Cara Menjadi Penulis Fiksi yang Handal dan Siap Mendunia!

Dewasa ini, dunia tulis-menulis begitu diminati. Begitu banyak orang yang tertarik untuk menjadi penulis, terutama penulis fiksi. Namun tidak sedikit dari mereka yang mengubur begitu saja keinginannya karena tidak mengetahui cara menjadi penulis fiksi yang handal. Bila anda ingin mewujudkan keinginan anda untuk menjadi penulis yang handal dan ingin karya anda mendunia, anda wajib membaca artikel ini hingga tuntas!
Pada dasarnya, cara menjadi penulis fiksi yang handal begitu sederhana dan mudah. Bila anda ingin sukses menjadi seorang penulis fiksi, anda harus mampu menerapkan keempat cara paling jitu ini!
1. Menulis Setiap Hari Tanpa Alasan!

penulis3

Cara menjadi penulis sangat mudah, asalkan anda bersedia untuk membuat komitmen dengan diri anda. Perlu anda ketahui, bila komitmen menjadi kunci utama bagi seorang penulis. Komitmen utama yang harus dimiliki oleh seorang penulis adalah komitmen untuk menulis setiap hari! Sesibuk apapun anda, anda harus meluangkan waktu untuk menulis. Menulis tidak butuh alasan. Bila anda terlalu banyak alasan untuk tidak menulis, sebaiknya anda kubur saja mimpi anda!

Bagi anda yang sudah siap berkomitmen untuk menulis setiap hari, anda bisa menuliskan ide dasar, kerangka cerita, atau bahkan sebuah karya utuh berupa puisi maupun cerpen. Bila dalam satu hari anda merasa mati ide, anda perlu memancing ide dengan cara menonton tv, jalan-jalan, mendengarkan musik, melakukan yoga, dan sebagainya.

Ide untuk menulis juga bisa anda dapatkan dari pengalaman pribadi, pengalaman teman terdekat, dan juga lingkungan sekitar anda. Dengan mencoba beberapa cara tersebut, anda pasti bisa menjalankan komitmen anda untuk selalu menulis setiap hari.

2. Membaca atau Jadi Penulis Sampah?

penulis7

Cara menjadi penulis yang kedua juga masih berkaitan dengan cara sebelumnya. Pada langkah ini, anda juga harus memiliki komitmen untuk rajin membaca! Dengan membaca, tulisan anda akan semakin berkualitas, lebih berkembang dan tidak monoton. Ingat! Penulis yang handal adalah penulis yang memiliki tulisan yang berkualitas. Tulisan yang berkualitas adalah tulisan yang juga dapat memberikan manfaat bagi pembacanya.

Penulis fiksi juga perlu membaca dan melakukan riset untuk bahan tulisannya agar karyanya diminati banyak orang dan tidak sekadar menjadi karya sampah. Ingat! Membaca adalah jendela dunia, bila anda rajin membaca tidak menutup kemungkinan karya anda pun akan mendunia seperti karya-karya para sastrawan Indonesia.

Bagi anda yang ingin menjadi penulis fiksi yang handal dan mendunia, anda bisa membaca artikel, koran, majalah, serta wajib membaca karya-karya para penulis ternama seperti Budi Darma, Chairil Anwar, Leila S Chudori, Pramoedya Ananta Tour, dan sebagainya untuk menambah wawasan dan mempertajam pemikiran anda. Ingat! Walaupun anda membaca karya para penulis lain, anda harus tetap menjadi diri anda sendiri. Anda harus menjadi penulis yang memiliki ciri khas, bukan penulis yang mengekor penulis lain!

Selain itu, anda juga harus membaca ulang tulisan yang anda buat! Bila anda malas membaca, bagaimana anda bisa mengetahui kekurangan dari tulisan anda? Jika begitu, mana mungkin anda bisa menjadi penulis yang handal? Kekurangan dari tulisannya sendiri saja tidak tahu, bagaimana anda bisa berkembang dan menelurkan tulisan yang berkualitas? Maka dari itu, anda harus membaca! Membaca juga bisa menjadi jalan bagi anda menemukan ide baru. Begitu mudah cara menjadi penulis fiksi yang handal.

3. Jangan Bergabung dengan Komunitas Abal-abal!

penulis4

Cara menjadi penulis yang ketiga ini sebenarnya bisa disebut sebagai suplemen tambahan bagi anda yang ingin menjadi penulis fiksi handal. Bagi anda yang serius ingin menjadi penulis fiksi handal, anda perlu bergabung dengan komunitas! Dalam hal ini adalah komunitas para penulis fiksi.

Dewasa ini, begitu banyak komunitas para penulis yang bisa membantu anda dalam mengasah tulisan anda. Bila anda bergabung dengan komunitas para penulis, anda dapat berdiskusi dengan mereka dan mendapatkan masukan mengenai tulisan anda. Selain itu, anda akan jadi lebih bersemangat untuk menulis. Dengan bergabung bersama komunitas para penulis, anda juga tidak akan kehabisan ide untuk menulis.

Namun anda juga perlu selektif dalam memilih komunitas para penulis. Usahakan memilih komunitas penulis yang bukan sekadar komunitas maya saja. Pilihlah komunitas penulis yang bisa anda ajak berdiskusi secara langsung! Pemilihan komunitas penulis juga akan menentukan kualitas tulisan anda. Jadi jangan sampai anda salah memilih komunitas yang abal-abal, asal diskusi dan tidak jelas arahnya.
4. Tahan Kritik atau Bunuh Mimpi Anda?

penulis4
Cara menjadi penulis fiksi yang terakhir berkaitan dengan mental seorang penulis. Bila anda ingin menjadi penulis fiksi yang handal, anda harus menjadi manusia yang tahan kritik! Sebab kritik-kritik tersebutlah yang justru akan membangun anda dan mengantarkan anda menjadi penulis yang handal. Jadikanlah kritik-kritik tersebut sebagai pemacu semangat anda untuk semakin giat berlatih menulis agar memiliki tulisan yang berkualitas!

Bila anda ingin menjadi penulis yang mendunia, anda tidak boleh mudah putus asa ketika mendapat kritik yang pedas. Hal ini biasanya dialami oleh penulis pemula. Biasanya mereka menjadi minder, tidak percaya diri, putus asa, dan akhirnya berhenti menulis. Jangan sampai hal seperti ini terjadi pada anda. Jangan sampai anda juga membunuh impian anda begitu saja. Jadilah penulis yang bermental kuat, siap menerima kritik untuk meraih impian menjadi penulis yang sukses mendunia!
Bila anda merasa mendapat pencerahan dari artikel ini. Kini saatnya bagi anda mulai menerapkan keempat cara menjadi penulis fiksi yang handal dan siap mendunia! Selamat mencoba!

Leave a Comment