Cara Menjadi Penulis

lukisan jari, sepasang kekasih - gosipgambar[dot]blogspot[dot]com 4

Cara menjadi penulis yang berkualitas dan baik tentu saja tidak semudah membayangkannya. Seorang penulis harus dituntut mempunyai kemampuan kemampuan imajinasi yang cukup tinggi untuk menghasilkan tulisan yang enak dibaca dan membuat orang lain senang membacanya.

Penulis merupakan suatu profesi yang menarik untuk dilakukan, karena selain adanya tantangan dalam menghasilkan tulisan yang enak untuk dibaca, menjadi penulis juga harus mempunyai tanggung jawab dalam tulisan yang dihasilkan. Berbagai macam penulis yang ada pada saat ini diantaranya yakni, penulis cerpen, kemudian ada penulis buku, lalu penulis artikel dan juga ada penulis puisi. Selain itu penulis film atau drama juga paling banyak dibutuhkan karena perkembangan yang semakin modern saat ini membuat banyak produser ingin menghasilkan film yang menarik untuk ditonton, sehingga penulis film juga semakin banyak yang memutar otak untuk menghasilkan berbagai cerita, mulai dari film positif hingga film yang negatif.

Untuk menjadi penulis buku juga tidaklah mudah, ada berbagai syarat yang harus dipenuhi agar bisa membuat bukunya diterima oleh penerbit ternama. Buku terdapat dua jenis yaitu non fiksi dan ada pula buku fiksi. Mungkin tidak semua orang bisa menjadi penulis buku karena kemampuan setiap orang berbeda terlebih dalam memilih naskah yang dikuasai. Tetapi untuk yang ingin menerbitkan buku tanpa harus bersusah payah menembus penerbit ternama juga bisa dilakukan, caranya dengan mendatangi suatu penerbit buku dan meminta agar naskah yang kita buat bisa dijadikan sebuah buku. Sudah ada beberapa orang yang melakukan hal ini untuk sebuah bisnisnya, tapi resiko yang dihasilkan adalah sedikit peminat yang ingin membaca buku tersebut. Cara menjadi penulis buku yang diterima oleh penerbit ternama salah satunya ialah harus mengerti EYD atau singkatan dari ejaan yang disempurnakan. Karena jika satu hal ini bisa dikuasai, maka naskah yang dibuat akan segera diterima oleh penerbit. Ada beberapa kriteria lain yang diperlukan seperti penguasaan isi dari tema naskah dan juga alur cerita yang terkandung dalam isi naskah.

Penulis cerpen sama halnya dengan penulis buku novel namun ceritanya yang lebih singkat dan juga isinya lebih sedikit daripada novel. Cerpen bisa kita temukan di majalah atau koran, dan cerita yang dihasilkan biasanya tergantung dari hari peringatan yang akan diadakan, misalnya jika pada hari tersebut akan diadakan peringatan hari anak nasional, maka isi cerpen bertema anak-anak. Cara menjadi penulis cerpen cukup mudah dibandingkan dengan penulis buku, hanya saja kita harus lebih sering mengirimkan cerpen ke redaksi majalah ataupun koran agar salah satu cerpen yang kita buat bisa diterima.

Saat ini sudah banyak penulis artikel yang bisa kita temukan, karena semakin canggih teknologi dan banyaknya pengguna internet mengerti tentang google adsense maka semakin banyak pula yang membuat artikel seunik mungkin untuk mendapatkan penghasilan dari si mbah google. Ada beberapa macam artikel yang dihasilkan seperti artikel yang tulisannya baku, lalu ada artikel yang ditulis dengan bahasa gaul, dan ada juga artikel yang dibuat dengan kalimat campuran atau tidak berurutan, sehingga menghasilkan tulisan yang berbeda dengan artikel lainnya. Sebenarnya cara menjadi penulis artikel yang paling berkualitas ialah membuat tulisan yang beraturan dan rapi, serta menggunakan EYD. Jika beberapa ketentuan tersebut dipenuhi maka penulis tersebut bisa dikatakan mempunyai kualitas tinggi dalam menulis sebuah artikel yang menarik.

Itulah beberapa cara menjadi penulis yang bisa dijadikan referensi. Semoga setelah mengetahui beberapa cara tersebut, tulisan yang kita buat bisa diterima oleh redaksi ataupun penerbit.

Leave a Comment