7 Trik Sukses Menjadi Penulis Artikel Freelance

Nah, ini ada 7 trik sukses menjadi penulis artikel freelance yang bisa diterapkan oleh siapa saja. Entah itu bagi pemula maupun yang sudah dikatakan mastah. Profesi ini memang menjanjikan penghasilan yang besar. Apalagi di era kemajuan teknologi informasi yang membutuhkan penulis-penulis handal untuk mengisi konten-konten web, e-commerce dan produk-produk digital lainnya.  

Secara teknikal, membuat artikel tak sesulit membuat karya tulis lainnya seperti jurnal ilmiah, naskah buku, karya-karya literasi dll. Anatomi artikel biasanya sudah tersusun baku. Paragraf pertama dibuat semenarik mungkin, membuat penasaran orang sehingga ingin membaca uraian paragraf selanjutnya.

Paragraf-paragraf selanjutnya berisi informasi dasar, opini dan pandangan penulis hingga tercapai pada kesimpulan di akhir paragraf. Setelah menguasai anatomi artikel, tinggal bagaiman menjadi penulis artikel freelance yang sukses. Berikut ini adalah trik yang bisa diterapkan bagi Anda.

  1. Jadi blogger

Bagi pemula, memiliki blog sendiri merupakan sarana yang tepat memulai langkah menjadi seorang penulis. Blog bisa dibuat secara gratisan maupun berbayar. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Isi blog sebaiknya satu tema saja untuk awalnya karena untuk memperkenalkan diri siapa kita. Bagi yang sudah mahir, isi blog biasanya beragam sesuai dengan kategorinya.

  1. Jajal menjadi blogger tamu di blog atau website milik orang.

Jangan sungkan-sungkan memperkenalkan hasil artikel Anda ke blogger lainnya. Kalau perlu tawarkan diri menjadi blogger tamu di blog atau website mereka. Cara ini merupakan salah satu upaya memasarkan diri sebagai seorang penulis.

  1. Jangan menunggu penawaran ketersediaan lowongan kerja

Sebagai penulis artikel freelance tentu ingin selalu mendapatkan tawaran job-job dari penyedia kerja. Namun, cara ini sebenarnya berbahaya untuk pengembangan karir. Justru sebagai freelancer harus aktif dan energik mencari peluang job-job baru. Ibarat pepatah jemput bola lebih baik daripada menunggu bola datang.

  1. Aktif kirim artikel ke berbagai media

Tak hanya sebatas sebagai sebagai blogger saja, berkiprahlan di dunia penulisan di berbagai media. Entah itu media cetak maupun media online. Kedua-duanya bisa saling mendukung pengembangan karir sebagai penulis.

  1. Memiliki akun media sosial dan mengelolanya

Kedahsyatan media sosial sebagai branding dan pemasaran diri tak diragukan lagi. Dalam hitungan detik, skill yang dimiliki kita bisa tersebar luas ke seluruh penjuru dunia. Miliki akun-akun media sosial, fanpage dan kelola akun-akun tersebut secara professional. Jangan sungkan-sungkan memperlihatkan diri nama penulis atau nama pena sebagai penulis. Hal ini akan memberi nilai tambah bagi pembaca maupun klien-klien.

  1. Selalu memperluas networking

Perluas terus networking sebagai penulis artikel freelance di kalangan penulis lainnya, agensi penerbitan dan konten, blogger, internet marketer dll. Dari networking seperti inilah, job-job bisa mengalir tanpa henti. Contoh yang terbukti bisa memiliki jaringan dengan agensi naskah dan konten Re! Media Service membuka luas pengembangan karir kita.

  1. Tonjolkan keahlian bidang kita pada khalayak

Penting bagi kita memiliki keahlian pada satu bidang. Hal ini sangat menunjang profesi dan peningkatan karir selanjutnya. Tak jarang proyek-proyek dengan kapital besar datang berasal dari adanya keahlian di salah satu bidang yang sudah dikuasai betul.

Itulah 7 trik sukses menjadi penulis artikel freelance yang bisa Anda terapkan. Penulis sendiri sudah merasakan manfaatnya dari menjalankan ketujuh trik tersebut. Selain memperoleh finansial dari hasil kerja sebagai penulis, manfaat lainnya yang sangat terasa yaitu kepopuleran, kepuasan pribadi dan berkesempatan nama kita abadi terus sepanjang masa. Terlebih-lebih bagi penulis yang telah memiliki brand name.

Leave a Comment