Jika Anda memiliki banyak waktu luang yang terbuang sia-sia, sudah saatnya Anda mencari peluang yang dapat menjadikan hari-hari Anda lebih bermanfaat. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjadi seorang penulis artikel freelance. Menulis memang bukan pekerjaan yang mudah. Akan tetapi, bukan berarti tidak bisa dilakukan dan dipelajari. Terlebih lagi jika Anda tergabung dalam agensi penulisan artikel, Anda akan memperoleh tips dan trik untuk membuat sebuah artikel yang berkualitas sekaligus menarik pembaca.

Di era serba internet seperti sekarang ini, lowongan sebagai penulis artikel lepas masih sangat terbuka lebar. Apa pun latar belakang pendidikan Anda tidak menjadi penghalang. Semua bisa asal Anda mau meluangkan waktu untuk menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Anda juga tidak perlu keluar rumah dan meninggalkan pekerjaan utama Anda hanya untuk menulis karena dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Sambil menulis, Anda bisa mendengarkan musik kesukaan atau cemal-cemil. Asyik ya…

Masalah fee yang Anda peroleh, tergantung produktivitas Anda sebagai penulis artikel lepas. Semua agensi penulisan artikel pasti sistemnya sama. Siapa yang menghasilkan banyak tulisan, semakin tinggi pula reward yang diberikan.

Tips Jitu Menjadi Penulis Artikel Lepas

Tertarik menjadi penulis artikel? Eits, tunggu dulu. Simak dahulu tips-tips menjadi penulis artikel lepas yang produktif berikut ini:

 Tetapkan Niat

Siapa bilang menjadi penulis artikel freelance tidak perlu niat? Segala hal harus didasari dengan niat. Pun jika Anda ingin menjajal dunia kepenulisan artikel. Tanpa niat, Anda akan cepat patah arang ketika terjadi beberapa masalah. Godaan untuk memilih jalan pintas juga akan lebih mudah menyerang Anda jika tanpa didasari niat yang kuat. Melakukan plagiarisme misalnya. Gawat kan kalau ini sampai terjadi?

Gali ide

Kreatif merupakan kunci menjadi penulis artikel lepas yang sukses. Anda bisa stres menjadi penulis artikel apabila tidak ada ide yang melintas sementara deadline sudah diujung mata. Ide bisa Anda peroleh dari banyak membaca. Bisa dibilang bahwa seorang penulis lepas pasti mempunyai hobi baca karena pada dasarnya, menulis merupakan penuangan ulang dari proses membaca.

Cari Data Akurat

Tidak semua sumber dapat dijadikan pijakan dalam menulis artikel. Sebagai seorang penulis lepas, Anda harus jeli dalam memilih dan memilah informasi sebelum mengutip atau menyertakannya dalam tulisan Anda. Pilihlah data-data yang akurat, bisa dipertanggungjawabkan dan pastinya berhubungan dengan tema tulisan Anda. Sumber terpercaya ini bisa diperoleh dari koran, majalah, dan website-website yang credible. Jangan lupa cantumkan sumber ya… pencantuman ini penting dengan tujuan segala hal yang Anda masukkan ke dalam tulisan bisa dipertanggungjawabkan.

Tulis dengan Bahasa Menarik

Membuat tulisan menarik merupakan hal harus Anda kuasai. Jadi, apa pun tema tulisan yang menjadi tugas Anda, Anda siap memberikan sentuhan khusus agar menarik minat para pembaca. Sayangnya, Anda harus kerja ekstra keras agar semakin lihai mengolah kata demi kata. Tentu dalam hal ini intuisi Anda sebagai penulis artikel freelance yang berkembang. Intuisi ini akan tumbuh seiring sepak terjang Anda dalam dunia kepenulisan artikel.

Buat Jadwal

Managemen waktu sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap order yang “mampir” kepada Anda. Tulis kapan waktunya Anda menyelesaikan pekerjaan utama (jika ada), kapan menulis, dan kapan Anda istirahat. Patuhi adwal yang Anda susun sendiri. Jangan sampai pekerjaan menumpuk karena Anda abai dan tidak disiplin waktu. Ketepatan waktu juga akan membentuk imej Anda di mata customer dan agensi tempat Anda bernaung. Kepercayaan itu mahal harganya.

Bergabung dengan Agensi

Menjadi member dari agensi penyedia layanan penulisan artikel bisa jadi merupakan langkah yang tepat untuk memulai karir sampingan Anda sebagai penulis artikel freelance. Anda tidak perlu bersusah payah mencari order karena agensilah yang akan menawarkannya untuk Anda eksekusi. Namun, Anda juga harus waspada kepada agensi abal-abal yang hanya ingin memanfaatkan Anda. Pastikan krediblitas agensi tersebut dan tanyakan setiap detail proses penulisan, pengiriman, dan besaran penghasilan yang akan Anda terima.

Menjadi penulis bukan pekerjaan sepele karena ia adalah orang pertama yang menyebarkan informasi. Terus mengasah kemampuan menulis hal yang bermanfaat harus selalu dikembangkan. Demikian tips-tips menjadi penulis artikel freelance yang produktif. Demoga bermanfaat bagi Anda yang ingin menjajal dunia kepenulisan ini.

Jika berpikir membuatmu ada, maka menulis membuatmu abadi.