Jika suka menulis artikel atau apapun sepertinya sangat disayangkan jika Anda tidak ikut komunitas penulis lepas. Banyak orang yang senang menulis tapi tidak mengekspresikannya di media. Sehingga karyanya hanya dinikmati oleh diri sendiri.

Alangkah menyenangkan jika karya kita bisa dibaca orang lain. Apalagi sampai disukai dan kalau beruntung bisa jadi terkenal. Nah, jadi penulis lepas adalah salah satu cara supaya Anda bisa membuat karya Anda diketahui orang. Rasanya ada kepuasan tersendiri jika karya Anda dapat dibaca orang lain. Percaya deh!

Nah, untuk memulai semua itu Anda harus melakukan beberapa hal untuk menjadi penulis lepas. Di bawah ini ada sedikit tips untuk Anda.

• Pertama, menjadi blogger tamu

Selain mengikuti komunitas penulis lepas Anda bisa coba menjadi blogger tamu untuk membuat nama Anda terkenal di kalangan penulis. Anda harus perhatikan, blog maupun situs selalu punya aturan tertentu tentang honor yang akan dibayarkan bahkan ada yang tidak membayar Anda.

Kemampuan menulis Anda bisa meningkat sehingga sudah jaringan pekerjaan pada bidang penulisan bisa bertambah.

• Kedua, lakukan networking

Jika Anda pernah dapatkan pekerjaan tetap maka akan jadi lebih baik. Gunakan hal itu jadi cara Anda untuk membangun networking atau jaringan kerja. Setelah putuskan jadi freelancer maka tetap terus jaga networkingnya. Itu lah kunci keberhasilan jadi penulis lepas. Nah, di komunitas Anda bisa melakukan networking tersebut.

• Ketiga, buat situs sendiri

Jika sudah ikut komunitas tidak ada salahnya Anda juga membuat situs sendiri. Dengan begitu tulisan Anda juga bisa diperkenalkan pada setiap orang. Tidak usah website, pakai saja blog dulu. Masukkan tulisan-tulisan yang pernah Anda buat lalu sertakan nomor kontak. Supaya siapa tahu ada orang yang membutuhkan penulis lepas. Nah, dia bisa mengontak Anda deh.

Jadi penulis lepas juga ada banyak keuntungannya loh, antara lain ada kebebasan bereksperimen, memberi manajemen waktu yang baik dan tentu mendapatkan uang.

Jadi penulis lepas Anda bisa mendapatkan honor. Kurang menyenangkan apalagi coba? Anda bisa mendapatkan uang dari hobi yang benar-benar Anda sukai. Jadi pekerjaan Anda akan terasa ringan. Tapi jika Anda hanya ingin sekadar membagikan karya Anda tanpa ingin mendapatkan bayaran juga bukan masalah kan?

Bagaimana dengan komunitas penulis lepas ini? Apakah Anda tertarik untuk mendaftar komunitas ini?

Jika Anda punya karya yuk gabung di penulispro.net. Register dan berbagilah!