Cara menjadi penulis novel yang hebat harus diawali dari niat diri sendiri dan kepandaian dalam manajemen waktu. Menulis bukan perkara yang mudah, namun juga bukan perkara yang sulit. Kuncinya adalah kita harus menikmati apa pun yang kita lakukan. Apabila kita sudah menyenangi dunia kepenulisan, maka kita akan mampu menghasilkan karya yang diminati banyak orang atau best seller. Untuk mewujudkan impian tersebut banyak cara yang dapat dilakukan. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Banyak Membaca

Seorang penulis harus rajin membaca dari berbagai sumber. Hal ini bertujuan untuk menambah wawasan dalam berbagai hal. Membaca juga akan meningkatkan kreatifitas. Dengan membaca kita juga bisa menemukan gagasan-gagasan baru.

 

2. Pengalaman Adalah Ide Segar yang Dapat dikembangkan

Cara menjadi penulis bisa mendapatkan ide dari mana saja. Salah satunya dari pengalaman kita sendiri. Dari sebuah pengalaman, maka hasil tulisan kita akan terasa lebih hidup. Namun, bukan berarti kita tidak bisa menggunakan imajinasi untuk menjadikan sebuah cerita. Sebuah imajinasi dapat kita jadikan dasar ide tulisan dengan ditunjang adanya berbagai referensi dan data. Contohnya antara lain; sebuah gambar, suara, ataupun tingkah laku. Untuk menghasilkan sebuah tulisan yang menjiwai, sebaiknya kita melakkukan riset terhadap ide tersebut.

 

3. Publikasi Diri dan Karya

Seorang penulis harus mau dan wajib mempublikasikan diri dan hasil karyanya. Janganlah kita merasa malu walaupun kita masih menjadi penulis pemula. Karena publikasi itu sangat penting. semakin banyak orang mengenal diri kita, maka akan semakin mudah kita untuk melakukan promosi terhadap karya kita tersebut. Publikasi ini bisa dilakukan melalui blog, website, ataupun media sosial.

 

4. Membaca Peluang dan Pasar

Sebagai seorang penulis harus mampu membaca peluang yang ada. Mengenali berbagai minat dan keinginan yang sedang ada di kalangan masyarakat. Jika memang diperlukan, penulis juga harus mampu untuk menciptakan peluang baru. Selain itu, penulis juga harus mampu membaca kondisi pasar. Karena hal ini bukan hanya tugas dari penerbit, namun kejelian membaca kondisi pasar ini juga penting dalam cara menjadi penulis best seller.

 

5. Yakin dan Percaya dengan Karya yang dihasilkan

Keyakinan adalah modal utama. Kita harus yakin dan percaya bahwa kita mampu menghasilkan karya yang berkualitas. Bagaimana orang lain bisa yakin dengan karya kita apabila kita sendiri ragu. Jadi, keyakinan dan kepercayaan terhadap diri sendiri adalah kesatuan yang tidak terpisahkan.

 

6.  Bergaul, Jalan-Jalan, dan Menikmati Hidup

Seorang penulis harus bisa menikmati setiap detik dalam hidupnya walaupun dalam keadaan senang maupun sedih. Melakukan berbagai aktivitas, berjalan-jalan, berkumpul dengan sahabat, dan melakukan berbagai obrolan dengan orang lain. Hal ini bertujuan untuk mengasah perasaan dan tingkat kepekaan seorang penulis. selain itu, dengan berjalan-jalan akan memperkaya pengetahuan penulis tentang setting tempat yang dapat dijadikan referensi untuk pengambaran latar belakang dalam cerita.

 

7. Menulis, Menulis, dan Menulis

Cara menjadi penulis yang utama dan paling utama adalah “harus menulis”. Segera tulislah segala ide yang ada di dalam otak kita, jangan hanya diangan. Tuangkan segala tulisan tersebut ke dalam kertas ataupun media yang lainnya. Setelah tulisan itu terselesaikan, sebaiknya kita sisihkan dulu selama 3 hingga 4 hari. Untuk kemudian dibaca kembali dan dilakukang self editing sebelum kita berniat untuk mengirimkan karya tersebut ke penerbit. Mendiamkan hasil tulisan kita ini bertujuan untuk menghindari kesalahn dan melakukan koreksi kepenulisan dan alur cerita.

 

8. Disiplin

Disiplin terhadap diri sendiri adalah bagian penting yang tidak terpisahkan. Kita harus mampu mendisiplinkan diri sendiri. Harus mampu mengatur berbagai jadwal kegiatan setiap hari dengan waktu yang digunakan untuk menulis. Karena penulis besar tidak lahir dari rasa malas. Penulis hebat harus mampu mengatur waktu.

 

Seorang penulis harus menikmati dan menekuni semua proses perjalanannya. Karena penulis hebat tidak tercipta secara instant. Jadilah seorang penulis yang dapat berbagi ilmu yang bermanfaat. Ciptakan sebuah karya untuk dilihat dunia. Semoga dengan bberapa cara menjadi penulis tersebut dapat menjadi acuan untuk mewujudkan sebuah tulisan-tulisan yang luar biasa.