Tips Ok! Inilah Cara Mengirimkan Naskah ke Penerbit

Inilah Cara Mengirimkan Naskah ke Penerbit

-

- Advertisment -

Ketika menulis Anda niatkan untuk berbagi, tentulah Anda ingin tulisan Anda diterbitkan. Saat memilih untuk mengirimkan ke penerbit, ada baiknya Anda mengetahui hal-hal sebagai berikut :

1. Kirim Naskah Terbaik

Bacalah naskah Anda berulang-ulang. Jika masih ditemui kesalahan EYD sebaiknya Anda revisi dengan hati-hati. Jika perlu, cari first reader untuk membantu menilai naskah Anda. Cari first reader yang benar-benar ingin menilai. Bukan sekedar bilang, “Wah, tulisan Anda bagus!” tapi, menilai apakah naskah Anda layak diterbitkan, memberikan masukan apakah sudah sesuai logika (jika Anda menulis fiksi) atau sudah pas dengan data dan fakta (jika Anda menulis nonfiksi).

2. Pilih Penerbit yang Tepat

Ada baiknya Anda melakukan survei kecil-kecilan mengenai penerbit yang amanah. Tanyakan kepada penulis yang pernah menerbitkan ke penerbit yang akan Anda pilih. Apakah penerbit itu rutin membayar royalti? Apakah penerbit mau membantu promosi di media sosial atau bentuk promosi lainnya.  

3. Alamat Penerbit

Bingung mengirimkan alamat penerbit? Anda dapat mencari alamat penerbit dengan cara jalan-jalan ke toko buku. Cek apakah tema naskah yang sedang Anda tulis sering diterbitkan penerbit A, B atau C. Lihat kelebihan dan kekurangan dari buku tersebut. Catat alamat penerbit di setiap cover belakang buku. Selain itu, Anda dapat kunjungi facebook, fan page atau twitter penerbit.

4. Kirim Naskah Sesuai Syarat

Kirimkan naskahmu dengan syarat yang telah ditentukan. Cek kembali jumlah halaman, spasi dan font sesuai syarat penerbit. Kirim lewat email atau pos. Lengkapi dengan biodata lengkap, nama, alamat, no hp yang dapat dihubungi dan scan KTP. Beri subjek sesuai dengan naskah yang Anda kirim. Lampirkan naskah yang  telah rapi berupa daftar isi, naskah, daftar pustaka dan biodata. Lampiran juga sinopsis naskah Anda agar lebih mudah dibaca editor. Sinopsis yang menarik akan membuat editor mendahuli naskahmu untuk dibaca dan diperiksa.

5. Hindari Kirim Dobel

Jika Anda telah mengirimkan ke penerbit A. Hindari mengirimkan naskah ke penerbit B dalam waktu yang bersamaan. Tunggu sekitar 3-6 bulan. Jika belum ada jawaban dari penerbit, Anda dapat menanyakan dengan mengirimkan email atau menelpon. Namun, hindari menanyakan dengan cara mendesak. Lakukan dengan bahasa yang santun dan ramah.

6. Berdoa

Setelah mengirimkan naskah. Hendaknya, Anda tidak berdiam diri. Teruslah menulis. Perlu diketahui, proses naskah hingga terbit tidak instan. Memerlukan beberapa tahapan seperti :

1. Review naskah (selama 2-3 bulan)

Editor akan menilai mana naskah yang layak diterbitkan. Pertimbangannya adalah : 1. Apakah naskah tersebut menarik, 2. Naskah tersebut memiliki “pasar” dan jika layak, maka naskah Anda akan dibawa ke rapat redaksi untuk menentukan apakah naskah Anda layak diterbitkan.

