Apakah Anda suka minum jamu? Jamu adalah minuman herbal yang digemari masyarakat Indonesia. Banyak orang menyukai jamu karena memiliki banyak khasiat. Untuk menyembuhkan penyakit, untuk memperkuat stamina, untuk melancarkan haid, dan lain sebagainya. Namun tahukah Anda, bahwa ada satu jenis jamu yang sering dihindari orang karena rasa pahitnya? Ya, kita sering menyebutnya jamu pahitan. Konon, khasiat jamu pahitan ini sangat banyak karena berasal dari ramuan rempah-rempah tradisional yang sudah ada sejak dulu kala.

Khasiat Jamu Pahitan
Jamu pahitan memang memiliki rasa seperti namanya, yaitu pahit yang menyengat di lidah, makanya banyak orang menghindari jamu jenis ini. Tetapi, tahukah Anda bahwa jamu pahitan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh kita? Jamu pahitan terbuat dari berbagai macam tumbuh-tumbuhan herbal, termasuk sambiloto dan brotowali yang sangat bermanfaat. Walau memiliki rasa yang pahit, ternyata khasiat jamu pahitan sangat berguna bagi tubuh kita. Berikut penjelasannya.

1. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah
Dalam sebuah penelitian farmakologi, menunjukkan hasil bahwa kandungan sambiloto dalam jamu pahitan dengan takaran rebusan sambiloto 10% dan 0.3 ml/kg berat badan, dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

2. Mengatasi Perut Kembung
Pernah mengalami perut kembung? Perut kembung bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Bisa karena masuk angin, bisa juga karena gangguan pencernaan. Kandungan tumbuhan herbal sambiloto dalam jamu pahitan mampu menghilangkan gangguan pencernaaan.

3. Menambah Nafsu Makan
Salah satu khasiat jamu pahitan ini, adalah untuk meningkatkan nafsu makan. Bagi orang-orang tertentu yang memiliki kepentingan menaikkan berat badan atau memulihkan stamina setelah sakit, menambah nafsu makan tentunya penting bagi kesehatan tubuh. Jamu pahitan ini dikenal manfaatnya karena memiliki khasiat menambah nafsu makan.

4. Menyembuhkan Sakit Ringan
Kandungan tumbuhan herbal brotowali dalam jamu pahitan dapat menyembuhkan penyakit-penyakit ringan, antara lain mempercepat penyembuhan luka, menurunkan panas, mengatasi pegal-pegal, sakit kepala, dan juga menyembuhkan penyakit saluran pernapasan.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol
Kandungan sambiloto dan brotowali dalam jamu pahitan dapat mengurangi kadar kolesterol. Sangat cocok untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.


Cara Membuat Jamu Pahitan
Agar bisa merasakan khasiat jamu pahitan, tentu Anda harus tahu, bagaimana membuatnya. Apabila Anda ingin mencoba meramu atau membuat sendiri jamu pahitan yang banyak manfaatnya ini, Anda dapat melakukannya dengan bahan-bahan berikut:

Bahan:
– 300 gram Daun Sambiloto
– Brotowali 0,5 ons
– Serai 3 ons (15 batang)
– Laos 2 ons
– Babakan pule 1 ons
– Daun sambiloto 3 ons (30 pohon)
– Daun meniran 2 ons (15 pohon)
– Lempuyang 2 ons
– Temulawak 4 ons
– Temu ireng 3 buah

Cara Membuat:
1. Bahan-bahan yang sudah tersedia dicuci sampai bersih.
2. Bahan-bahan yang sudah dicuci bersih, dipotong kecil agar mudah diproses.
3. Setelah bahan-bahan dicuci dan dipotong kecil, rebus bahan-bahan di atas dengan air bersih sampai mendidih dan matang.
4. Tunggu rebusan air yang sudah dicampur bahan-bahan di atas sampai berwarna agak kehitaman dan mengeluarkan aroma harum pahit. Apabila sudah berubah warna dan mengeluarkan aroma tersebut, saringlah ramuan dengan saringan kain halus.
5. Peras hasil saringan, dan masukkan ke dlam botol atau gelas yang sudah disediakan.
Jamu pahitan siap untuk diminum.

Jamu pahitan cocok dicampurkan ke berbagai macam minuman jamu jenis lain, seperti kunir asem, beras kencur, jamu anggur, dan lain sebagainya. Khasiat jamu pahit ini tidak akan hilang jika dicampur dengan jamu jenis lain. Selamat menikmati jamu pahitan yang pahit, tapi mempunyai berbagai macam khasiat ini, ya. Jamu ini aman dikonsumsi siapapun, karena tidak menimbulkan efek samping pada peminumnya. Kecuali, tentu saja rasa pahitnya yang tak tertahankan itu. Selamat mencoba!