Kini penulis perempuan jumlahnya tidak sedikit lagi bahkan ada komunitas penulis perempuan loh. Para penulis perempuan sudah banyak yang mempunyai karya fenomenal.

Di dunia novel ada banyak penulis wanita yang telah berhasil jadi penulis buku terlaris. Sebut saja Dewi “Dee” Lestari, Asma Nadia, Mira W, Agnes Davonar, Djenar Maesa Ayu, dan lain sebagainya. Meski sebagian besar didominasi oleh penulis pria. Akan tetapi nama-nama mereka tidak bisa dilupakan begitu saja.

Banyak karya novel penulis wanita yang diapresiasi ke dalam bentuk film. Selain para penulis wanita yang disebutkan di atas, ada banyak penulis wanita muda yang memenangkan perlombaan menulis baik novel atau cerpen. Dengan begitu penulis perempuan tidak bisa dianggap remeh.

Komunitas penulis perempuan bisa menjadi wadah untuk lebih menumbuhkan karya-karya para penulis wanita. Menyatukan mereka dalam sebuah komunitas bisa menjadi bukti bahwa ada banyak penulis wanita berbakat di Indonesia.

Pada zaman dulu wanita tidak bisa menunjukkan dirinya di media tulisan karena situasi politiknya yang tidak menentu. Penulis perempuan banyak yang menulis memakai nama samara. Akan tetapi sejak tahun 1970-an mulai ada beberapa yang berani menulis untuk buku atau media masa.

Selain komunitas juga ada organisasi loh yang dibuat untuk penulis wanita. Namanya Wanita Penulis Indonesia atau WPI yang dibuat pada Januari 1983. Organisasi itu didirikan untuk melawan para wanita dari trauma akan keterbatasannya ruang lingkup para wanita.

Awalnya kegiatan dilakukan di rumah dan anggotanya hanya sedikit. Akan tetapi kelamaan organisasinya berkembang sampai membuat anggota bertambah banyak. Akhirnya kegiatan pun bisa dilakukan di hotel-hotel.

Terbukti kan bahwa sekarang emansipasi penulis wanita telah berkembang. Para penulis wanita sudah semakin banyak bahkan karyanya tidak kalah bagus dan dikenal dibandingkan para penulis laki-laki.

Anda juga wanita yang suka menulis? Tidak ada salahnya untuk ikut menjadi anggota komunitas penulis perempuan. Pasti akan lebih menyenangkan kan jika para anggotanya perempuan juga?

Selain masuk komunitas, bagi Anda para wanita yang suka menulis bisa kok register ke penulispro.net kemudian memposting artikel-artikel Anda di sini. Jadi bisa berbagi dengan para pembaca.