Currently set to No Index
Currently set to No Follow

Cara Menjadi Penulis Paling Sederhana Bagi Para Pemula

Penulis. Siapa yang tidak ingin menjadi penulis? Begitu banyak orang tertarik untuk terjun ke dunia kepenulisan. Namun sayangnya tidak sedikit yang justru bernyali ciut dan menyerah sebelum bertanding. Padahal cara menjadi penulis sangat mudah walaupun anda masih pemula.

Bila anda serius ingin mewujudkan mimpi anda untuk menjadi seorang penulis, anda harus membaca artikel yang membahas tentang cara menjadi penulis paling sederhana bagi para pemula. Jadikan ini sebagai langkah awal anda menjemput impian!
1. Jadi Penulis Bukan Sekadar Niat, Tapi Butuh Aksi Nyata!

penulis1
Cara menjadi penulis sangat sederhana sehingga cara ini pun juga bisa dilakukan oleh para penulis pemula. Bila anda memang serius ingin menjadi seorang penulis, anda harus mulai membulatkan niat anda! Yakinkan pada diri anda, bila anda ingin menjadi seorang penulis!

Niat saja tidak cukup. Ketika niat anda untuk menjadi seorang penulis sudah bulat. Saatnya bagi anda mulai beraksi! Aksi nyata yang harus mulai anda lakukan untuk menjadi seorang penulis adalah menulis. Menulis, menulis, dan menulis setiap hari. Dengan begitu, niat anda menjadi seorang penulis bukan sekadar mimpi indah, melainkan kenyataan yang sangat indah sebab anda akan berhasil mewujudkan impian anda.
2. Pandai Memancing Ide!

penulis5
Permasalahan yang sering dihadapi oleh penulis pemula adalah ide. Ide seperti momok yang menghalangi para penulis pemula untuk melanjutkan langkahnya menjadi seorang penulis. Padahal penulis yang sukses adalah penulis yang pandai memancing ide-ide cemerlang. Bila anda ingin menjadi penulis yang sukses, anda harus pandai memancing ide yang unik untuk tulisan anda!

Pancinglah ide dengan cara anda! Bagi anda yang suka ketenangan, anda bisa mencoba melakukan yoga di rumah atau di tempat pelatihan yoga. Bagi anda yang suka keramaian, anda bisa mencoba mencari suasana baru dengan berjalan-jalan ke mall, nongkrong di taman kota, dan sebagainya. Cara menjadi penulis ini sangat mudah anda lakukan, bukan?

3. Ayo Menulis dengan Hati!

penulis6
Cara menjadi penulis yang juga sangat mudah bagi para pemula adalah menulis dengan hati. Setelah anda menemukan ide-ide yang segar, saatnya bagi anda menuliskannya dengan sepenuh hati. Jangan pernah anda menulis dengan setengah hati!

Bila anda menulis dengan setengah hati, tidak menutup kemungkinan tulisan anda tidak akan maksimal hasilnya, bahkan tidak menutup kemungkinan tulisan anda akan sangat berantakan dan membosankan.

4. Jatuh? Ayo Bangun!
Bagi anda para penulis pemula, anda perlu memancing gairah menulis anda dengan mengikuti lomba menulis esai,  puisi, cerpen, novel, dan sebagainya sesuai dengan minat anda. Tujuan anda ikut lomba adalah untuk memacu semangat menulis anda, bukan mematahkan semangat menulis anda. Jadi ketika tulisan anda belum lolos seleksi, anda harus tetap semangat dan bangun dari keterpurukan! Tulisan ditolak itu sudah biasa, tetapi ketika kita berusaha bangkit walaupun tulisan kita ditolak baru namanya luar biasa.

Dengan mengikuti kegiatan semacam itu, keinginan anda menjadi penulis bukan sekadar mimpi, tetapi anda sedang berusaha untuk meraih mimpi anda.Teruslah mencoba dan mencoba! Niscaya anda akan menjadi penulis yang sukses. Mengapa begitu? Sebab dari sana, anda akan belajar, selalu belajar, dan terus belajar untuk memperbaiki tulisan anda sehingga tulisan anda akan semakin baik.

Selain itu, anda juga perlu memiliki teman diskusi untuk memperbaiki tulisan anda. Semakin anda berusaha bangkit dan memperbaiki tulisan anda, peluang anda menjadi penulis yang handal dan sukses akan semakin besar. Terus semangat untuk bangun!Cara menjadi penulis yang keempat ini, pasti juga sangat mudah anda terapkan, bukan?

5. Penulis Tidak Pernah Puas!

penulis7
Cara menjadi penulis yang terakhir dan pasti dapat anda lakukan adalah menjadi pribadi yang tidak mudah puas. Jadi, anda jangan mudah puas dengan tulisan anda! Sebab bila anda mudah puas, tulisan anda hanya akan menjadi sebuah tulisan yang monoton dan tidak memiliki inovasi baru. Bila anda ingin menjadi penulis yang sukses, anda harus kembali membaca tulisan anda!

Anda jangan puas begitu saja, ketika tulisan anda sudah selesai. Tugas selanjutnya adalah membaca ulang tulisan anda dan melakukan koreksi bila ada kesalahan maupun kekurangan. Penyempurnaan penulisan perlu dilakukan! Selain itu, anda perlu membaca tulisan orang lain untuk menginspirasi tulisan anda selanjutnya.
Artikel ini tidak akan bermanfaat jika sesudah membacanya, anda tidak juga mulai beraksi. Kini saatnya bagi anda para penulis pemula unjuk gigi. Bila anda ingin impian anda terwujud, anda harus mulai mengaplikasikan kelima cara menjadi penulis paling sederhana ini!

Leave a Reply