, cermin memberikan kesan luas pada ruangan yang sempit. Pantulan cahaya dari cermin membuat ruangan seolah-olah lebih besar dari yang sebenarnya.

Bagaimana, sudah siap menyulap rumah mungilmu? Yuk tunggu apalagi, coba aplikasikan trik-trik diatas ke dalam rumah mungilmu.