Menjadi jasa penulis artikel freelance merupakan salah satu pekerjaan yang bisa menjadi pekerjaan yang sangat menjanjikan. Terutama bagi Anda yang gemar menulis. Bagaimana tidak, Anda bisa mengambil pekerjaan di sela-sela pekerjaan rutin Anda atau bahkan di sela-sela rutinitas Anda sebagai Ibu Rumah Tangga, mahasiswa atau bahkan pelajar.

Namun ternyata untuk sampai ke sana tidaklah mudah. Apalagi jika Anda sama sekali tidak tahu menahu mengenai berbagai tips yang dilakukan oleh para penulis freelance untuk bisa mendapatkan pekerjaan ini. Berikut beberapa tips yang mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjadi penulis artikel freelance:

  1. Kenali Medianya

Tidak sedikit  media yang menyediakan ruang khusus untuk para penulis. Temanya beragam, ada parenting, ekonomi, bisnis, kuliner, wisata, dll. Pilih salah satu tema yang sesuai dengan minat Anda. Kecuali jika tujuan Anda memang sepenuhnya untuk mendapatkan penghasilan maka apapun temanya harus bisa Anda tulis menjadi sebuah artikel. Bahasa yang digunakan media yang satu dengan yang lain biasanya berbeda, pun dengan teknik. Untuk itu alangkah baiknya jika Anda juga sering membaca berbagai artikel-artikel yang sudah ada sebelumnya.

  1. Bergabung ke dalam Komunitas Penulis

Menjadi bagian dari komunitas penulis dapat membantu Anda untuk memiliki banyak teman, referensi atau bahkan pekerjaan sebagai penulis artikel freelance. Ada berbagai grup di social media yang memang khusus dibuat sebagai wadah bagi para penulis. Di dalamnya tidak hanya berbagi berbagai informasi mengenai tips penulisan, berbagai lomba menulis artikel atau bahkan penawaran untuk menjadi penulis artikel paruh waktu.

  1. Dapatkan Pekerjaan Menulis Artikel

Uang adalah salah satu yang memotivasi para penulis artikel freelance bekerja atau mendapatkan project-project penulisan artikel. Oleh karena itu, pastikan artikel yang Anda tulis memang berpeluang untuk mendapatkan bayaran. Caranya tentu dengan menghasilkan tulisan yang berkualitas baik. Dengan begitu artikel yang Anda buat betul-betul menjadi penghasil uang. Hasilnya menulis artikel dapat menjadi sebuah pekerjaan paruh waktu yang memang menjanjikan.

  1. Tepati Deadline

Deadline bagi seorang penulis artikel freelance adalah reputasi. Tepat deadline atau bahkan selesai sebelum deadline adalah sebuah keharusan. Jika yang terjadi adalah sebaliknya, maka jangan harap Anda akan dipercaya untuk mendapatkan project penulisan artikel selanjutnya. Hal ini terkait dengan penerbitan, kerja editor, pemosting artikel, dll. Satu orang terlambat akan berimbas pada semuanya. Untuk itu tepati deadline dan jadilah bagian yang memperkuat kinerja perusahaan yang membayar jasa Anda sebagai penulis artikel.

  1. Buat Artikel Original

Originalitas artikel adalah wajah Anda. Haram bagi seorang penulis artikel untuk melakukan copy paste. Terutama jika artikel tersebut adalah artikel on-line. Akan sangat mudah melacak tulisan tersebut original atau tidak melalui berbagai website atau aplikasi pelacak keaslian tulisan. Jika Anda terpaksa harus melakukannya maka jadilah peniru yang cerdas. Baca tulisannya, pahami, lalu tuliskan dengan bahasa Anda sendiri.

Itulah 5 Tips mudah untuk menjadi seorang penulis artikel paruh waktu. Jika Anda sudah melakukan langkah-langkah tersebut maka akan mudah bagi Anda menjadi seorang penulis artikel paruh waktu. Selanjutnya tinggal perluas koneksi dan rajin mencari peluang untuk mendapatkan job sebanyak mungkin sesuai dengan kapasitas dan kemampuan Anda. Jika hasil pekerjaan Anda bagus maka akan berpengaruh pada track record Anda sebagai penulis. Timbal baliknya adalah bayaran yang Anda dapatkan sedikit demi sedikit akan meningkat seiring dengan kemahiran menulis artikel yang Anda kuasai. Selamat mencoba, dan turut serta menjadi bagian dari penulis artikel freelance.***