Banyak yang mengatakan jika menulis adalah panggilan hati. Jadi apa pun profesinya, suatu saat ritual mencoret-coret kertas hingga melotot di depan komputer akan anda rasakan. Dan pada akhirnya, anda akan berpikir: bagaimana cara menjadi penulis yang hebat, ya? Tidak adakah cara cepat menuju impian itu? Apa yang harus dilakukan agar kemampuan menulis ini bisa meningkat dengan drastis?

Well, menulis memang tak semudah menghabiskan satu novel tebal dalam sekali lahap. Menulis membutuhkan riset dan pemahaman. Pun jika anda menguasai materi namun tidak bisa menuliskan juga sama susahnya. Berikut ini ada 5 jalan pintas agar anda bisa menjadi penulis hebat dengan cepat. Tanpa basa-basi lagi, monggo kita simak bersama-sama!

1. Lupakan Niat, Karena Niat Tak Membuatmu Bergerak

Barangkali anda kerap mendengar teman atau rekan anda bilang kalimat ini: Kalau enggak niat, bagaimana bisa jadi penulis? Padahal salah satu dasar agar kita bisa jadi penulis itu adalah niat. Anyway, niat saja tidak akan membuat anda bergerak untuk menjadi penulis. Mungkin anda akan terus-terusan menguatkan niat itu di dalam hati. Namun, tanpa sadar anda tak melakukan apa-apa. Setiap hari hanya membatin dalam hati: “Aku akan menulis artikel ini! Aku akan menjadi novelis!

Niat menulis!
Niat menulis!

Lupakan saja niat yang kerap membuat anda tertipu. Jika anda mendadak ingin menulis, langsung saja eksekusi. Coret-coret di kertas, membuat draft di komputer atau merangkai kata di kepala. Jangan biarkan diri anda terlena dengan yang namanya niat! Karena jika saat ini anda memiliki niat menjadi penulis, maka sebulan kemudian niat itu bisa pudar. Dan yang paling parah, tidak ada hasil yang didapat! So, mau niat terus?

2. Jika Bukan Passion, STOP!

Cara menjadi penulis yang hebat, jalan pintas kedua: jika bukan passion, berhenti saja! Mungkin terdengar agak kejam bagi anda. Bagaimana mungkin orang yang berniat ingin jadi penulis malah disuruh berhenti? Ok, niat dan passion adalah hal yang sangat berbeda. Jika hari ini anda berniat ingin belajar menulis novel, maka niat itu akan tetap menjadi niat. Sedangkan passion, tanpa niat pun anda akan langsung menulis novel. Anda akan mencari tahu cara menjadi penulis hebat. Salah satunya saat membaca artikel ini!

Passion saat menulis.
Passion saat menulis.

Passion akan menjadikan anda bahagia. Mau menulis apa pun, sepusing apa pun itu, anda akan menjalaninya dengan senang hati. Tidak mengeluh atau menyalahkan kepala anda karena idenya mandek. Jika anda tidak memiliki passion di bidang menulis, lebih baik anda berhenti. Karena sampai kapan pun anda tidak akan bisa menjadi penulis yang hebat. Semua orang mungkin bisa menjadi penulis, tapi penulis yang hebat? Hmm, one of kind!

3. Belajar Menjadi Pembaca yang Baik.

Ibaratnya orang yang sedang sakit, membaca adalah suplemen yang menunjang kesehatannya. Membaca akan meningkatkan daya tahan kita terhadap kemacetan saat menulis apa pun. Entah itu fiksi atau non fiksi. Dengan membaca, kepala anda akan dipenuhi beragam informasi yang bermanfaat. Dan itulah jalan pintas yang kita cari. Membaca adalah cara menjadi penulis yang hebat!

Membaca untuk nutrisi!
Membaca untuk nutrisi!

Gampangnya begini: bagaimana akan menulis jika membaca saja tidak pernah? Dari mana kita belajar menulis yang baik? Dari mana kita belajar struktur yang tepat? Padahal hal semacam itu adalah komponen penting! Kita tidak bisa mencari tahu cara menjadi penulis yang hebat jika membaca saja malas. Padahal fondasi dari setiap tulisan adalah kedalaman makna. Dan hal itu hanya bisa didapat dengan membaca. Titik!

4. Kenali Bidangmu, Balik Arah Jika Salah Jalur!

Salah satu cara menjadi penulis yang hebat adalah dengan mengenali bidang anda. Jika anda memiliki keahlian di bidang fiksi maka perdalam hal itu. Jika anda sangat mahir menulis non fiksi tema kesehatan, langsung tulis! Memang untuk mengetahui ini butuh waktu cukup lama. Kita harus sering melakukan trial and error. Dengan begitu kita akan menemukan cara menjadi penulis sesuai dengan kemampuan.

Mengenali bidang tulisan, fiksi atau non fiksi?
Mengenali bidang tulisan, fiksi atau non fiksi?

Namun bukan tidak mungkin anda bisa menguasai banyak hal. Anda sangat jago menulis fiksi (sering tembus media dan dapur redaksi buku), anda pun juga mahir dalam menulis non fiksi. Tapi orang seperti ini sangat sedikit. Dan untuk menuju ke tahap itu butuh perjuangan yang sangat berat. Bagi pemula, lebih baik konsentrasi di salah satu bidang saja. Toh jika sudah mahir, nanti bisa nambah lagi. Kan, belajar bisa dilakukan sampai tua?

5. Jangan Menuliskan Sampah Tak Berguna

Jangan sekali-kali menuliskan sampah. Salah satu cara menjadi penulis yang hebat adalah kita mampu menulis hal yang berguna. Dan untuk melakukannya kita butuh belajar, butuh membaca untuk riset dan juga memiliki passion dalam menulisnya. Jika anda tidak senang, atau merasa tertekan maka hasilnya akan menjadi buruk.

Tulis yang berguna!
Tulis yang berguna!

Tulislah sesuatu yang membuat orang merasa terinspirasi. Membuat orang kagum tanpa menyakiti. Jika anda sudah bisa melakukannya, maka satu langkah lagi anda akan menjadi penulis yang hebat. Karena menjadi penulis bukan hanya perkara mengetik kata tapi juga memasukkan makna di setiap kalimatnya. So, tulisan anda bermakna enggak?

Lima jalan pintas cara menjadi penulis yang hebat di atas akan menjadi tak berguna jika anda tidak mengamalkannya. Menjadi basi atau sampah jika anda tidak segera mengambil aksi nyata untuk menulis, membaca, belajar, dan memiliki target yang jelas! Terakhir, berhentilah menulis jika anda tidak merasa bahagia melakukannya!