2. MoU dan Promo (selama 1-2 minggu)

Jika naskah Anda layak diterbitkan, maka ditor akan menghubungi Anda lewat email. Setelah itu, Anda akan mendapatkan MoU (Memorandum of Understanding) atau Surat Perjanjian Kerjasama Penerbitan. Di dalam MoU akan ada 3 poin, yaitu mengenai jumlah oplah, tanggal terbit dan nilai royalti. Setelah ada kesepakatan, maka Anda akan melanjutkan dengan merancang promosi seperti launching atau kuis lainnya.

3. Editing Naskah (selama 1 bulan)

Setelah MoU disepakati maka proses penyutingan naskah (editing) segera dilakukan. Editor akan melakukan proses pembacaan ulang, penataan tanda baca penyelarasaan gaya bahasa, pemeriksaan ejaan dan lainnya.

4. Setting Naskah ( selama 1-2 minggu)

Proses ini adalah penataan naskah menjadi berbentuk buku. Tahapan ini akan dirancang desain cover buku Anda. Perlu diketahui, ada penerbit yang mengajak penulis untuk ikut serta mendesign cover, tapi juga ada yang tidak. Proses ini dikerjakan oleh bagian design/lay out. Setelah selesai, Anda akan diberi kesempatan untuk melakukan pengecekan awal (pruf 1) dan peninjauan cover buku.

5. Percetakan Naskah (selama 3 minggu)

Jika Anda dan penerbit telah sepakat mengenai desain buku dan cover buku, sedangkan editor telah melakuka pengecekan ulang dan meminimalisir kesalahan-kesalahan pada naskah, proses selanjutnya adalah percetakan buku. Proses ini memakan waktu selama 3 minggu.

Selama menunggu proses cetak, sebaiknya Anda telah menyiapkan promosi terutama di sosial media seperti facebook, twitter, blog, fan page, instagram dan lainnya.

 

Demikianlah cara mengirimkan naskah ke penerbit. Anda tak perlu ragu, segera kirimkan naskah terbaikmu agar makin bermanfaat untuk orang banyak. Selamat mencoba!

 

naqiyyahsyamhttp://cerpeneddelweissnaqiyyah.blogspot.com/
Ibu 3 anak, pecinta warna biru, suka makan tekwan dan telah menulis 30 buku antologi, duet dan solo. Bisa dihubungi di http://www.naqiyyahsyam.com/

Latest news

Aduh Bu, Sakit Perut! Ini Dia Mantra Pengobatan Maag pada Anak!

Sakit maag yang dialami anak-anak sebenarnya tak terlalu jauh berbeda dengan penyakit maag yang menimpa orang dewasa.

Pengobatan Kista dengan Daun Sirsak yang Mujarab

Penyembuhan kista dengan daun sirsak sebenarnya telah diketahui oleh beberapa ilmuan berpuluh-puluh tahun yang lalu. Namun entah kenapa...

Jasa Penulis Artikel di Kaimana (Fast Response!)

Halo agan dan sista, lagi cara jasa penulis artikel di Kaimana, Papua Barat yang banyak direkomendasikan para pelaku bisnis...

Jasa Penulis Artikel di Teluk Wondama (Fast Response!)

Halo agan dan sista, lagi cara jasa penulis artikel di Teluk Wondama, Papua Barat yang banyak direkomendasikan para pelaku...
- Advertisement -

Jasa Penulis Artikel di Teluk Bintuni (Fast Response!)

Halo agan dan sista, lagi cara jasa penulis artikel di Teluk Bintuni, Papua Barat yang banyak direkomendasikan para pelaku...

Jasa Penulis Artikel di Raja Ampat (Fast Response!)

Halo agan dan sista, lagi cara jasa penulis artikel di Raja Ampat, Papua Barat yang banyak direkomendasikan para pelaku...

Must read

Aduh Bu, Sakit Perut! Ini Dia Mantra Pengobatan Maag pada Anak!

Sakit maag yang dialami anak-anak sebenarnya tak terlalu...

Pengobatan Kista dengan Daun Sirsak yang Mujarab

Penyembuhan kista dengan daun sirsak sebenarnya telah diketahui...
- Advertisement -

You might also likeRELATED
Recommended to you